Game eksklusif mungkin adalah salah satu alasan terbesar kamu memilih PlayStation 4 dibanding platform gaming lain untuk menikmati sebuah game. Apalagi ditahun 2018 ini yang mungkin bisa dibilang merupakan masa panen para gamer pemilik PS4 dimana jajaran game eksklusif berkualitas telah rilis dan bisa kamu beli untuk dimainkan.

Mungkin buat kamu para gamer yang baru saja membeli PS4 akan bertanya-tanya game apa saja yang memang layak untuk dibeli dan dimainka saat ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan mencoba merekomendasikan 10 Game Eksklusif PlayStation 4 yang Harus Kamu Mainkan!

Infamous Second Son

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Bisa dikatakan sebagai game ekslusif pertama yang memperlihatkan betapa powerfull-nya performa PS4 saat itu. Game buatan Sucker Punch Productions developer yang tengah mengembangkan Ghost of Tsushima saat ini tersebut telah berhasil menghadirkan kualitas visual yang begitu memukau, bahkan ketika kita memainkannya saat ini yaitu sekitar 4 tahun setelah game ini rilis pun Infamous Second Son masih saja terlihat begitu ciamik dari segi grafik.

Menceritakan lanjutan kisah setelah dua seri terakhirnya di PS3, kali ini kita akan berperan sebagai Delsin Rowe, seoarang remaja yang tiba-tiba dikejutkan kenyataan bahwa ia memiliki kemampuan untuk menyerap kekuatan para manusia dengan kekuatan luar biasa yang disebut conduit. Sepanjang permainan kita akan berhadapan dengan pasukan anti-conduit yang disebut Department of Unified Protection (D.U.P), kamu harus memainkannya sendiri untuk mengetahui jalan cerita lengkapnya.

Menariknya, game ini sendiri menampilkan begitu banyak partikel saat Delsin Rowe sang tokoh utama mengeluarkan kemampuan conduit-nya dari mulai asap, cahaya laser, hingga ledakan dimana-mana tidak membuyarkan performanya di PS4.

Pemandangan kota Seattle yang menjadi setting tempat utama dari game ini juga begitu indah dan menyerupai aslinya. Infamous Second Son ini memang cocok untuk kamu yang suka dengan game open-world bergenre action dan memiliki jalan cerita menarik.

Ratchet & Clank

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Bisa dikatakan sebagai proyek remake sekaligus reboot dari salah satu franchiselegendaris Sony di era PlayStation 2. Sebuah game platformer dengan karakter memorable, visual colorful, dan gameplay seru ini dihadirkan kembali oleh Insomniac Games tahun 2015 yang lalu untuk PlayStation 4.

Mengambil nama Ratchet & Clank tanpa embel-embel sub judul apapun di belakangnya seolah-olah mengisyaratkan bahwa Insomniac dan Sony memang serius untuk membangkitkan franchise ini setelah lama vakum dan kurang mendapatkan sorotan di seri terakhirnya yang rilis untuk PlayStation 3 saat itu.

Hadir dengan visual lebih memukau, gameplay yang lebih seru dan cerita yang lebih menarik membuat game ini wajib untuk dimainkan oleh para pemilik PlayStation 4 yang menyukai genre action platformer.

Yakuza 0, Kiwami, Kiwami 2, dan Yakuza 6: The Song of Life

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Sebuah game yang menceritakan kisah kehidupan seorang Yakuza, konsep menarik yang dihadirkan oleh Sega ini ternyata membuahkan hasil dan mencapai kesuksesannya bukan hanya di negeri asalnya yaitu Jepang tapi juga di seluruh dunia.

Ryu ga Gotoku atau lebih dikenal dengan judul Yakuza ini membawa tema cerita kriminal Jepang namun dibalut dengan sentuhan nilai moral dan tema kekeluargaan, membuatnya begitu unik dan menarik. Menceritakan kisah Kiryu Kazuma seorang mantan Yakuza yang kehidupannya selalu tidak lepas dari jeratan organisasi kriminal tersebut.

Di PlayStation 4 sendiri ada 4 seri Yakuza yang bisa kamu mainkan yaitu Yakuza 0, Yakuza Kiwami yang merupakan remake dari seri pertamanya yang pernah rilis di PS2, Yakuza Kiwami 2 yang juga merupakan remake dari seri kedua yang pernah rilis di PS2, dan Yakuza 6: The Song of Life yang merupakan seri terakhir dari franchise ini.

Keempat seri ini menghadirkan cerita menarik dan konflik berbeda yang harus dihadapi oleh Kiryu. Gameplay-nya pun terhitung unik, game ini terasa seperti sebuah simulai dari game-game klasik Sega dimasa lalu yang digabungkan dengan cerita drama berkualitas. Mengapa penulis menyebutnya begitu? Kamu harus memainkannya sendiri untuk menemukan jawabannya.

The Last of Us Remastered

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Sebuah game bertema post-apocalypse buatan developer Naughty Dog ini benar-benar menghadirkan sebuah cerita yang begitu mendalam.

Setelah dunia mengalami kehancuran akibat wabah jamur yang menguasai otak manusia dan menjadikannya zombie, manusia mendapatkan secercah harapannya kembali setelah seorang gadis yatim piatu bernama Ellie kebal dari serangan zombie yang membuatnya menjadi aset berharga untuk menciptakan semacam obat penawar. Joel dan Tess ditunjuk untuk mengantarkan Ellie ke markas fireflies, namun tentunya perjalanan yang harus dilewati tidaklah mudah, kita harus menghadapi para bandit dan tentunya zombie dengan berbagai bentuk.

Yang menarik dari The Last of Us ini adalah jalan ceritanya akan berubah tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan seiring berjalannya progress permainan. Alih-alih cerita klise dengan ending bahagia dari sang tokoh utama, kita akan dihadapkan kenyataan pahit yang sering kali terjadi seperti layaknya dikehidupan nyata.

Hadir pertama kali di masa penghujung PS3 tahun 2013 lalu, game ini mendapatkan versi remastered-nya di PS4 dengan tampilan visual lebih baik. Kini kita bisa menikmati game ini di resolusi full HD atau 1080p dan 60fps yang tentunya memberikan kenyamanan saat memainkannya.

Detroit Become Human

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Sebuah game story interactive ala-ala game Telltale yang memadukan naratif cerita dengan pilihan yang memiliki konsekuensi berbeda-beda itulah yang akan kita temui di Detroit Become Human. Menceritakan kisah tiga android dengan latar belakang cerita berbeda, namun nantinya akan saling dipertemukan dibeberapa kesempatan. Kita sebagai player dituntut untuk memilih arah jalan cerita yang akan berpengaruh pada ending tiap karakternya.

Dikembangkan oleh Quantic Dream developer yang telah mengembangkan game Fahrenheit, Heavy Rain, dan Beyond Two Souls dimasa lalu, game ini hadir dengan kualitas visual semi realistis dengan kota-kota dan bangunan yang benar-benar diperhitungkan keakuratannya dengan apa yang akan ada dimasa depan, mengingat game ini sendiri bersetting di tahun 2038.

Pada masa ini diceritakan umat manusia telah berhasil mengembangkan teknologi android yang dapat membantu kehidupan sehari-hari, namun beberapa diantaranya mulai melawan karena tidak ingin diperlakukan seenaknya oleh para manusia. Disinilah tiga android bernama Conor, Karra, dan Markus akan masuk kedalam konflik yang sedang terjadi anrata manusia dan android. Kamu harus memainkannya sendiri untuk mengetahui lebih lanjut soal jalan ceritanya.

Persona 5

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Pernahkah kamu sebagai generasi muda diperlakukan tidak adil oleh orang dewasa? Itulah yang terjadi kepada para tokoh protagonis di game Persona 5. Diperlakukan semena-mena, dimanfaatkan, bahkan dimanipulasi merupakan suatu bentuk ketidakadilan yang ingin dihapuskan oleh Phantom Thieves of Hearts dengan kekuatan Persona-nya.

Yang unik dari game buatan Atlus ini adalah perpaduan antara tema simulasi kehidupan seorang siswa SMA yang harus bersosialisasi dan berekspolarasi menjelajah mementosuntuk mengalahkan shadow dengan tujuan merubah “hati” seseorang menjadi lebih baik.

Dengan cerita menarik penuh plot twist, visual cell shading yang memukau dan gameplay turn-based klasik yang tidak pernah dihilangkan sejak seri pertamanya game ini akan memberikan pengalaman bermain yang adiktif dan tak terlupakan. Kamu juga tidak perlu memainkan seri sebelumnya karena tiap serinya Persona sendiri memiliki latar dan cerita yang berbeda-beda.

Uncharted 4

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Bisa dikatakan sebagai sebuah franchise game yang telah menjadi ikon PlayStation itu sendiri itulah Uncharted series. Game racikan developer kawakan Naughty Dog ini pertama kali hadir di PlayStation 3 dan langsung meraih kepopulerannya dikala itu, membuat Naughty Dog kembali merilis dua sekuel yang tentunya hadir dengan beberapa perbaikan seperti pada cerita, penokohan, visual, dan lebih banyak momen yang tak terlupakan.

Menceritakan seorang petualang bernama Nathan Drake yang hidupnya penuh dengan rasa keingintahuan tentang sejarah para tokoh besar yang seringkali meninggalkan sebuah tanda tanya dalam kehidupannya, disitulah kita sebagai player akan dibawa untuk mengungkap kebenaran dari sejarah tersebut.

Pensiun setelah petualangan terakhirnya di Uncharted 3 ternyata tidak membuatnya puas menjalani kehidupan, sampai akhirnya sang kakak yang dikiranya telah meninggal datang kembali dan meminta pertolongannya untuk mencari harta karun dari salah satu bajak laut terkenal dimasa lalu. Disitulah petualangan Nathan Drake berlanjut di Uncharted 4 yang hadir sebagai salah satu game andalan PlayStation 4 saat ini.

Dengan teknologi hardware yang lebih mempuni, seri keempat ini mampu menawarkan kualitas visual yang jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya, dari mulai wajah, ekspresi tiap karakter, lingkungan sekitar, dan kualitas cerita setara dengan film Hollywood membuatnya menjadi sebuah game yang sangat direkomendasikan kepada para pemilik PS4.

Horizon Zero Dawn

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Diawal pengumumannya game ini sendiri telah menimbulkan tanda tanya, sebuah game post-apocalypse dengan robot dinosaurus? tema yang unik dan berbeda ini ternyata mempu menawarkan seusuatu yang baru dan menarik disaat yang bersamaan.

Diceritakan dunia telah mengalami kehancuran, gedung-gedung pencakar langit terlihat runtuh dan dipenuhi dengan tanaman merambat, namun uniknya robot-robot dan mesin berbentuk hewan kini hidup memenuhi populasi dunia. Sedangkan manusia yang tersisa kini hidup seperti layaknya manusia purba, bertahan hidup dengan berburu dan berkoloni membentuk sebuah peradaban baru. Kita akan berperan sebagai Aloy seorang gadis yang tidak diakui dan diasingkan oleh lingkungannya.

Aloy sendiri ditemukan saat masih bayi oleh seorang Hunter bernama Rost. Rost melihat Aloy memiliki kesamaan dalam hidupnya yaitu sama-sama tidak diterima dan diasingkan oleh orang-orang yang hidup disekitarnya, sehingga ia merawat dan membesarkan Aloy seperti anaknya sendiri, hingga Aloy pun tumbuh menjadi seorang gadis tangguh dan pembarani.

Suatu waktu, Aloy menemukan semacam alat yang bisa menganalisa semua bentuk kehidupan yang ada disekitarnya termasuk para robot. Alat ini akan sangat berguna disepanjang permainan, karena dengan alat inilah Aloy akan mengungkap semua misteri tentang kebenaran dibalik dunia dimasa lalu.

Cerita yang penuh misteri untuk diungkap, gameplay seru, dan visual Decima Engine yang begitu indah membuat pengalaman selama memainkan game buatan developer Guerrilla Games ini begitu sulit untuk dilupakan.

Marvel’s Spider-Man

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Sebuah game adaptasi superhero terkenal Marvel yang akhirnya memenuhi semua impian para gamer itulah yang penulis rasakan saat memainkan game berjudul Marvel’s Spider-Man atau lebih dikenal juga dengan sebuatan Spider-Man PS4 ini.

Dikembangkan juga oleh Insomniac Games yang sebelumnya menangani pengembangan Ratchet & Clank, Marvel’s Spider-Man ini benar-benar membuat kita sebagai player terasa seperti seorang Spider-Man yang sesungguhnya. Alasan utamanya karena memang game ini sendiri menghadirkan web-swinging mechanic yang paling sempurna dari game adaptasi Spider-Man lainnya membuat sensasi saat kita berayun mengelilingi kota New York begitu menyenangkan.

Apalagi kota New York dibangun dengan sangat detail dan visual yang dihadirkan pun begitu memukau. Ditambah cerita menarik dengan setting waktu 8 tahun setelah Peter menjadi seorang Spider-Man dimana ia sekarang lebih berpengalaman dalam menghadapi para kriminial namun tetap saja masih sulit rasanya untuk menghindari masalah pribadi dalam hidupnya.

Marvel’s Spider-Man benar-benar telah menaikan standar game adaptasi superheroMarvel yang kualitasnya sudah mulai bersaing dengan DC dengan Arkham series-nya. Kamu bisa melihat ulasan lebih lengkapnya disini.

God of War

10 Game Eksklusif PlayStation 4

Salah satu franchise game legendaris PlayStation yang bangkit kembali dikonsol PlayStation 4. Dengan berakhirnya kisah Kratos sang Ghost of Sparta yang telah memenuhi ambisinya yaitu balas dendam kepada dewa dewi Yunani karena membuat hidupnya berantakan dan kehilangan orang-orang terdekatnya, sang developer Sony Santa Monica memberikan kehidupan baru untuknya di tanah Norwegia.

Sempat menjalani kehidupan layaknya manusia normal dengan keluarga barunya, Kratos lagi-lagi harus mengalami kesedihan karena ditinggalkan oleh sang istri, Faye. Sebelum meninggal, Faye meminta Kratos untuk menyebarkan abunya di puncak tertinggi dunia.

Seperti biasa perjalanannya kali ini juga tidak mudah bahkan ia juga akan menghadapi beberapa dewa Norse nantinya, namun setidaknya kali ini ia ditemani oleh sang anak yaitu Atreus yang dianugrahi kecerdasan dan memiliki skill berpanah dari ibunya.

Selain visual yang tidak dapat diragukan lagi, gameplay-nya pun diperbarui menjadi third-person over the shoulder camera angle agar para player bisa menikmati dunia yang dihadirkan dalam game ini secara lebih immersive. Ditambah musik epik dan banyaknya mind-blowing moment menjadikan game yang satu ini wajib dimiliki oleh para pemilik PS4. Kalau tidak percaya kamu bisa membaca ulasan lengkapnya disini.

Itulah 10 Game Eksklusif PlayStation 4 yang Harus Kamu Mainkan! menurut penulis, mudah-mudahan artikel kali ini bisa membantu kalian para gamer yang baru saja menjajal konsol andalan Sony tersebut. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, and Happy Gaming guys!