3 Aplikasi Edit Video Terbaik dan Gratis untuk Windows – Video telah menjadi bagian umum dari kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang mengambil video menggunakan smartphone, mengunggahnya melalui Youtube, dan membagikannya di Facebook.

Apakah Vriends termasuk orang yang menilai hasil video buatan mereka sangat bagus? Padahal kebanyakan orang hanya sekedar menggunakan smartphone dan tidak memakai kamera DSLR  untuk mengambil hasil video-nya.

Nah, kalian harus tahu, mereka semua berawal tidak lepas dari peng-editan sebelum di bagikan ke media sosial mereka. Vriends pasti banyak yang menanyakan, aplikasi edit video apa sih yang digunakan mereka semua? Dan apa ada yang gratis tidak berbayar?

Oke, disini penulis akan memberitahu beberapa aplikasi edit video tidak berbayar dari yang mudah digunakan, sampai yang agak rumit dan kalian harus benar-benar mempelajarinya.

Lightworks

Jika Vriends mencari aplikasi edit video yang lebih serius, Lightworks menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1989 dan telah digunakan untuk mengedit banyak film profesional yang mungkin sobat Vriends pernah tonton dan nikmati. Contohnya seperti Pulp Fiction dan Braveheart. Kedua film ini menggunakan Lightworks sebagai alat edit video mereka.

Seperti yang Vriends duga, editor kelas profesional ini hadir dengan kurva pembelajaran tingkat profesional. Ini adalah editor non-linear, yang artinya tidak didasarkan pada timeline video tapi menggunakan yang sederhana langsung dari A-ke-B. Itu membuat pengeditan lanjutan lebih mudah, tetapi benar-benar membingungkan bagi para pemula.

Namun jika Vriends dapat menggunakan aplikasi ini dan banyak mempelajarinya, kalian akan dapat membuat video dengan kualitas lebih tinggi daripada sebagian besar aplikasi edit video gratis lainnya.

Dibawah ini contoh video simpel menggunakan Lightworks dan hanya berupa video obrolan saja, tetapi tampak realistis.

Seiring waktu berjalan, Lighworks menyediakan penggunaan dasar-dasar pengeditan video yang memudahkan bagi para pemula. Lightworks juga menyediakan beberapa tambahan seperti efek dasar, judul, transisi, dan koreksi warna.

Baik kalian seorang amatir yang baru pertama kali ingin coba mengedit atau kalian yang sedikit lebih berpengalaman, Lightworks pasti akan memenuhi kebutuhan pengeditan video bagi Vriends.

Tetapi, ada satu masalah yang akan Vfriends dapat setelah memakai Lightworks ini. Untuk versi gratis, kalian akan dilengkapi dengan beberapa peringatan, yang paling bermasalah adalah kurangnya output 1080p. Pengguna gratis hanya dapat menghasilkan resolusi 720p, yang bisa menjadi kendala besar. Jika masalah itu tidak mengganggu Vriends, Lightworks adalah pilihan yang sangat disarankan.

Versi gratis Lightworks akan memungkinkan Vriends mengakses hanya selama tujuh hari. Dari penulis memberi saran untuk kenyamanan Vriends, kalian harus mengunduh beserta crack agar dapat memakai aplikasi edit video gratis ini sesuka hati.

HitFilm Express

HitFilm Express dari halaman website utamanya banyak yang mengatakan “aplikasi peng-editan paling canggih, GRATIS dan perangkat lunak VFX hingga saat ini”, tentu saja itu tidak mengecewakan. Untuk satu perangkat lunak ini memiliki banyak contoh yang bagus, Vriends dapat banyak melihat hasil video pada websitenya. Ini salah satu contoh hasil video yang telah memakai aplikasi edit video HitFilm Express.

HitFilm Express selain menyediakan providing yang fantastis untuk meletakkan klip dan alur kerja, aplikasi ini juga menyediakan tutorial video gratis yang tak terhitung jumlahnya dan kemungkinan efek visual secara default. Tampilannya juga sebagian besar mengingatkan pada aplikasi pengeditan video berbayar yang lebih umum, sehingga Vriends dapat membuat video tampak lebih real.

HitFilm Express banyak menyediakan fitur-fitur yang sangat cocok untuk pengeditan, yang membuat kalian akan lebih mudah mengedit video menggunakan aplikasi ini. Satu lagi contoh video simpel yang telah melalu editing menggunakan HitFilm Express.

DaVinci Resolve

DaVinci Resolve merupakan aplikasi edit video yang mungkin hampir sama dengan editor video profesional dan gratis. Perlu diingat untuk Vriends, ini berarti dibutuhkan banyak latihan, waktu, dan dedikasi untuk belajar menggunakan aplikasi ini seperti halnya editor video profesional lainnya. Setelah kalian menguasai setengah dari aplikasi ini, mungkin sobat Vriends tidak akan memerlukan aplikasi edit video lain.

Hampir tidak ada hal yang tidak dapat dilakukan oleh DaVinci Resolve untuk kebutuhan edit video bagi Vriends. Tapi satu hal yang luar biasa dari DaVinci Resolve adalah gradasi warna. Aplikasi ini cocok untuk Vriends yang suka memainkan gradasi warna pada edit video kalian.

Banyak kelebihan yang bagus dan sangat mudah untuk dipakai. Salah satunya, sebagai mempercantik video yang kalian akan buat nantinya dan akan membuat video kalian tampak seperti aslinya.

Vriends juga akan dapat memungkinkan hasil video dengan kualitas output SD, HD, dan Ultra HD. Berarti kalian dapat membuat produksi video, editing dan diselesaikan semua dalam satu aplikasi. Meskipun versi Studio dirancang untuk pengaturan produksi profesional yang sebenarnya, versi lite alternatif akan menyediakan fungsionalitas yang lebih dari cukup untuk membuat pemula tetap merasa puas.

Oke, itulah beberapa aplikasi edit video terbaik dan gratis menurut penulis. Dari Vriends manakah yang paling cocok untuk dijadikan alat peng-edit video kalian? Semua spesifikasi yang dimiliki dari beberapa aplikasi edit video sangat bagus, akan tetapi itu semua tergantung kebutuhan kalian.

Apakah Vriends butuh yang sangat professional dalam hal mengedit video? atau hanya sekedar ingin belajar mengedit video? Dari semuanya yang terpenting kalian harus focus dan tekun untuk bisa mempelajari dari semua aplikasi edit video tersebut.

Baca juga : 5 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan GRATIS
.