3 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Animasi 3D – Pasti diantara Vriends banyak yang sudah melihat animasi yang kualitasnya sangat bagus. Dari semua animasi tersebut ada yang berbentuk 2D dan 3D. Tanpa disadari beberapa tahun sekarang animasi tampak seperti nyata. Animasi yang tampak nyata tersebut dapat dibilang animasi 3D.

Pernah ga sih kalian terpikirkan, bagaimana para pembuat animasi atau yang sering disebut animator untuk membuat animasi yang sangat bagus. Atau kalian pasti banyak yang menanyakan aplikasi apa saja yang mendukung untuk membuat animasi 3D.

Nah, disini penulis akan memberitahu 3 rekomendasi aplikasi untuk membuat animasi 3D. Sebelumnya, jika kalian juga penasaran dengan aplikasi apa yang cocok untuk membuat animasi 2D, Virtual Verbal sudah membahas pada artikel sebelumnya. Klik disini untuk mengetahui aplikasi pembuat animasi 2D yang cocok bagi kalian.

Autodesk Maya – Animasi 3D

Maya adalah aplikasi animasi 3D standar industri, yang digunakan sebagian besar studio. Maya, Softimage (aplikasi yang dihentikan) dan 3D Max semuanya milik Autodesk dan bekerja sangat mirip. Memilih satu dari 3 aplikasi tersebut adalah masalah pilihan Vriends. Akan tetapi, penulis menyarankan Maya menjadi aplikasi yang sangat cocok untuk pembuatan animasi 3D.

Maya tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS
  • Linux

Cinema 4D

Cinema 4D adalah aplikasi untuk membuat animasi yang banyak digunakan para seniman grafis gerak. Aplikasi ini sangat cocok dengan penggunaan After Effect. Ditambah setelah dirilisnya Cineware, Cinema 4D dapat langsung bekerja dengan After Effect tanpa perlu merender terlebih dahulu.

Aplikasi ini dirancang cukup rumit untuk menghasilkan animasi yang sangat bagus. Akan tetapi, jika kalian serius mempelajari dan mengetahui banyak dasar-dasar Cinema 4D, aplikasi ini akan sangat rekomendasi bagi Vriends.

Cinema 4D tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

Blender

Aplikasi terakhir yang sangat disarankan adalah Blender. Blender menyediakan spektrum luas dari pemodelan, tekstur, pencahayaan, animasi, dan fungsi sebelum pemrosesan video dalam satu paket. Melalui arsitekturnya yang terbuka, Blender menyediakan interoperabilitas lintas-platform, ekstensibilitas, dan alur kerja yang terintegrasi secara ketat.

Dari semua fitur-fitur yang sangat bagus, Blender sangat mudah untuk dipelajari. Vriends hanya butuh kesabaran untuk mempelajari dasar-dasar pembelajaran Blender dan kalian akan mendapatkan animasi yang sangat luar biasa.

Blender tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS
  • Linux
  • FreeBSD

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat animasi 3D. Semua aplikasi sama bagusnya, tergantung dari segi pembelajarannya yang berbeda. Jika Vriends fokus mempelajari salah satu aplikasi tersebut, pasti kalian akan membuat animasi yang sangat menakjubkan.

Kalian jangan pernah liat dari susah atau tidaknya mempelajari sesuatu hal yang baru. Akan tetapi, lihatlah bagaimana kalian yang mencintai prosesnya. Itu akan membuat Vriends menjadi lebih hebat dalam melakukan banyak hal. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah untuk menghasilkan karya yang lebih menakjubkan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Animasi 2D
.