Seperti yang kita semua tahu, bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki aktifitas politik yang baik dimata didunia, karena partisipasi aktif warganya sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas negara sangat terlihat dalam kegiatan pemilihan perangkat negara yang dilaksanakan beberapa tahun sekali. Dan kali ini kita akan memberi tahu Vriends, inilah 5 game yang harus kalian mainkan kalau kalian bercita-cita ingin jadi presiden atau bisa jadi dapat dimainkan oleh calon presiden sekarang. 

1. Democracy Series

Democracy

Game Democracy merupakan salah satu game politik populer dimana telah memiliki 3 seri yang memiliki peningkatan kualitas dan beberapa mekanisme yang semakin kompleks dan semakin mendekati real. Didalam game tersebut kita merupakan salah satu kandidat presiden terpilih yang berkewajiban untuk mengontrol pendapatan, pengeluaran, dan peraturan-peraturan yang terjadi dinegara tersebut. Tujuan terakhir dari game ini yaitu kita harus memiliki kesempatan besar untuk terpilih kembali menjadi presiden tanpa adanya kekalahan, pemberontakan, bahkan kudeta dimana karakter kita akan diburu oleh warga negaranya sendiri. Cukup kompleks bukan?

2. Masters of the World

Masters of The World merupakan game simulasi kenegaraan dimana kita sebagai presiden bukan hanya memiliki hak untuk mengontrol negaranya, tetapi juga dapat mengekspansi kekuasaannya hingga ke seluruh dunia. Didalamnya, terdapat berbagai taktik yang dapat dipakai untuk menguasai negara lain tersebut, seperti eksploitasi dalam sektor ekonomi, kuasai pasar minyak dan bahan ekspor, dan yang lainnya. Tujuan akhir dari game ini adalah seperti namanya, Masters of The World yaitu menjadi pemimpin dunia. Terdengar menyeramkan ya Vriends.

3. The Political Machine 2016

Game ini sepertinya yang paling relevan untuk berlatih menjadi politikus yang handal. Karena game ini memiliki setting yang khas pada pemilihan presiden amerika. Didalamnya tidak lebih sama seperti di dunia nyata, Vriends dapat membuat diri kalian terkenal dengan menggunakan iklan juga bisa dipakai untuk menjadi membayar orang untuk mempengaruhi khalayak ramai. Hal yang unik pada game ini adalah, meskipun ini adalah simulator, tetapi hal yang tidak terduga bisa saja terjadi pada karakter yang dimainkan seperti skandal, bencana alam, dan hal-hal lainnya yang dapat menjadi malapetaka atau digunakan untuk keuntungan kita saat pemilihan. Game ini sangat recommended.

4. City Skyline

Ketika game sebelumnya lebih ke arah diplomatis, Game City Skyline ini memiliki gameplay untuk mengatur kota secara real. Dimulai dari membuat jalan, menentukan sektor bangunan, manajemen energi, dan hal-hal lainnya yang dapat membuat kalian menjadi pemimpin yang baik bagi warganya. Karena mirip seperti SimCity, dikatakan game ini adalah upgrade dari game tersebut karena selain fitur diatas, City Skyline juga memiliki sistem siang malam yang memiliki pengaruh besar pada aktifitas warganya, bahkan terdapat pula bencana alam yang menambah immersifitas game ini. Sangat seru melihat warga yang terkena macet karena bentuk jalan yang kita buat tidak beraturan, sebuah keunikan tersendiri.

Nah Vriends, apakah kalian berminat memainkan game tersebut? untuk penggemar permainan Real-time Strategy, game-game diatas sangat disarankan, karena selain kita dapat memainkan game yang menantang, sedikit-sedikit kita juga dapat belajar sejarah dan tokoh-tokoh besar didalamnya. See you next time guys!