Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi di era digital ini kian pesat dengan inovasi yang tentu saja membuat kita terlena, termasuk juga pada teknologi games. Zaman dulu, kita mengenal yang dinamakan konsol, dari awal konsol dibuat, orang-orang berbondong untuk membeli dan memainkannya karena menyenangkan.

Perkembangan konsol dari waktu ke waktu selalu meningkat dengan penambahan fitur dan teknologi yang mendukung seiring berjalannya waktu. Sehingga peminat dari game konsol ini tidak pernah hilang. Tapi, bagaimana dengan games PC?

Akhir-akhir ini, dampak dari perkembangan games yang pesat membuat produsen games berlomba-lomba membuat games yang memiliki grafis canggih, tetapi di sisi lain banyak gamers PC juga yang mulai berfikir keras untuk memainkan games tersebut. Apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi yang dibutuhkan games teranyar memiliki peningkatan yang tajam. Sekarang, karena games yang semakin kompleks dan memiliki grafis yang ciamik, menjadikan komputer yang memiliki spesifikasi hardware yang baik di beberapa tahun lalu, mulai tertinggal dan akhirnya angkat tangan untuk terus bereuforia memainkan games di PC miliknya. Apalagi melihat size gamenya sendiri yang tergolong besar (contoh Shadow of War sekitar 90GB atau Forza Motorsport 7 sekitar 100GB)

Dukungan Developer

Developer games besar yang telah merilis franchise game yang telah sukses, mulai memandang PC sebelah mata. Mengapa demikian? Alasannya jelas, PEMBAJAKAN! Pembajakan games di PC sudah tidak bisa di kontrol lagi, bahkan proteksi yang dibilang terkuat saat ini, Denuvo, begitu gampang dihancurkan oleh para pembajak/cracker. Sehingga merupakan suatu kewajaran jika developer lebih mementingkan konsol dan menganaktirikan PC.

Tidak semua Developer menganaktirikan PC. Banyak Developer yang pada akhirnya memutuskan untuk porting games yang sudah dirilis di konsol ke PC. Namun tidak sedikit juga porting justru membuat sebuah masalah yang membuat jengkel gamer, yaitu tidak teroptimalisasi dengan baik, grafis tidak maksimal, dan banyaknya bug.

Games Variatif

Game yang variatif dan banyak yang eksklusif merupakan alasan kuat kenapa gamers lebih memilih konsol. Siapa yang tidak ingin memainkan Uncharted 4 di PlayStation 4 maupun Halo series di Xbox One? Sedih memang melihat tidak ada games sekeren itu di PC, ya walaupun untuk beberapa judul di Xbox One bisa dimainkan di PC menggunakan fitur Xbox Live, namun tetap saja tidak semua games bisa dimainkan, hanya games tertentu saja. So sad.

Efisiensi

Bukan rahasia umum lagi kalau main games di konsol lebih simpel dibandingkan di PC. Sudah jelas kalau konsol diciptakan untuk bermain games dibandingkan PC yang memang kebutuhan multitasking. Jika di konsol kita hanya perlu plug and play saja, di PC banyak hal yang harus kita lakukan seperti menginstall gamenya terlebih dahulu (walaupun konsol pun terkadang harus install dulu tapi tidak seribet di PC), belum lagi menginstall software-software maupun driver yang dibutuhkan, spesifikasi juga harus diperhatikan, dan masih banyak hal lainnya.

Itulah beberapa hal yang membuat games PC mulai ditinggalkan oleh gamers. Namun bukan berarti benar-benar ditinggalkan, masih banyak gamers yang nyaman dengan PC karena bisa di mod, kualitas visual yang bisa ditingkatkan lebih baik dibandingkan versi konsol, ataupun yang memang punya PC dan konsol.