Lewat acara Tokyo Game Show 2019 kemarin, Hideo Kojima benar-benar menepati janjinya untuk menampilkan banyak informasi mengenai Death Stranding dalam gameplay demo berdurasi 49 menit.

Gameplay demo tersebut menampilkan berbagai macam konten yang akan kita temui dalam gamenya dan setidaknya memberikan gambaran seberapa layaknya game ini untuk dibeli di hari pertama. Kamu bisa memutuskannya sendiri setelah menonton video di bawah ini!

Seperti yang pernah penulis jelaskan di artikel sebelumnya, game ini menceritakan Sam “Porter” Bridges yang diberikan tugas untuk menyatukan kembali Amerika dengan mengaktifkan Cairo Network Terminal yang tersebar di berbagai wilayah.

Death Stranding

Sebelum melakukan perjalanan, kita diberikan kebebasan untuk membawa berbagai macam barang, resource, dan senjata yang nantinya bisa digunakan dalam keadaan tertentu. Bisa kita lihat sendiri seberapa vitalnya perbekalan yang dibawa Sam sepanjang perjalanan mengingat Kojima benar-benar menyuntikkan berbagai elemen semi realistis kedalam game ini.

Tidak hanya kebutuhan dasar seperti stamina ataupun health bar saja seperti halnya game kebanyakan, para playernya juga harus memperhatikan beberapa kebutuhan Sam yang lain dan dampak yang diterima jika kita lalai.

Sebagai contoh, kaki Sam akan mengalami luka serius jika memaksakan untuk terus menempuh perjalanan panjang tanpa istirahat, berat kapasitas barang yang dibawa oleh Sam juga akan mempengaruhi seberapa cepat staminanya terkuras. Selain itu, sepanjang permainan kita juga diharuskan untuk menjaga BB (Bridge Baby), karena jika langkah kita membuatnya tidak nyaman tingkat stresnya akan meningkat.

Jika melihat segitu kompleksnya elemen gameplay yang diimplementasikan Hideo Kojima kedalam gamenya ini, sudah dapat dipastikan bahwa Death Stranding memang tidak ditujukan untuk semua kalangan gamers. Oleh karena itu, mungkin game ini tidak akan cocok buat kamu yang tidak suka dengan game yang terlalu ribet.

Sementara buat para fans game-game racikan Kojima, semua hal yang diperlihatkan dalam gameplay tersebut malah menjadi nilai jual tersendiri dan semakin tidak sabar untuk menantikannya.

Death Stranding direncanakan akan rilis pada tanggal 8 November 2019 mendatang untuk PlayStation 4.