Mungkin buat kamu para gamer yang mengikuti perkembangan industri game sudah tidak asing dengan konsol andalan Sony generasi saat ini, apalagi kalau bukan PlayStation 4. Rilis tahun 2013 yang lalu, dalam kurun waktu 5 tahun jika dihitung di tahun 2018 ini PS4 telah meraih kesuksesan yang begitu besar.

Namun, untuk sebagian orang terkadang masih saja ada yang mempertanyakan “apakah masih worth it untuk membeli PS4 di tahun ini?” Apalagi terdengar kabar bahwa Sony sendiri saat ini tengah mempersiapkan PlayStation 5 walaupun masih belum jelas tanggal rilis pastinya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan mencoba menjawabnya dengan “5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli PS4 Saat Ini”.

Harga yang Lebih Terjangkau

PS4

Yang pertama tentu saja harganya yang lebih terjangkau jika kita membandingkan harga saat ini dengan harganya saat pertama kali rilis tahun 2013 yang lalu. Dulu untuk membeli PlayStation 4 dengan model FAT, kamu harus merogoh kocek sekitar 7-8 juta rupiah, sedangkan untuk sekarang ini dengan budget segitu kita sudah bisa membeli 1 unit PlayStation 4 Pro yang notabene lebih powerfull plus LED TV-nya.

Sementara untuk para gamer dengan budget yang lebih sedikit sudah bisa membeli PlayStation 4 slim dengan harga kisaran 3-4 jutaan. Ya… meskipun masih saja terbilang mahal untuk sebagian orang, setidaknya uang yang kamu keluarkan tersebut akan sepadan dengan pengalamaan bermain yang akan kamu dapatkan saat memainkan konsol yang satu ini.

Masih Banyak Jajaran Game yang Siap Rilis Untuknya

PS4

Hal lain yang membuatmu memutuskan untuk membeli sebuah konsol khususnya PS4 mungkin saja karena ingin memainkan game-game terbaru yang sedang hype.

Untuk urusan yang satu ini sebenarnya kamu tidak perlu ragu lagi dan memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi dimasa depan seperti ketakutan tidak akan ada lagi game baru yang keluar di PS4 karena PS5 akan segera rilis misalnya. Karena para pengembang game sendiri masih belum tahu spesifikasi seperti apa yang akan dimiliki oleh PlayStation 5 nantinya, meskipun menurut kabar akan segera rilis pun para pengembang game juga sebenarnya membutuhkan waktu lagi untuk melakukan adaptasi dengan sistem yang ada.

Maka dari itu, dengan melihat keadaan seperti itu sudah dapat dipastikan masih banyak jajaran game yang akan rilis di PS4 setidaknya untuk 2 hingga 3 tahun kedepan.

Performa yang Mengungguli Xbox One

PS4

Jika kamu saat ini sedang dilema antara memilih PlayStation 4 atau Xbox One sebagai konsol utamamu, penulis sendiri menyarankan untuk memilih PS4 karena memang konsol dari Sony ini unggul dari segi performa. Tentunya disini penulis sendiri membandinkan antara PS4 dan Xbox One biasa karena untuk soal harga keduanya memang hampir sama dan tidak terlalu mahal juga.

Dari segi visual, game-game yang rilis di PlayStation 4 biasanya akan di render di resolusi 1080p sehingga gambar akan terlihat lebih tajam jika dibandingkan dengan visual Xbox One yang kebanyakan di render di resolusi 900p.

Selain itu beberapa game juga biasanya akan lebih lancar dimainkan di PS4 karena PS4 sendiri memiliki keunggulan dari segi spesifikasi hardware dibandingkan Xbox One. Xbox One X memang memiliki spesifikasi hardware yang melampaui PlayStation 4 ataupun PlayStation 4 Pro, namun kembali lagi masalah harga yang belum tentu terjangkau oleh kebanyakan orang.

Dukungan Virtual Reality

PS4

Satu lagi alasan mengapa kamu harus membeli PlayStation 4 saat ini karena mendukungVirtual Reality yang bisa dikatakan merupakan teknologi paling baru untuk menikmati game secara immersive. PlayStation sendiri telah merilis sebuah Virtual Reality bernama PSVR yang bisa dikatakan lebih murah dibandingkan perangkat VR lainnya.

Jika kamu memang tertarik untuk mencoba teknologi terbaru ini, daripada harus membangun PC dengan spesifikasi tinggi yang tentunya membutuhkan dana yang besar, memang lebih baik untuk mencobanya di PlayStation 4 dengan PSVR-nya. Apalagi didukung dengan banyaknya game-game menarik ditambah beberapa game besar seperti Resident Evil 7 sudah bisa dinikmati secara penuh menggunakan PSVR ini.

Banyaknya Game Eksklusif Menarik

PS4

Alasan utama mengapa kamu harus membeli PS4 saat ini tentu saja karena banyaknya jajaran game menarik yang dirilis secara eksklusif di PlayStation 4 dan tidak akan ada di platform lainnya. Baik yang telah rilis maupun yang akan rilis semua game yang keluar di PlayStation 4 memang mampu menawarkan pengalaman bermain luar biasa, baik itu dari segi cerita ataupun dari gameplay-nya.

Dari segi visual dan performa pun game-game eksklusif ini selalu mampu mengundang decak kagum para player-nya. Lihat saja game-game seperti Infamous Second Son, Ratchet and Clank, dan Horizon Zero Dawn ataupun game yang baru saja keluar tahun ini seperti God of War dan Marvel’s Spider-Man misalnya, dengan banyaknya partikel dan efek visual yang begitu indah, PS4 mampu mempertahankan performa-nya sehingga berjalan stabil tanpa adanya frame drop sedikitpun, apalagi jika kamu bermain di PS4 Pro yang notabene memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat.

Tidak berhenti disitu saja, PlayStation 4 masih akan tetap menghadirkan jajaran game eksklusif yang tak kalah kerennya tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. Game seperti Days Gone, Ghost of Tsushima, Death Stranding, dan The Last of US Part 2 akan siap hadir untuk menemani para gamer pemilik PS4.

Itulah “5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli PS4 Saat Ini” menurut penulis, mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan sedikit pengetahuan sekaligus menjawab pertanyaan para gamer yang masih ragu untuk membelinya dalam waktu dekat ini. Sekian dan terimakasih!