5 Analisa Misteri Pengabdi Setan yang Bikin Penasaran

Joko Anwar yang juga merupakan ‘otak’ dibalik film-film seperti Pintu Terlarang, Modus Anomali, Kala, Janji Joni telah sukses membuat para penonton dari film Pengabdi Setan penasaran dikarenakan begitu banyaknya misteri yang masih belum bisa dipecahkan.

Adanya plot twist serta banyaknya misteri dalam film Pengabdi Setan yang tidak terjawab dan dibiarkan mengambang oleh Joko Anwar membuat penulis penasaran, seperti siapa sosok Ayah yang sebenarnya? Apa tujuan Ayah? Kenapa pacar Rini meninggal dan masih banyak lagi hal yang wajib untuk dipecahkan.

Kebetulan penulis menemukan sedikit jawaban dari semua pertanyaan yang ada dibenak penulis atau mungkin bagi kebanyakan yang menonton.

Ayah Adalah Kunci Utama!

Pengabdi Setan

Pengabdi Setan – Kenapa harus Ayah? Padahal yang jadi hantunya kan Ibu? Memang Ibu merupakan ‘antagonis’ utama yang diperlihatkan, namun perlu dicermati adalah banyak kejanggalan dari apa yang Ayah lakukan, salah satunya buat apa Ayah pergi meninggalkan keluarganya dan apa yang dibicarakan Ayah dengan Ibu ketika Ibu masih hidup.

Apa Pekerjaan Ayah Sebenarnya?

Pengabdi Setan

Dalam film Pengabdi Setan, pekerjaan sosok sang Ayah memang tidak disebutkan, namun Joko Anwar berhasil menyelipkan clue, antara lain bisa saja Ayah bekerja kantoran dan kemungkinan lain bisa saja Ayah bekerja menjadi kuli. Ada 1 scene dimana Ayah terlihat sangat modis layaknya pekerja kantoran dimana dia berada di ruangan AC dan di depan komputer. Namun sebelum sosok Ibu meninggal disitu juga diperlihatkan sosok ayah yang sedang mengenakan baju bebas dan dia sangat lihai membenarkan beberapa perabotan yang sudah rusak.

Clue lain juga didapatkan dari celetukan anak-anaknya ketika mereka sedang asik berbicara di ruang dapur. Pada saat itu Bondy (Anak ke-3) bercerita soal pekerjaan yang cepat menghasilkan uang, lalu Toni (Anak ke-2) menjawab soal pekerjaan gigolo, alhasil Rini (Anak ke-1) menjawab bahwa perkataan itu sudah tidak wajar untuk anak-anak seusia mereka.

Dari clue tersebut bisa saja sebenarnya Joko Anwar secara tidak langsung ingin mengatakan kalau sosok Ayah sebenenarnya bekerja sebagai gigolo. Apalagi setelah beberapa hari merantau ke kota lalu ketika pulang dengan sombongnya Ayah memamerkan bahwa dia sudah memiliki uang yang banyak.

Ayah Pengikut Sekte (Pengabdi Setan)

Dalam 1 scene Pengabdi Setan ketika Ayah ditanya oleh Ustadz “kok tidak pernah keliatan di masjid?”, Ayah menjawab bahwa dia dan keluarganya tidak solat. Dari situ apakah Ayah sudah menjadi sosok kepala keluarga yang baik? Mari kita perdalam lagi analisisnya.

Ayah pernah berbicara pada Ibu berdua. Rini tidak sengaja mendengarkan pembicaraan mereka. Keesokan harinya Ibu meninggal dan tidak lama setelah itu Ayah pun pergi ke kota untuk mengurus suatu pekerjaan. Disaat itu pula teror terhadap keluarganya tidak berhenti-berhenti, dari mulai kematian Nenek hingga teror hantu dari Darminah. Dari sini saja sudah bisa ditebak kepergian Ayah ke kota adalah untuk kembali ke komunitas sekte dan sekte berhasil memberikan apa yang diinginkan dari Ayah.

Ayah Adalah Pembunuh

Ayah diperlihatkan sangat sayang terhadap keluarganya dan tidak mau kalau ada salah satu anaknya yang terluka serta berusaha melindungi mati-matian menyelamatkan anak-anaknya. Lah kok bisa seenaknya bilang kalau Ayah itu pembunuh?

Ingat kejadian film Pengabdi Setan dimana Hendra (Anak Pak Ustadz) sedang mengendarai motornya demi menolong Rini kembali pulang dari tempat kenalannya Nenek dikota. Nah disitulah sosok Ayah yang tidak ingin kebenaran tentang keluarganya terbongkar membunuh Hendra dengan sengaja menabrakan diri dan mengakibatkan Hendra jatuh dari motor dan mati seketika. Alhasil rahasia pun tertutupi.

Target Selanjutnya: RINI!

Pengabdi Setan

Yang terakhir adalah target yang akan dijadikan pengganti sosok Ibu alias bibit buat pangeran setan, karena Ian sudah berumur 7 tahun dan sukses dijadikan anak iblis dan pangeran setan. Di akhir film Pengabdi Setan juga diperlihatkan sosok Darminah bersama Batara sedang berbicara untuk siap memanen keluarga rini dan diperlihatkan benih saga dalam sebuah toples. Sebelumnya juga diperlihatkan pasukan sekte yang menebar benih saga di halaman rumah nenek.

Benih saga memiliki mitos yakni benih racun. Benih saga memiliki 2 versi, yang pertama saga rambat yang kedua saga pohon. Namun didalam film ini Joko Anwar menggunakan benih saga pohon. Untuk saga pohon tidaklah mengandung racun yang mematikan dan namun saga rambat sangat mematikan dan jika benihnya dimakan dapat mengakibatkan kemandulan.

Nah disitulah terjawab kenapa Ibu tidak bisa memiliki keturunan, dikarenakan sosok Ibu itu adalah korban dari sekte atau sosok Ayah yang menjerumuskan Ibu dalam dunia hitam, dan kemungkinan besar makanan yang diberikan oleh Darminah di akhir film itu adalah makanan yang mengandung benih saga yang nantinya akan di makan anak-anak dan mereka pun tidak bisa memiliki keturunan kecuali mereka ikut bergabung dengan kelompok tersebut.

Itulah beberapa analisa misteri yang penulis temukan dalam film Pengabdi Setan ini. Semoga rasa penasaran sehabis menonton film nya sedikit terobati dengan analisa diatas. Jika kamu memiliki analisa lain, silahkan tulis dikolom komentar ya!

.