Jika VirtualVriends mulai jenuh menonton anime action yang penuh dengan ‘efek-efek kerusakan’, ada baiknya kita sedikit beralih sejenak dan menonton anime musical yang bisa menenangkan pikiran dan sejuk didengar. VV punya beberapa rekomendasi anime musical yang sangat wajib untuk di tonton. Cekidot!

Nodame Cantabile

Nodame Cantabile
Nodame Cantabile

Shinichi Chiaki seorang musisi kelas satu yang bermimpi bermain musik di jajaran kelas elit eropa. Terlahir dari keluarga yang istimewa, dia terkenal karena seorang yang perfeksionis akan musik yang dia mainkan dan juga musik yang dimainkan oleh orang lain, satu-satunya yang menghalangin Shinichi pergi ke eropa ialah karena dia takut dengan terbang dan ketinggian, sehingga sampai sekarang masih tinggal di Jepang. Pada saat di Jepang dia bertemu seorang perempuan bernama Megumi Noda sering dipanggi Nodame. Nodame merupakan gadis yang easy going tanpa arah dalam hidup, namun ketika Shinichi mendengarkan dia bermain piano untuk pertama kalinya, dia terkagum kagum dengan musik yang diciptakan Nodame.

Salah satu anime musical terbaik dimana kita disuguhkan dengan nuansa musik klasik yang membuat tenang hati. Tak hanya itu, anime ini juga menyuguhkan drama komedi antara Nodame dan Chiaki yang menarik untuk disaksikan.

Sakamichi no Apolon

Sakamichi no Apollon
Sakamichi no Apollon

Kaoru Nishimi seorang pelajar introvert yang pandai memainkan piano classic baru saja datang ke Kyushu. Sering berpindah tempat tinggal sejak kecil selalu membuat dia menjadi sedikit pendiam hingga akhirnya dia bertemu seorang anak nakal bernama Sentarou Kawabuchi. Sentarou sangat menyukai genre musik jazz dan menginspirasi Kaoru untuk belajar tentang jazz, dan pada akhirnya, dia sedikit demi sedikit menyukai jazz dan berteman baik dengan Sentarou.

Sakamichi no Apollon bercerita tentang persahabatan, musik, dan cinta yang semua itu disatukan dengan musik jazz, salah satu alasan mengapa anime ini wajib ditonton yaitu cerita, karakter dan tentu alunan lagu jazz yang sangat ‘catchy’.

K-On!!

K-On!! Anime

Bercerita tentang keseharian Yui, Mio, Rutsi, Mugi, 4 sekawan yang mempunyai sebuah band sekolah bernama Houkago Tea Time After School Tea Time dan ingin band mereka menjadi terkenal.

K-On!! termasuk dalam salah satu anime musikal terunik, dimana musik yang disuguhkan adalah musik yang sangat khas jepang, yaitu lucu, enerjik, dan ditambah sentuhan-sentuhan imut dan moe tiap karakternya yang membuat benar-benar booming sekali pada zamannya, sampai mempunyai fans hardcore. bahkan para pengisi suara K-On!! sampai membuat sebuah konser untuk memuaskan para fans mereka. Salah satu anime melegenda yang wajib kalian tonton.

Love Live! School Idol Project

Love Live School Idol Project
Love Live School Idol Project

SMA Otonokizaka sedang dalam sebuah krisis, dengan semakin sedikitnya siswa yang ingin masuk ke SMA tersebut tiap tahunnya, dan pada akhirnya memutuskan untuk menutup penerimaan siswa baru. Namun siswi Honoka Kousaka menolak untuk menyerah dan mencari cara untuk membuat sekolah menjadi populer kembali. Dia memutuskan untuk membuat grup idol sekolah, dengan bantuan Umi Sonoda dan Kotori Minami sahabat sejak kecilnya dia membuat grup idol untuk menaikan popularitas sekolahnya.

Bila senang dengan Idol Group seperti AKB48 atau JKT48, bisa coba tonton anime yang satu ini. Bercerita seputar idol, persahabatan, konflik dan drama, tentu saja karakter yang mempunyai karakter bermacam-macam dan tentunya kawaii menjadi salah satu daya tarik.

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
Shigatsu wa Kimi no Uso

Kousei Arima seorang pianist yang luar biasa dan sering disebut sebagai manusia metronom, tapi semua berubah ketika ibunya meninggal. Kousei mendapatkan sebuah phobia dimana setiap dia memainkan piano dia tidak dapat mendengar suara piano yang dia mainkan, akhirnya Kousei pun berhenti bermain piano, hingga suatu hari dia bertemu seorang violinist cantik bernama Kaori Miyazono yang merubah segalanya.

Tidak bisa dipungkiri Shigatsu wa Kimi no Uso bukan hanya salah satu anime musical terbaik, namun masuk kategori drama terbaik, sebenarnya anime ini lebih bercerita tentang drama dibandingkan musiknya, namun perpaduan antara musik dan drama dari anime ini sangat baik sekali sehingga membuatnya menjadi salah satu yang terbaik. Siapkan saja tissue kalian VirtualVriends karena drama yang ada di anime ini benar-benar bisa menguras air mata kalian.