Halo VirtualVriends, senang menonton anime (kartun jepang) diwaktu yang senggang? VV punya rekomendasi Anime Sport yang unik, dengan cerita bagus yang wajib ditonton nih! Mungkin aja setelah kamu membaca rekomendasi kami, kamu bisa tergugah hatinya untuk sedikit menggerakan otot-ototmu yang mulai lentur! Penasaran anime apa saja yang akan kami rekomendasikan? Cekidot!

Ping Pong The Animation

Ping-Pong The Animation, Anime Sport Ping-Pong
Ping-Pong The Animation, Anime Sport Ping-Pong

‘The hero comes. The hero comes. The hero comes. Chant these words in your mind, and I’ll surely come to you … ‘  Ini adalah ‘mantra’ yang sering diucapkan Makoto Tsukimoto untuk memotivasi dirinya jika dia tengah dalam keadaan stress. Tidak hanya ketika dia bertanding ping-pong, namun ketika dia sedang menjalani kesehariannya juga. Makoto tidak bertarung sendirian, Dia dan temannya, Yukata Yoshino, adalah teman bermain ping-pong Makoto. Sejak kecil mereka berdua mempunyai panggilan Smile (Tsukimoto) dan Peco (Yoshino), Mereka berdua bercita-cita menjadi pemain ping-pong terbaik di dunia. Mengapa anime sport ini kami katakan unik, dikarenakan ceritanya yang bagus dan ditemani dengan grafis yang unik layaknya sebuah komik 2 dimensi khas Jepang.

Cross Game

Cross Game, Anime Sport Baseball
Cross Game, Anime Sport Baseball

Berfokus pada cerita keseharian Kou Kitamura anak seorang pemilik toko alat-alat olahraga bernama Kitamura Sports. Di lingkungan dekat rumahnya, terdapat pula sebuah Batting Center yang dikelola oleh Keluarga Tsukishima. Karena keduanya mempunyai hubungan bisnis yang sama, kedua keluarga tersebut mempunyai hubungan yang erat. Anime ini menceritakan tentang permainan olahraga baseball, Namun yang membuat unik anime ini yaitu drama yang disuguhkan oleh anime ini, Bukan hanya sekedar bercerita tentang baseball. Pada awal cerita saja mungkin kalian sudah bisa meneteskan air mata jika terlalu terbawa suasana. Anime Sport ini cocok bagi kamu yang sangat suka dengan anime bergenre drama dan sport dalam satu layar.

Chihayafuru 

Chihayafuru, Anime Traditional Sport Karuta
Chihayafuru, Anime Traditional Sport Karuta

Chihaya adalah seorang gadis kelas 6 SD yang belum cukup umur untuk mengetahui arti sebuah kata yang sulit, namun suatu hari dia bertemu Arata, Seorang murid pindahan. Arata adalah murid yang pendiam namun ternyata dia mempunyai sebuah kelebihan yaitu bermain Kompetisi Karuta Permainan Kartu Tradisional Jepang. Chihayafuru termasuk salah satu anime unik dikarenakan menceritakan olahraga tradisional jepang yang bernama Karuta, tapi bukan itu saja yang membuat anime ini menarik, Biasanya anime jenis olahraga selalu berfokus pada protagonis laki-laki, namun pada anime Chihayafuru, karakter protagonisnya adalah seorang gadis bernama Chihaya. Yap, anime sport ini bergenre Shojo, dimana ceritanya berputar disekeliling gadis bernama Chihaya. Tentu saja anime Shojo selalu mempunyai sebuah drama yang menarik, sudah cerita olahraganya unik, dramanya pun menarik.

One Outs

One Outs, Anti-Mainstream Anime Sport Baseball
One Outs, Anti-Mainstream Anime Sport Baseball

Toua Tokuchi berprofesi sebagai seorang atlet baseball, namun pada dasarnya dia adalah seorang penjudi. Di jalanan Okinawa, dia mencetak 499 kemenangan game ‘One Outs‘, sejenis versi simpel baseball antara batter dan pitcher. Terkesima dengan permainan Toua yang penuh dengan perhitungan dan nekat, Hiromichi Kojima seorang batter dari tim baseball Lycaons ingin merekrut Toua masuk kedalam tim baseball-nya untuk membantu Lycaons mendapatkan gelar kemenangan.

Mengapa anime ini masuk dalam daftar unik? Pada dasarnya anime olahraga selalu berfokus memberikan pesan agar selalu semangat dan menjunjung tinggi sportifitas. Namun, berbanding terbalik dengan anime ‘One Outs’, dimana anime ini menceritakan baseball dari pandangan seorang penjudi. Yap, animeOne Outs‘ protagonisnya adalah Anti-Hero, Ketika seluruh anime sport menceritakan menjunjung tinggi semangat dan sportifitas, disini Toua malah melakukan hal yang sebaliknya untuk membuat tim yang dibelanya menang.

Yowamushi Pedal

Yowamushi Pedal, Anime Sport Balap Sepeda
Yowamushi Pedal, Anime Sport Balap Sepeda

Sakamichi Onoda adalah seorang ‘otaku’ yang ingin mengikuti sebuah ekstrakulikuler anime di sekolahnya. Sayangnya, ekstrakulikuler yang dia inginkan sudah bubar dan memaksa dia untuk mencoba membuat kembali ekstrakulikuler tersebut. Tanpa banyak pikir panjang, Onoda pun pergi ke Akihabara menggunakan sepeda kesayangannya yang sudah tua. Disinilah dia bertemu dengan teman seangkatannya, Shunsuke Imaizumi, seorang yang serius untuk menjadi atlet sepeda yang setiap harinya menggunakan jalan menanjak menuju sekolahnya sebagai tempat latihan. Kaget dengan kemampuan Onoda menjalankan sepeda tua di tanjakan yang curam, Imaizumi menantang Onoda balapan dengan taruhan: apabila Onoda menang dia akan ikut ekstrakulikuler anime, namun apabila Imaizumi menang Onoda harus ikut bergabung dengan ekstrakulikuler sepeda.

Yang unik dari anime sport ini adalah jalan ceritanya. Menceritakan bagaimana Onoda seorang otaku yang benci dengan aktifitas olahraga, dan mempunyai fisik yang tidak proporsional untuk menjadi seorang atlet. Namun, dikarenakan keseharian dia yang selalu bersepeda akhirnya ia berhasil membangkitakan potensi yang tersembunyi dalam dirinya saat bersepeda.