Vriends apakah kamu adalah seorang gamer yang tertarik untuk membagikan aktivitasmu saat bermain game di Youtube? Tetapi, sebelumnya mungkin kamu bingung mengenai aplikasi perekaman apa yang kira-kira cocok untuk kamu? Disini, penulis akan memberitahu 5 aplikasi perekam layar pc terbaik dan gratis. Dimulai dari aplikasi sederhana seperti Fraps. Hingga, alat perekam terbaik yang sering digunakan oleh Youtuber lainnya.

Aplikasi Perekam Layar Nvidia ShadowPlay

aplikasi perekam layar

Pertama, aplikasi perekam layar PC yang terbaik dan paling mudah untuk digunakan. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang memiliki Nvidia Graphics Card.

Kalian dapat menggunakan Nvidia ShadowPlay di aplikasi GeForce Experience secara gratis. Aplikasi perekam layar ini paling mudah, dengan GeForce Experience yang sudah terpasang dan kalian cukup tekan “Alt + Z” untuk memulai perekaman.

Kamu juga bisa mengaturnya sesuai kebutuhan yang diinginkan. Seperti, kalian hanya ingin untuk merekam saja dan bisa langsung di simpan pada folder yang kalian mau. Atau bisa juga, Vfriends ingin menyiarkannya langsung ke Youtube.

Nvidia ShadowPlay memungkinkan kalian merekam hingga resolusi 4K dan 60 frames per detik. Ini menunjukkan bahwa, aplikasi ini tidak hanya mudah untuk digunakan. Akan tetapi, Nvidia ShadowPlay dilengkapi video yang berkualitas tinggi.

Aplikasi Perekam Layar Fraps

aplikasi perekam layar

Sementara, aplikasi perekam layar Fraps paling dikenal sebagai utilitas yang sangat memperhitungkan framerate. Aplikasi ini juga merupakan alat perekam gameplay yang sangat mudah untuk digunakan.

Fraps memungkinkan Vfriends untuk merekam alur permainan dengan menekan satu tombol, dan memiliki pengaturan khusus untuk perekaman 60-fps, 50-fps dan 30-fps.

Namun, ada satu masalah lagi yang kalian bakal temui. Jika kalian mengunduh pada versi gratis, Fraps akan meninggalkan tanda air (watermark) pada video yang sudah direkam. Tapi jangan khawatir, Vfriends bisa mengunduh aplikasi perekam layar Fraps versi Full sekaligus beserta crack-nya.

Windows 10 DVR Game

Untuk pengguna Windows 10 harap bersenang hati. Karena, di sini Windows 10 menyediakan sistem operasi perekam gameplay yang sangat mudah digunakan. Sistem operasi ini dinamakan “DVR Game built-in”.

Vfriends dapat membuka aplikasi perekam layar ini pada Game Bar di Windows 10 hanya dengan menekan “Win + G”, dan kalian bisa mulai merekam dengan menekan tombol rekam merah besar. Hampir sama dengan Nvidia ShadowPlay, DVR Game disini mempunyai fungsi yang memungkinkan merekam momen mengagumkan pada saat kalian bermain.

DVR Game sendiri, mendukung resolusi 1080p dan perekaman 60-fps, dan memiliki banyak pengaturan yang dapat disesuaikan. Termasuk volume mikrofon, kualitas audio, dan kemampuan untuk menangkap atau menyembunyikan kursor mouse kalian dalam video.

AMD Radeon ReLive

Selanjutnya, AMD Radeon Relive yang setara dengan Nvidia ShadowPlay. Yang menjadi pembeda, kamu harus memiliki Radeon Graphics Cards untuk bisa merekam dengan mudah.

Seperti Nvidia ShadowPlay, AMD Radeon ReLive memiliki 1080p / 60 fps (dan dapat merekam dengan resolusi 4K / 30 fps untuk kartu AMD tertentu). Serta overlay yang mudah digunakan, yang memungkinkan kalian mengambil tangkapan layar, merekam video, dan memulai streaming dengan sekali klik untuk setiap perekaman yang kamu mau.

Plays.tv

Terakhir, jika kalian memang suka untuk membagikan gameplay yang sudah kalian rekam, aplikasi ini sangat cocok untuk kalian. Cara menggunakan Plays.tv sangat mudah dan kalian bisa mengedit hasil rekaman gameplay sebelum diunggah.

Plays.tv menawarkan sejumlah pengaturan yang dapat disesuaikan, termasuk penempatan webcam, penyimpanan nama pengguna, serta resolusi, pengaturan framerate and bitrate.

Nah, sekian dari penulis semoga bermanfaat beberapa aplikasi perekam layar PC yang telah diberikan dan semoga Vriends dapat mengaplikasikannya dengan baik.

Baca juga : Aplikasi Edit Video Terbaik dan Gratis untuk Windows
.