Game merupakan media hiburan apabila pikiran sedang lelah yang bisa membuat para pemain melupakan sejenak tentang pekerjaan. Selain itu game juga bisa menjadi tempat komunikasi dengan para pemain yang lain tentu hal tersebut sangat positif.

genre game pun bermacam-macam mulai dari action hingga strategy. Namun pada beberapa tahun yang lalu genre MOBA lah yang sangat di gemari oleh para gamers dikarenakan dibutuhkan skill dan kekompakan tim. Game seperti Arena of Valor, Dota 2 hingga League of Legend merupakan game yang sering banyak di mainkan oleh para gamers.

Namun disamping memiliki dampak positif seperti melatih komunikasi dan kekompakan dalam tim game MOBA sendiri dapat memberikan dampak buruk kepada pemainya apabila gamers memainkanya terlalu berlebihan. Berikut 5 Dampak buruk bermain game MOBA :

5. Lupa Waktu

Game moba memiliki konsep pertarungan team 5 vs 5 dengan para player lain. Game ini memiliki tujuan untuk menghancurkan base musuh apabila ingin menyelesaikan permainan.

Namun terkadang para player sering lupa waktu apabila memainkan game ini dikarenakan para player akan merasakan ketagihan apabila sudah memainkan satu match tentu hal ini akan berefek buruk pada pekerjaan hingga kuliah.

4. Kurang Sosialisasi

Selain bisa berdampak lupa waktu dalam memainkan game tersebut, game MOBA juga dapat berdampak kurang sosialisasi di dalam lingkungan sekitar dikarenakan gamers terkadang asyik dengan permainan. Sosialisasi tentu merupakan unsur paling penting yang harus dipenuhi oleh manusia terutama dalam memasuki fase remaja.

3. Kurang Tidur

Bagi yang memiliki waktu kerja hingga sore tentu game merupakan sarana refresing yang tepat apabila sedang mengalami hari yang buruk. Waktu yang sering digunakan untuk bermain game adalah malam hari namun hal ini bisa berdampak buruk.

Saking asyiknya bermain para gamers lupa untuk istirahat hingga pagi yang bisa mengakibatkan tidak fokus dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari.

2. Asyik Sendiri

Pernah mendengar istilah yang dekat menjadi jauh ?? situasi itulah yang kadang gamers selalu rasakan. Dikarenakan asik bermain game MOBA dengan teman online dan merasa tidak cukup bermain 1 hingga 2 match.

terkadang gamers menjadi acuh dengan lingkungan sekitar dikarenakan bermain game terutama keluarga tentu hal tersebut sangat berdampak buruk pada lingkungan sekitar.

1 . Toxic

Niatan untuk refresing terkadang gagal apabila kita mengalami kekalahan di dalam game MOBA tersebut. Dampak buruk yang akan dirasakan oleh para gamers adalah emosi dan toxic yang tentu sangat bisa merugikan diri sendiri hingga para player lain.

yang lebih buruk nya lagi apabila kita tidak bisa menahan emosi dan melampiaskan nya dalam kehidupan nyata.

Itu lah 5 dampak buruk bermain game MOBA. Setujukah para gamers dengan list tersebut ??