Resident Evil, siapa yang tak mengenal franchise game survival horror legendaris yang satu ini. Buat kamu para fans setianya pasti saat ini tengah hype menunggu remake dari Resident Evil 2 yang dikenal merupakan seri terbaik dari keseluruhan franchie ini. Sama halnya dengan penulis pribadi, yang sudah tidak sabar ingin segera memainkannya tanggal 25 Januari mendatang.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai 5 hal yang membuat Resident Evil 2 Remake ini begitu istimewa dan wajib untuk dicoba oleh semua gamer yang mulai tertarik untuk menjajalnya.

Dibangun Ulang Menggunakan RE Engine

Resident Evil

Melalui Resident Evil 7, Capcom telah membuktikan diri bahwa mereka mampu mengembangkan sebuah game dengan kualitas visual yang mengagumkan. Semua itu berkat dukungan RE Engine, Engine baru yang memang disiapkan Capcom untuk jajaran game AAA miliknya.

Begitupun dengan Resident Evil 2 Remake, bisa kita lihat sendiri seberapa jauh loncatan visual dari game original-nya. Dari mulai environment, desain karakter, maupun para zombie dan monster yang akan kita jumpai sepanjang permainan dibuat serealistis mungkin supaya memberikan atmosfer horror yang lebih kental.

Suasana yang Lebih Mencekam

Resident Evil

Dari beberapa trailer yang telah dilepas oleh Capcom, kita bisa melihat sendiri bahwa Resident Evil 2 Remake ini menghadirkan suasana yang lebih mencekam dibandingkan game original-nya, bahkan menurut penulis sendiri nuansa horror-nya lebih terasa ketimbang Resident Evil 7.

Mengapa demikian? Karena setting tempatnya yang berada di kota Raccoon, tempat dimana persitiwa paling bersejarah di Resident Evil franchise terjadi. Peristiwa besar yang menyebabkan hampir seluruh warganya menjadi mayat hidup alias zombie yang mematikan.

Situasi kota yang kacau, banyak korban dimana-mana, dan tentunya zombie dan monster yang mengancam keselamatan kita sepanjang permainan akan semakin menambah suasana mencekam di Resident Evil 2 Remake ini.

Cerita Sama Tetapi Lebih Baik

Masih mengisahkan perjuangan para karakter utamanya yaitu Leon S. Kennedy, Claire Redfield, dan Sherry Birkin yang mencari jalan keluar dari kota Raccoon sembari mengungkap misteri apa yang sebenarnya terjadi di kota ini, nantinya Leon juga akan bertemu dengan tokoh ikonik lainnya yaitu Ada Wong yang memiliki agendanya sendiri.

Resident Evil 2 Remake memiliki jalan cerita yang sama seperti di versi original-nya, bedanya disini Capcom terlihat lebih serius dalam menggarapnya, dimana beberapa skenario baru akan ditambahkan agar jalan ceritanya lebih lengkap. Latar belakang cerita para karakternya pun akan disempurnakan, membuat penulis yakin bahwa Resident Evil 2 Remake ini tidak akan mengecewakan.

Third Person Perspektif

Resident Evil

Berbeda dengan versi original-nya yang masih menggunakan fixed camera angle dalam gameplay-nya, di Resident Evil 2 Remake ini kita akan disuguhi gameplay yang lebih modern yaitu third-person perspektif atau juga bisa dibilang over the shoulder camera angle.

Angle camera akan sama dengan di Resident Evil 4, 5, dan 6 membuat kita bisa lebih leluasa dalam bergerak dan menghindari segala macam ancaman yang ada. Perubahan ini juga dirasa Capcom merupakan keputusan terbaiknya agar game ini terasa relevan di era moden.

2 Skenario Cerita, 4 Playable Character

Resident Evil

Mengikuti versi original-nya, game ini akan memiliki 2 skenario cerita yang berbeda yaitu cerita Leon S. Kennedy dan Claire Redfield.

Skenario Leon menceritakan hari pertamanya menjadi seorang anggota kepolisian di kota Raccoon yang berujung bencana. Ia terjebak di kota yang telah dipenuhi zombie dan monster berbahaya yang mengancam hidupnya, membuatnya harus bertahan hidup hingga menemukan jalan keluar dari kota tersebut. Berbeda dengan di Resident Evil 4 dan 6, Leon disini masihlah sangat muda dan belum berpengalaman, ia memilih menghindar daripada menyerang secara membabi-buta seperti di seri-seri berikutnya.

Disepanjang permainan, Leon akan bertemu dengan para karakter yang nantinya akan kita mainkan juga yaitu Claire, Sherry, dan Ada Wong. Ada Wong akan punya peranan penting di skenario Leon, dimana nantinya ia akan menggantikan Leon di beberapa sesi permainan.

Resident Evil
Ada Wong akan menggantikan Leon di beberapa sesi permainan

Skenario Claire menceritakan kisahnya mencari sang kakak yaitu Chris Redfield yang dikatakan berada di kota Raccoon. Sama halnya dengan Leon, Claire terjebak di kota ini membuatnya harus bertahan hidup dari serangan zombie dan monster yang memenuhi kota tersebut. Ia kemudian akan bertemu dengan Sherry Birkin, seorang anak kecil yang juga berusaha untuk menghindari ancaman para zombie di kota ini.

Sherry sendiri merupakan anak dari ilmuan yang menyebabkan seisi kota Raccoon menjadi zombie. Kita sebagai player nantinya akan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di kota ini lewat perspektif Sherry Birkin menggantikan Claire.

Resident Evil
Kita akan mengungkap lebih banyak misteri di kota ini menggunakan Sherry Birkin

Konsep ini membuat waktu bermain dari game ini lebih panjang dan diharapkan mampu memenuhi segala ekspektasi para fans sekaligus mengundang gamer baru agar tertarik juga untuk menjajalnya.

Itulah 5 Hal yang Membuat Resident Evil 2 Remake Istimewa menurut penulis, sejak pertamakali diumumkan oleh sang produser Yoshiaki Hirabyashi tahun 2015 lalu, bahwa projek remake yang selama ini diinginkan oleh fans sedang dalam proses pengembangan, banyak fans yang terharu gembira mengetahuinya.

Sebuah game penuh kenangan yang dibuat ulang menggunakan teknologi saat ini dengan beberapa penyempurnaan itulah Resident Evil 2 Remake. Mudah-mudahan saja tidak mengecewakan dan bisa menjadi sebuah game yang sempurna baik itu dimata para fans-nya maupun gamer baru. Sekian dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.