Kalau membandingkan Indonesia dengan Korea Selatan tentunya ibarat bumi dan langit kalau berdasarkan sumber daya alam, tapi kenapa sih kok Korea Selatan keliatan lebih maju dibandingkan Indonesia? Berikut beberapa kebiasaan orang Korea dan alasannya, Cekidot!

Pada jaman dahulu tepatnya taun 1950, Korea Selatan masih menjadi salah satu negara termiskin di dunia, boleh dibilang sama miskinnya dengan negara-negara Afrika dan sebagian besar negara Asia, bahkan masih tertinggal oleh tetangganya Korea Utara, segi perekonomiannya pun masih mengandalkan sektor pertanian.

Tidak seperti Indonesia, bahkan Korea Selatan pun benar-benar miskin sumber daya alam, apalagi akibat kependudukan Jepang yang hampir menduduki sebagian penuh negara Asia pada jaman itu dan perang saudara antara Korea yang melanda, membuat negri ini nyaris hancur, namun ternyata kini negri ini semakin maju dalam berbagai bidang bahkan hampir bisa menyamai Jepang.

Sebenarnya apa sih yang menjadikan Korea Selatan lebih maju dibandingkan Indonesia? Padahal dari berbagai aspek, terutama sumber daya alam berbanding jauh sekali. Apa sih sebernanya yang membuat negara ini maju, ada beberapa kebiasaan orang korea yang patut ditiru:

Disiplin Merupakan Salah Satu Kebiasaan Orang Korea

1. Kedisiplinan
Orang-orang di Korea terkenal dengan kedisiplinannya, bahkan seorang yang sudah menjadi bos saja selalu datang lebih pagi dibanding pekerja lainnya dan tidak sungkan untuk membersihkan kantornya sendiri.

Jujur Dan Setiap Tindakan
Jujur Dan Setiap Tindakan

2. Kejujuran
Orang-orang Korea tidak suka berbohong dan selalu jujur dalam setiap kesehariannya, contohnya apabila menemukan dompet di dalam kereta, orang-orang disana tidak mengambil dompet tersebut tapi mengembalikannya ke kantor polisi agar dapat ditemukan kembali oleh pemiliknya.

Kerja Keras Tak Akan Pernah Menghianati Siapapun

3. Kerja Keras
Kebiasaan orang Korea, kalau mau hidup enak maka harus berjuang sekuat tenaga supaya sukses. Sementara di Indonesia, banyak orang yang cenderung suka menunda-nunda waktu dan bermalas-malasan, bahkan membuang waktu untuk hal tidak penting.

 

 

Selalu Dapat Memilih Keputusan

4. Percaya roda kehidupan
Orang Korea percaya bahwa roda kehidupan itu selalu berputar. Setiap hari di Korea selalu dikasih pilihan untuk menentukan arah hidup. Jadi kalo salah melangkah, maka akan mengganggu jalan berikutnya. Jadi, dibiasakan bagaimana seharusnya melangkah, dan berpikir tentang apa yang harus dilakukan.

5. Nasionalisme yang tinggi

Berbeda jauh antara Korea dan Indonesia ialah tingkat nasionalismenya yang tinggi, apabila orang Korea ditanya lebih baik mana Hyundai dan Toyota, mereka tentu menjawab Hyundai walaupun kualitasnya lebih baik Toyota mereka memilih Hyundai produk asli negri mereka, Ketika mereka ditanya Samsung atau Sony, Walaupun pada saat itu Samsung belum sebaik sekarang, mereka menjawan Samsung, Ketika ditanya salah satu band k-pop mirip dengan salah satu band tertentu mereka tidak menjelek jelekan band k-pop tersebut, itu lah Nasionalisme yang benar-benar tinggi dari orang-orang Korea. Berbeda jauh dengan Indonesia, tidak cinta produk dalam negri, dan ketika ada grup band asal Indonesia pasti kerjaan utama kebanyakan orang Indonesia itu mengkritik dan menjelek jelekan bukannya mendukung supaya lebih baik kedepannya.

Namun tentu saja dibalik semua ini, tidak semua orang Korea seperti itu, tidak ada sesuatu yang sempurna, dibalik semua kelebihan tentu mempunyai kekurangannya sendiri, oleh karena itu tidak baik juga terlalu menelan mentah-mentah apa yang sudah disampaikan ada baiknya dicerna dan dibumbui terlelbih dahulu 🙂