Siapa yang tidak kenal game Grand Theft Auto (GTA)? Game yang (sudah) bisa di kategorikan sebagai game legendaris ini sangat sukses dan menjadi pionir game open world yang kemudian diikuti oleh banyak game.

GTA juga menawarkan kebebasan tanpa batas kepada player untuk mengeksplorasi semua penjuru kota yang ada dalam game ini.

Walaupun menjadi game “wajib” bagi gamers, GTA juga tidak luput dari kekurangan. Ada beberapa seri dari game ini yang tidak begitu baik.

Berikut daftar 5 seri Grand Theft Auto terburuk yang pernah ada. Daftar ini dinilai berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari senjata, kendaraan, hingga misi dan juga narasi.


GRAND THEFT AUTO: ADVANCE

Tanpa mengesampingkan spesifikasi hardware yang terbatas, seri GTA di Gameboy Advance ini bisa dibilang mimpi buruk. Bisa dilihat dari animasi yang patah-patah dan bikin pusing.

Meskipun GTA di Gameboy Advance mungkin hanya selingan (bukan proyek yang dikerjakan benar-benar serius) pasti ada cara yang lebih baik untuk membuat game ini menjadi lebih baik.

Padahal GTA Advance dirilis tahun 2004, 3 tahun setelah GTA III yang bisa diklaim lebih baik daripada seri ini.


GRAND THEFT AUTO IV

GTA IV menampilkan karaker yang mengganggu dan menyebalkan yang pernah dibuat untuk GTA, dan itu merupakan kekecewaan yang cukup besar terhadap seri ini.

Selain itu, langit yang hambar, pergerakan yang kaku (apalagi ketika menembak) menambah kekurangan seri ini. Alih-alih mendorong seri ini lebih baik dari seri sebelumnya, justru seri ini membuat para fans dari GTA kehilangan hasrat bermainnya.

GTA IV sudah sepantasnya masuk kederetan seri GTA terburuk yang pernah ada.


GRAND THEFT AUTO

Langkah awal merupakan langkah untuk beberapa langkah di masa mendatang. Tidak habis pikir GTA yang begitu fenomenal lahir dari sebuah “langkah” buruk seperti ini.

Biasanya, seri pertama dari sebuah game cukup untuk menjadi sebuah keputusan apakah akan dibuat kelanjutannya atau tidak. Ketika GTA pertama lahir, sepertinya kelanjutannya tidak pernah akan dibuat.

Kamera yang membuat mual karena terus menerus membesar dan mengecil, kendaraan yang bergerak terlalu cepat untuk dikuasai dengan tingkat akurasi yang tinggi sekalipun, dan pertarungan yang kaku.

Namun satu yang pasti, tidak akan ada GTA yang fenomenal seperti saat ini kalau tidak ada game GTA pertama ini. Ya walaupun untuk mengingatnya saja tidak mau sih.


GRAND THEFT AUTO: LONDON 1961 & 1969

Sebuah expansion pack yang hadir untuk melengkapi GTA pertama di PlayStation. Namun sayangnya Grand Theft Auto: London 1961 maupun London 1969 tidak menghadirkan perubahan ditambah tidak memiliki cerita yang jelas.

Seri ini merupakan GTA pertama yang memasukkan unsur menembak sambil berkendara.

Meskipun mempunyai kekurangan yang sama dengan GTA pertama, narasi dibuat dengan sangat bagus baik di London 1961 maupun London 1969.


GRAND THEFT AUTO III

Ketika fans dari GTA mulai menyukai game ini, rasanya mereka sepakat menunjuk seri ketiga ini sebagai “awal”. Bagaimana tidak, GTA III merupakan GTA pertama yang menampilkan grafik tiga dimensi dan lingkungan open world.

Sayangnya, seri ketiga ini belum memiliki apa yang gamers harapkan. Meski begitu, masih bisa dimaklumi karena seri ini merupakan sebuah transisi besar yang dilakukan oleh Rockstar Games.

Dengan keluar dari zona aman dari seri-seri sebelumnya, GTA III layak lebih ingat dibandingkan GTA pertama dan juga cikal bakal dari game dengan konsep open world.


Walaupun dari daftar ini ada dari kalian yang tidak setuju, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki selera dan pandangan masing-masing terhadap game ini, jadi bagi yang tidak setuju silahkan tulis di kolom komentar seri Grand Theft Auto yang kalian anggap buruk.