Tahun 2018 hampir berakhir, dimana tahun ini bisa dibilang merupakan salah satu tahun paling istimewa bagi para gamer. Bagaimana tidak? Dibuka dengan game-game berkualitas yang rilis bulan Januari seperti Dragon Ball FighterZ, dan Monster Hunter World hingga rilisnya game-game yang paling diantisipasi sekelas God of War, Marvel’s Spider-Man, dan Red Dead Redemption 2 dipertengahan hingga akhir tahun 2018 ini adalah alasan utamanya.

Game-game tersebut tidak hanya menarik dari segi cerita dan gameplay-nya saja, bahkan beberapa diantaranya juga menghadirkan soundtrack paling memorable yang rasanya sulit untuk dilupakan. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini penulis akan merangkumnya dalam “5 Soundtrack Game Paling Memorable Tahun 2018.”

Monster Hunter World “Driven by the Stars” 

Monster Hunter World bisa dibilang merupakan sebuah game impian para fans selama ini, tidak hanya menghadirkan sensasi pengalaman berburu monster terbaiknya, game ini juga menghadirkan visual paling indah dibandingkan seri sebelumnya karena memang diracik untuk platform generasi saat ini. Cerita yang dihadirkan juga begitu menarik yang kali ini dilengkapi pengisi suara setiap karakternya.

Tidak hanya itu saja, Monster Hunter World juga hadir dengan soundtrack epik hasil karya kolaborasi komposer Tadayoshi Makino, Zhenlan Kang, Akihiko Narita, Yuko Komiyama, dan Masato Kouda. Dan dari sekian banyaknya soundtrack yang ada, musik orkestra berjudul driven by the stars menjadi sebuah soundtrack yang begitu memorable menurut penulis.

Sensasi epik yang dihadirkan dari alunan musik ini mampu membuat kita begitu hype untuk segera memainkan kembali game yang satu ini. Maka tidak aneh jika “driven by the stars” ini dijadikan musik pembuka untuk Monster Hunter World itu sendiri.

Ni no Kuni II: Revenant Kingdom “Overworld Theme”

Seri pertama yang tak kunjung hadir di platform generasi saat ini meskipun telah menuai pujian dari berbagai reviewers hampir membuat gamers yang penasaran ingin memainkan Nin no Kuni putus asa karena game ini hanya rilis di satu konsol saja yaitu PlayStation 3. Namun rasa penasaran itu pun akhirnya terobati dengan rilisnya Ni no Kuni II: Revenant Kingdom di PlayStation 4 dan juga PC.

Tidak hanya hadir dengan Jalinan cerita menarik, dan visual khas animasi Studio Ghibli-nya yang begitu indah saja, game ini juga menghadirkan soundtrack yang tak kalah memorable karya komposer Joe Hisaishi.

Overworld theme salah satunya, alunan musik yang didominasi dengan alat musik flute ini memberikan sensasi relaksasi sendiri saat mendengarkannya.

Marvel’s Spider-Man “Spider-Man”

Marvel’s Spider-Man, rasanya tidak berlebihan jika game buatan Insomniac ini dikatakan sebagai game adaptasi Spider-Man terbaik yang pernah ada selama ini. Selain mampu menghadirkan jalan cerita yang pantas disejajarkan dengan film dari Marvel Cinematic Universe, Insomniac bahkan telah berhasil menghadirkan sensasi web-swinging atau berayun layaknya Spider-Man yang tidak pernah berhasil diimplementasikan di game adaptasi Spider-Man lainnya.

Apalagi disepanjang permainan kita akan mendengar soundtrack karya komposer musik John Paesano yang terdengar heroik dan semakin memberikan kesan superhero yang kental dalam game ini.

Soundtrack yang diberi nama “Spider-Man” ini sepertinya memang benar-benar diracik untuk menggambarkan sosok pahlawan super berkekuatan laba-laba yang siap melindungi kota New York dari ancaman kriminal dan penjahat super.

God of War “Overture”

Hadir dengan format baru disegala aspek menjadikan God of War ini sempat diragukan bahkan dicibir beberapa fans-nya. Dari mulai gameplay, setting tempat, dan gaya penceritaan yang dihadirkan dalam God of War ini benar-benar dirubah oleh sang developer.

Namun semua perubahan yang terhitung nekat diimplementasikan oleh Sony Santa Monica Studio ini ternyata berbuah manis sekaligus memberikan kesegaran tersendiri untuk franchise yang satu ini. Perubahan sifat dan kepribadian dari sang karakter utama Kratos yang kini lebih dewasa dan pemaaf ditambah hubungan keterikatannya dengan sang anak Atreus membuat cerita dalam game ini jauh lebih berkesan dibandingkan seri sebelumnya.

Semua itu semakin lengkap berkat soundtrack yang diracik untuknya karya komposer Bear McCreary, dan yang paling berkesan menurut penulis adalah “overture.”

Alunan musik epik ini seperti menandai awal baru kisah perjalanan hidup Kratos di tanah Norwegia yang notabene memiliki kisah mitologi yang berbeda.

Red Dead Redemption 2 “See The Fire in Your Eyes”

Bisa dikatakan sebagai sebuah game yang hadir dengan kualitas yang bahkan melebihi ekspektasi disegala sisi itulah Red Dead Redemption 2. Tema wild west yang dihadirkan ternyata bukan hanya sebagai pelengkap saja tetapi juga menjadi bagian penting dari cerita yang hendak dihadirkan Rockstar dalam game ini.

Menceritakan sebuah grup yang ingin hidup bebas tanpa terjerat dengan aturan hukum yang mulai ditegakkan oleh pemerintah dikala itu, hingga akhirnya melakukan segala macam cara untuk bertahan hidup, membuat game ini benar-benar memberikan penggambaran cerita yang mungkin saja benar-benar terjadi dimasa itu.

Apalagi penggambaran kehidupan sang tokoh utamanya yaitu Arthur Morgan, dari awal hingga akhir para player akan dikejutkan dengan perubahan sifatnya yang begitu manusiawi untuk ukuran sebuah karakter yang ada dalam sebuah video game.

Ditambah iringan soundtrack yang begitu memorable karya komposer Woody Jacksonmenjadikan game ini semakin berwarna, lagu bejudul “See The Fire in Your Eyes” adalah salah satunya.

Lagu ini seakan-akan menggambarkan perjuangan Arthur Morgan memastikan seluruh anggota grupnya yang sudah ia anggap keluarga sendiri pada akhirnya memiliki kehidupan yang layak, walaupun keadaan yang harus ia alami tidak berkata demikian.

Itulah 5 Soundtrack game paling memorable tahun 2018 ini menurut penulis, musik memang memberikan sentuhan warna tersendiri terhadap media apapun termasuk video game, karena seringkali kita mengingat momen menarik dalam suatu game dari musiknya. Sekian untuk artikel kali ini, dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.