Bermain game memang bagi sebagian orang dilakukan sebagai hiburan semata melepaskan penat disela-sela aktifitasnya yang padat. Bagi sebagian orang yang lain, bermain game itu merupakan kewajiban dan kegiatan yang harus ada dan dimasukkan kedalam list kegiatan mereka sehari-hari istilahnya ‘ga nge-game, ada yang kuraang‘, apa Vriends termasuk yang seperti itu?

Pada hakikatnya, bermain game untuk hiburan semata dapat menyeimbangkan pikiran dan juga memberikan efek positif bagi pemainnya. Tetapi tidak jarang orang yang bermain game terlalu sering bahkan kecanduan. Fase itulah yang terkadang membuat efek negatif dari bermain game-nya tersebut itu muncul.

Beberapa penelitian sudah dilakukan perihal kegiatan bermain game dari segi fisik dan psikis. Selain mengetahui dampak yang akan ditimbulkan, juga mencari solusi untuk mencegahnya. Dan berikut 5 Tips dan Trik yang telah dirangkum oleh tim VV:

1. Tahu Waktu dalam Bermain Game

Seperti yang VFriend tahu, bermain game itu sangat menguras waktu. Tidak jarang dalam bermain game itu menjadi lupa waktu dan mengganggu kegiatan yang terkadang memang harus dilakukan. Seperti tugas sekolah, membersihkan rumah, hangout bersama teman, bahkan kegiatan istirahat menjadi telat bahkan tidak dikerjakan. Hal ini yang menjadi masalah besar semua gamers didunia.

Tips dan triknya adalah manajemen waktu. hal ini harus ditaati secara sadar dan bertanggung jawab apabila diberlakukan, buatlah schedule time dari kegiatan sehari-harimu, termasuk kegiatan bermain game, sehingga keberhasilanmu menaati peraturanmu sendiri menjadi tolak ukur sebagai gamers sejati, yay!

2. Postur Tubuh

Bermain Game Sehat

Postur tubuh yang kurang baik dapat mempengaruhi keadaan fisik seseorang jika dilakukan sering dan berulang. Salah satu tanda dari kurang baiknya postur tubuhmu ketika bermain adalah sakit pegal dan bahkan merubah posisi tulang belakang dikemudian hari, hiih..

Tips dan triknya adalah ketahui ukuran badanmu, dengan menyetel kursi, sofa, atau tempatmu diam ketika bermain game, dibarengi dengan kalibrasi jarak pandang kamu pada layar dan ketinggiannya, kamu dapat meminimalisir dampak buruk yang terjadi pada tubuh kamu.

3. Menjaga asupan makanan dan minuman

Saat bermain game lapar dan haus itu wajar, namanya juga manusia hehe. Tapi asupan makanan yang tidak sehat malah dapat mengganggu kesehatan, dan menjadi penyumbang kenaikan berat badan atau obesitas.

Tips dan triknya adalah seringlah minum air putih yang cukup, karena tubuh yang dehidrasi dapat mengurangi fungsi otak secara sementara. Carilah makanan yang sehat, dan kurangi ngemil, karena memiliki kalori yang besar.

4. Streching and Break

Buat VFriend yang terus terpaku pada layar disepanjang permainan, harus mulai meninggalkan kebiasaan tersebut, karena memang selain daripada postur yang sesuai, peregangan dan jeda membuat tubuh memiliki waktu untuk mengkalibrasi dan melumasi sendi yang kaku setelah diam diselama permainan. Carilah waktu yang tepat dalam melakukan hal ini, seperti pada permainan online multiplayer battle, jeda diantara match bisa dimanfaatkan untuk streching dan break.

Ada tips khusus yang bisa VFriend lakukan, yaitu ‘rule20/20’. Cara ini dilakukan dengan berdiri dari kursi dan menjauh dua langkah kebelakang atau arah lainnya, lalu pandang benda disekitar dengan kejauhan sekitar 20 kaki(6 meter) selama 20 detik lamanya. Hal ini dapat memberikan kalibrasi dari mata dalam persepsi terhadap benda dan meminimalisir kerusakan otot siliaris mata yang berperan pada pengaturan ukuran retina.

5. Tahu Game yang Cocok

Selain daripada fisik, keadaan psikispun harus diperhatikan. Mengetahui apa game kesukaan kalian dan memfilternya menjadi salah satu cara untuk mencegah hal yang negatif memasuki pikiran Vriends sekalian. Banyak genre game yang menawarkan tindak kekerasan, seksual, dan berdarah-darah memang memiliki peran andil dalam membentuk karakter seseorang.

Tips dan triknya yaitu mencoba positif dalam memainkan permainan, memilih genre game yang tidak mengandung unsur negatif dan tindak kekerasan, sehingga pada akhirnya menjadikan kita pribadi yang positif merubah paradigma masyarakat terhadap gamers, terutama untuk VFriend yang membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi!