Kiamat sudah dekat! Begitulah reaksi masyrakat ketika banyak sekali wabah dan bencana yang terjadi disekitaran tanah, air, api, dan udara di bumi pertiwi kita, Indonesia. Banyakanya gunung meletus, menjamurnya eksibisionis di Instagram, sampai bencana alam dari lumpur lapindo yang nge-crot-in lumpur dengan eskalasi yang bukan main! Tunggu dulu! Memang betul lumpur lapindo bencana alam? Perisitwa kontroversial yang pada 29 Mei 2017 umurnya akan genap berulang tahun yang ke-11 ini penyelesaiannya kasusnya hampir sama dengan para keluarga yang di-PHP-in pada aksi Kamisan.

Kiamat
Aksi teatrikal oleh sekelompok sukarelawan di lokasi lumpur lapindo.

Setelah sedikit penat dan ngomongin kiamat-kiamatan mari kita geser sedikit ke bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan telah tiba, kegiatan yang disinyalir dapat menggenjot pahala pun banyak dilakukan oleh orang-orang yang menjalankannya. Untuk menyambut bulan yang penuh berkah, tiap orang menyiapkan berbagai manuvernya masih-masing untuk ngabuburit, tak terkecuali para gamer.

Bila kalian adalah salah satu gamer yang menjalankan ibadah puasa, otomatis kalian juga harus mengamini rukun iman yang jumlahnya ada enam. Masih ingat apa aja? Kalau sudah ingat mari kita pelototi sejenak rukun iman yang kelima, yaitu iman kepada hari kiamat. ‘Lha kok balik lagi ngomongin kiamat?’ Zzzz, katanya kalian beriman? Ya, kita harus mau mengamini kiamat yang ada di rukun iman dong!

Namun jangan takut dan jangan heran, kiamat yang kita omongin disini cuman kiamat-kiamatan dalam video game. Imaji tentang kiamat memang perlu, kenapa perlu? Supaya mengingatkan kepada kita para makhluk imanen bahwa dunia yang diciptakan oleh Sang Maha Transenden itu sangat jauh dari kata permanen.

Merefleksikan pengalaman dari video game memang penting, tentunya dengan porsi manajemen waktu yang harus bertanggung jawab dan semestinya jangan sampai menegasikan kegiatan kalian yang lain, seperti contohnya beribadah di bulan Ramadhan yang konon akumulasinya dapat membuat jiwa kita bukan semacam isapan jempol lagu Awkarin yang berbunyi “kalian semua suci, aku penuh dosa.”  Berikut daftar video game yang bisa bikin kamu ingat kiamat:

1. Left 4 Dead

 

kiamat
Gambar promosi dari Left 4 Dead.

Zombie apokalips adalah tema-tema yang memang sudah banyak digunakan dibelantara industri hiburan, tak terkecuali video game. Left 4 Dead adalah game yang cukup baik dan berbeda, walaupun kita mencoba menghilangkan unsur zombie dalam game ini, Left 4 Dead masih bisa menyuguhkan konsep komposisi Regu Tembak yang patut di acungi dengan kedua jempol secara serentak. Game ini memilik suguhan humor yang didandani secara muram, dan juga rasa tentang sisi-sisi kemanusiaan pun tetap hadir sehingga tak membuat Left 4 Dead sekedar esek-esek manusia yang melakukan pertahanan diri demi kelangsungan raga dalam jiwanya yang berkarat dalam dunia yang hampir kiamat terjerat zombie laknat.

2. Exogenesis ~Perils of Rebirth~

Terinspirasi oleh Ace Attorney and Zero Escape games, Exogenesis ~Perils of Rebirth~ adalah permainan petualangan/novel visual yang menggabungkan konsep permainan point-and-clik beserta petualangan yang menitik beratkan pada narasi-narasi cerita padat teks. Dalam dunia penuh kepelikan yang sengkarut nan bangkrut, pemain berperan sebagai seorang kakak yang mencoba untuk menyelamatkan adiknya yang mati dibunuh. Reruntuhan gedung, dan segala elemen-elemen pasca-modern yang lumutan dan kekeinian akan membikin kita sedikit berpikir bahwa apa yang akan terjadi pada kondisi dunia pada kala itu.

Mengapa tokoh utama tak ingin mengamini kematian adiknya? Bukankah kematian merupakan sebuah proses yang alami? Ibarat kita mengimani Qada dan Qadar, apakah ada arti tersembunyi dari perjuangan protagonis untuk menolak kematian adiknya yang akan memberikan jalan bagi kemanusiaan? Kemudaratan atau? Pastinya menarik jika kalian berpikir hal langitan dan profan secara bersamaan.

3. The Last of Us

Bercerita tentang dunia yang telah hancur karena infeksi suatu jenis wabah jamur (yang ujung-ujungnya mirip zombie). Joel dan Ellie memutuskan untuk bekerjasama berkeliling daratan Amerika yang populasinya kian lama kian menggila karena proses mutasi yang diakibatkan sang wabah mematikan. Dapatkah mereka menemukan secercah harapan yang bisa dijadikan penawar dari wabah tersebut?

Permainan ini seakan memberi beberapa penekanan tentang kondisi psikologis manusia yang dirudung bencana mahapetaka, tak hanya bertahan hidup, menembak, menyerang, dan lari, kita sebagai pemain wajib untuk berpikir dan menemukan jalan yang sepadan demi memecahkan masalah yang membebani umat. Tak butuh bendera dan atribut untuk berjihad demi kemanusiaan, sang protagonis pun berangkat tanpa sempat mencukur brewoknya.

4. Shin Megami Tensei: Devil Survivor Overclocked

Pasukan Iblis menyerang Tokyo, portal-portal dari dunia setan terbuka melalui suatu perangkat lunak yang bernama Demon Summoning Program, menurut suara-suara gaib dalam narasi permainan, Tokyo adalah pusat dari awal dimulainya rentetan kiamat. Dalam beberapa kisah biblikal, Tuhan menciptakan dunia dalam waktu 7 hari, dan peristiwa Tokyo Lock-down adalah rentetan kehancuran dunia dalam 7 hari. Kita sebagai pemain diberi waktu 7 hari untuk mencegah kiamat, kenapa harus kita? Karena dalam cerita ini kita akan beperan sebagai reinkarnasi dari Habil (Abil) yang kisah asli tentang hidupnya terdapat dalam surat al-Maidah ayat 27-31.

Kiamat
Habi (Abel)l dan Qabil (Cain) versi Shin Megami Tensei: Devil Survivor.

Semua penggambaran dan narasi cerita dalam permainan ini tentu saja disuguhkan dari sudut pandang budaya populer Jepang, jadi ya gak usah baper dan menganggap itu penistaan ya para pembaca virtual verbal. Kalau kamu tahu unsur mana yang palsu dan sudah terasimilasi, tentunya kamu tahu yang mana unsur yang baik nan asli dan bisa kalian akumulasikan menjadi amalan, betul apa betul?

5. Plague Inc: Evolved

Permainan ini bukan saja membuat kalian mengingat kiamat, namun kalian dituntut menjadi agen pembawa kiamat tersebut. Dengan cara apa? dengan cara membuat, mencari, mencocokan, mengembangkan tumpukan riset menjadi virus mematikan yang bertujuan untuk memusnahkan umat manusia sampai tuntas.

kiamat
Suasana dalam permainan Plague Inc: Evolved.

Kalian akan merasakan bagaimana sensasi sebagai pembuat Kiamat Sugra bagi para umat manusia dengan cara membunuh semua makhluk yang bernyawa dengan memanfaatkan ilmu-ilmu pengetahuan seperti bioteknologi, biologi molekular, biologi kuantum dll.


Renungan

Tak ada jalan tunggal menuju kebenaran, namun jangan terlalu terlena dalam bermain video game kawan, mumpung kita masih bisa menikmati bulan Ramadhan. Meminjam potongan kalimat dari novel The Brothers Karamazov, “Sebab rahasia keberadaan manusia bukanlah untuk sekedar hidup, tetapi hidup untuk sesuatu yang Mutlak. Tanpa suatu pengertian yang teguh tentang apa tujuan hidupnya, manusia tidak akan menerima kehidupan dan sebagai gantinya akan menghancurkan dirinya ketimbang tetap berada di bumi ..”