Sekarang udah tahun 2017, dan perkembangan games dan teknologinya makin maju, console nya makin oke, games nya makin kece. Tapi untuk generasi milenial sekarang pasti engga akan tahu apa aja yang dialamin gamers lawas. Banyak hal unik dan menarik yang cuma bisa ditemuin di era games yang masih ‘seadanya’. Apa aja? Nih kita kasih tahu, 6 hal yang dialami gamers lawas.


Tiup Cartridge Biar Games Bisa Jalan

Sumber: laguiadelvaron.com

Sekedar info, dulu jamannya Super Nintendo atau SEGA Genesis games nya itu berbentuk cartridge, bukan CD/DVD/Bluray atau bahkan data yang di copy ke hardisk seperti yang ada di console saat ini. Engga tau dari mana asal usulnya, yang jelas ‘ritual’ ini bakal dilakuin sama gamers yang engga bisa masuk ke gamesnya. Cabut cartridgenya, tiup cartridgenya sampai jontor, pasang lagi deh cartridgenya. Bukan sulap bukan sihir gamesnya bakal jalan lagi.


Standby Mode

Sumber: 9gag.com

Save games waktu jamannya Nintendo dan SEGA juga belum ada bro. Otomatis kalau kita mau namatin games ya harus main nonstop daripada ngulang dari awal. Lagi asik main, disuruh belajar, atau ngantuk, pilihan yang ada saat itu cuma 1, standby terus console nya sampai main lagi! Nyusahin dan ngehabisin listrik banget, tapi daripada ngulang dari awal engga tamat-tamat gamesnya?


Gangbang Memory Card

Sumber: psx-scene.com

Masuk ke jamannya PlayStation dimana games bisa di save pakai memory card. Demam save games bikin kita engga perlu standby mesin kaya point nomer 2 di atas. Rental PS mulai muncul dimana-dimana, yang engga punya PlayStation bisa ‘numpang’ main di rental dengan modal beli memory card aja (uang buat bayar rental juga pastinya) udah bisa namatin games favorit di rental manapun.


Cotton Bud Sang Penakluk Lensa

Sumber: thepriors.idps.co.uk

Beda lagi buat yang punya PlayStation dirumahnya. Masalah yang dialami kebanyakan lemah lensa atau CD games yang engga jalan. Kalau CD sih ada cairan pembersihnya, selama CD nya engga banyak goresan, masih bisa dimainin. Gimana kalau lensa yang lemah? Lagi-lagi ‘ritual’ yang engga tau darimana asalnya, lensa yang ada di tengah PlayStation dibersihin pakai cotton bud. Pernah coba?


Buku Walktrough Penyelamat Stuck Gamers

Sumber: tokopedia.com/labx/

Jamannya internet masih kosong delapan kosong sembilan delapan sembilan empat kali, Telkomnet Instan yang mahal dan lambat, buku walktrough merupakan satu-satunya jalan buat mecahin otak yang udah stuck mainin games yang udah engga tau mesti kemana gimana dan ngapain. Di buku walktrough juga dibahas lengkap soal quest item, map, shortcut, sampai kepribadian cewe yang diincer di game Harvest Moon.


All Hail, GameShark!

Sumber: bottomstation.blogspot.co.id

Kalau Cheat jaman sekarang sudah mulai jarang ditemuin di games terbaru, dulu ada ‘Si Hiu’ yang bikin main game makin asik. Kenapa makin asik? Di GameShark banyak kode-kode yang bikin games bertambah fiturnya, atau bikin karakter di games bertambah kemampuannya. Bahkan di setiap majalah games yang dirilis saat itu pasti selalu ada kolom GameShark atau melayani request kode GameShark.