Animasi 2D – Banyak dari kalian, pasti ada yang menanyakan gimana sih cara membuat animasi atau kartun? Apa aja yang harus digunakan? Aplikasi apa yang cocok untuk pemula? Kenapa sih mereka keren-keren membuat animasi-nya?

Oke, penulis akan kasih tahu beberapa aplikasi untuk membuat animasi 2D. Sebelumnya, penulis akan memberitahu animasi adalah sekumpulan gambar yang dibuat agar menghasilkan gambar bergerak. Gambar tersebut disusun secara teratur agar mengikuti gambar-gambar sebelumnya.

Nah, kalau animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Sekarang Vriends tau arti dari keseleruhan animasi 2D dan sekarang kita lihat aplikasi apa saja yang bisa untuk membuat animasi 2D.

Adobe Animate (sebelumnya dikenal sebagai Flash)

Mungkin aplikasi animasi 2D ini paling popular, Adobe Animate memiliki garis panjang pembuatan animasi. Aplikasi ini berbasis vektor, sangat intuitif untuk digunakan (seperti sebagian besar program Adobe) dan relatif murah. Sangat bagus untuk Vriends memulai dengan membuat animasi 2D.

Adobe Animate bukan merupakan aplikasi yang disarankan untuk pembuatan animasi profesional. Akan tetapi, kalian masih bisa membuat hasil animasi yang luar biasa dengan memakai aplikasi ini.

Adobe Animate tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

Adobe After Effect

Adobe After Effect menjadi pilihan yang menarik untuk pembuatan animasi 2D. Penulis memberikan saran menggunakan aplikasi ini, jika Vriends sudah merasa nyaman menggunakan Adobe, tetapi itu masalah preferensi atau pandangan dari kalian. Karena, aplikasi ini bisa juga di aplikasikan dengan dalam pengeditan video.

Adobe After Effect tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

Toon Boom HarmonyAnimasi 2D

Toon Boom menawarkan serangkaian program animasi yang memiliki Rigging System yang canggih, bisa membuat banyak efek, dan peralatan kamera yang mendungkung untuk pembuatan animasi. Aplikasi ini berbasis vektor, tetapi versi yang lebih maju dan juga memiliki opsi untuk gambar bitmap.

Toon Boom sendiri menawarkan paket berbeda untuk harga yang berbeda. Paketnya adalah Harmony Essentials, Harmony Advanced, dan Harmony Premium. Bagi penggemar animator, penulis menyarankan memilih paket Essentials yang tidak terlalu mahal.

Toon Boom Harmony tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

TVPaintAnimasi 2D

Aplikasi untuk membuat animasi yang berasal dari Perancis ini sangat cocok untuk pembuatan animasi 2D. TVPaint ini biasa digunakan oleh para animator dan studio profesional.

TVPaint tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS
  • Linux

Photoshop

Animasi 2D

Photoshop sering diabaikan ketika mempertimbangkan aplikasi apa yang cocok untuk membuat animasi. Tetapi kenyataannya, kemampuan aplikasi ini dalam menggambar sangat menjadi pilihan yang bagus untuk membuat animasi bergaya Disney. Fungsi timeline Photoshop memungkinkan Vriends dapat menggambar frame demi frame dengan menggunakan pengetahuan dasar-dasar yang telah dipelajari sebelumnya.

Photoshop tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

Moho (Anime Studio)

Animasi 2D

Kalau Vriends suka dengan animasi bergaya anime, aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kalian. Moho adalah paket animasi 2D lengkap yang dapat menghasilkan animasi tradisional, animasi potongan dan animasi gaya anime. Aplikasi ini memiliki sistem yang kompleks seperti rigging dan bahkan dapat mendukung mesin Unity.

Moho menawarkan dua paket, Debut dan Pro. Debut adalah untuk para penggemar dan pemula, sementara untuk Pro menawarkan alat-alat yang paling canggih dan biasa digunakan animator profesional.

Moho tersedia untuk:

  • Windows
  • Mac OS

Membuat animasi tidaklah sulit, cukup kalian mengerti dasar-dasar dari penggunaan aplikasi untuk membuat animasi. Tetapi, ada satu hal yang penting harus diingat Vriends. Disini aplikasi hanyalah sekedar alat atau perantara yang cuma untuk membantu Vriends dalam membuat animasi.

Jadi, kalian sendirilah yang harus bisa mempelajari dan menguasai dasar-dasar dari cara membuat animasi itu sendiri. Dengan ketekunan dan kemauan belajar, kalian pasti bisa membuat animasi yang bagus dan berkualitas. Sekian dari penulis, semoga artikel ini bermanfaat. Tetap semangat dan kalian pasti bisa melakukan apa yang kalian mau.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Animasi 3D
.