Perkembangan  games saat ini memang sudah sangat berkembang pesat Vriends. Entah itu game konsol, game mobile, ataupun game PC, semuanya telah melaju dengan sangat pesat. Untuk game konsol sendiri sudah sangat berkembang di era milineal nih Vriends. Dari grafik pixel dengan gameplay yang simpel dan mudah dimengerti oleh para gamer, sampai grafik photorealistic dengan gameplay yang lebih kompleks.

Nah Vriends, game console sendiri sudah ada sejak 1960-an. Karena perkembangan game begitu maju apa aja sih perbedaan dari game konsol zaman dulu hingga sekarang? Berikut 7 perbedaan game konsol jadul dengan masa kini?

7. Gameplay

Game konsol jadul biasanya lebih ke gameplay permainan yang cukup sederhana dan mudah dimengerti oleh para gamer dan itulah alasan banyak game konsol jadul yang memberikan kesan mendalam sehingga para gamer ingin memainkannya kembali.

Sedangkan game konsol sekarang, gameplaynya lebih Open World yang dimana para pemainnya bisa menjelajahi dunia games tersebut dengan cerita game yang sangat kompleks.

6. Musik/Audio

Elemen musik/audio dalam game merupakan salah satu yang paling penting. Musik dan audio pun bisa menjadi ciri khas suatu game. Dulu musik maupun audio dibuat dengan irama yang keren tapi mudah diingat, tapi sekarang musik maupun audio dibuat sekompleks mungkin dan juga keren tapi agak sulit untuk diingat.

5. Ukuran file

Bila dulu ukuran file untuk game yang berkualitas 1GB itu adalah ukuran tertinggi, maka sekarang ukuran game 50-300GB adalah ukuran yang wajar. Pasalnya bila kita disajikan game dengan grafik yang keren, hingga musik yang keren, maja wajar apabila ukurannya sangat besar.

4. Multiplayer

Fitur Multiplayer sangat erat dengan game console. Kebanyakan fitur ini menggunakan split-screen. Fitur yang awalnya 2-player split-screen menjadi 4-player split-screen. Dan sampai akhirnya era internet datang dan mengubah semuanya menjadi online.

Sayangnya banyak Pengembang Game yang membuang fitur split-screen dan lebih fokus ke fitur online, padahal fitur split-screen sendiri sangat dirindukan oleh para veteran gamer yang sudah bermain sejak jaman NES. Dan fitur ini sendiri lebih menyenangkan daripada kita harus berbicara di mic yang terasa tidak nyata.

3. Genre Game

Game memiliki masanya sendiri genre yang paling populer. Jikalau dulu genre game RTS atau Real Time Strategy, Adventure, Puzzle, Racing, sampai RPG sangat digemari banyak orang. Tapi sekarang genre game Battle Royale dan juga MOBA sangat populer, dan memungkin paling cepat 5 tahun genre game ini tidak akan beken lagi.

2. Kesan Game

Di era milenial sekarang hampir tidak ada game konsol yang memberikan kesan berlebih kepada para gamer. Tidak seperti jaman dulu banyak game konsol yang memberikan kesan mendalam sehingga para gamer ingin memainkannya kembali, seperti game Mario Bros, Pac-Man, Street Fighter, sampai GTA San Andreas.

1. Grafis

Penampilan Kobe Bryant di NBA Video Games Pertama dan Terakhir

Dengan teknologi yang sudah sangat maju membuat banyak game sekarang memiliki kualitas yang super. Dan gak bisa kita pungkiri lagi kalau grafis game konsol dulu dan sekarang jauh berbeda. Dimana kalau dulu kita menikmati dengan gamenya dengan grafik 8-bit, tapi sekarang kita bisa memainkan visual game yang seperti sungguhan.

Apalagi sekarang ada Teknologi Motion Capture, yang mana dapat mengubah tampilan karakter manusia yang seperti sungguhan. Dan bahkan kini video game terasa sangat realistis dan menciptakan kehiduypan yang begitu real.

Nah itulah 7 perbedaan dari game konsol jadul dengan masa kini. Semakin modern semakin banyak game-game keren bakal diproduksi. Gimana menurut kalian, apa kalian bakal mainin game konsol jadul atau yang baru nih?-Virtual Verbal