9 Tips dan Trik Penting WhatsApp

9 Tips dan Trik Penting WhatsApp yang Wajib Kalian Ketahui! – WhatsApp adalah salah satu aplikasi jejaring sosial terpopuler di sekitar kita. Berkat fitur-fitur seperti panggilan video gratis dan kemampuan untuk menghapus pesan, yang menjadi daya tarik para pengguna untuk menggunakan aplikasi WhasApp ini. Akan tetapi, kita sebagai pengguna masih banyak yang belum mengetahui beberapa fitur terbaik lainnya.

Pada artikel ini kita akan melihat beberapa fitur WhatsApp yang luar biasa. Mungkin nanti bagi beberapa orang menganggap ini sebagai fitur WhatsApp yang penting dan mungkin pengguna lain menemukan trik yang sebelumnya tidak diketahui oleh mereka. Oke, langsung saja 9 tips dan trik penting WhatsApp.

1. Pengaturan Privasi

whatsapp

Pasti diantara Vriends tidak selalu ingin semua orang tahu kapan kalian online, atau apakah kalian tidak ingin terlihat dalam pesan terakhir yang dikirim teman kalian. Terkadang kalian ingin sedikit waktu untuk berpikir sebelum melakukan percakapan ini. Mungkin juga Vriends memiliki alasan kuat untuk memastikan bahwa hanya orang-orang tertentu yang melihat gambar profil kalian.

Tidak perlu khawatir, semuanya sekarang sudah bisa diatasi. Kalian cukup buka Pengaturan/Setelan> Akun> Privasi, dan Vriends akan dapat mengubah semua pengaturan privasi WhatsApp. Kalian bisa memilih sendiri dengan sesuai kebutuhan. Apa privasi WhatsApp mau terlihat semua orang, atau kontak kalian saja, atau juga tidak seorangpun bisa melihat privasi kalian.
Catatan: Disini kalian bisa mematikan tanda terima baca pesan jika Vriends mau. Namun, jika kalian melakukan ini, kalian juga tidak akan dapat melihat tanda terima baca orang lain.

2. Back Up/Cadangkan Pesan

whatsapp

Jika Vriends tidak ingin kehilangan satu pun pesan WhatsApp lagi, kalian perlu mencadangkan riwayat obrolan saja. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan/Setelan> Chat> Cadangan Chat dan kemudian pilih Cadangkan Sekarang.

Jika Vriends pengguna iOS, cadangan akan langsung menuju ke akun iCloud kalian. Kemudian pada perangkat Android, cadangan akan masuk ke akun Google Drive yang sebelumnya harus memasukkan akun Google kalian terlebih dahulu.

whatsapp

Vriends juga bisa mengatur pada setelan tersebut untuk memilih opsi cadangan otomatis. Dengan mengetuk “Cadangkan ke Google Drive” dan kalian bisa memilih cadangan pesan secara harian, mingguan, atau bulanan. Sekarang, jika Vriends secara tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp, kalian masih memiliki harapan untuk mengembalikan pesan yang terhapus.

3. Ekspor Obrolan WhatsApp Individual

Jika Vriends ingin berbagi obrolan tertentu melalui Email, Bluetooth, atau layanan lain. Kalian harus mengekspornya terlebih dahulu menggunakan opsi Ekspor Obrolan. Kalian akan menemukan ini di bagian Info Kontak (sebelumnya kalian harus masuk dulu kedalam chat, lalu ketuk tombol titik tiga yang berada disebelah kanan atas). Kemudian, ketuk “Lainnya” dan kalian akan mendapat “Ekspor Chat” seperti gambar diatas.

Obrolan yang diekspor muncul sebagai file ZIP yang dapat kalian bagikan dengan orang lain. Selama ekspor, Vriends juga dapat menentukan apakah file harus menyertakan media yang dilampirkan atau tidak.

4. Mengganti Wallpaper/Latar Belakang

Mengobrol di WhatsApp tidak harus menjadi pengalaman yang hambar, karena sangat mudah untuk mengubah latar belakang. Buka Pengaturan/Setelan> Chat> Wallpaper dan Vriends akan dapat mengambil latar belakang baru dari pustaka wallpaperbawaan. Kalian juga dapat memilih warna solid atau salah satu foto pada galeri kalian sendiri sebagai wallpaper.

Ingin wallpaper WhatsApp asli kembali? Yang harus kalian lakukan adalah mengetuk Reset Wallpaper.

5. Melihat Akurat Pesan WhatsApp yang telah dibaca

Vriends dapat dengan mudah melihat apakah mereka sudah membaca pesan yang kalian kirim atau tidak, lihat saja percakapannya. Jika pesan yang kalian kirim bertanda centang biru, itu menandakan pesan kalian sudah dibaca. Sedangkan, jika kalian sudah mengirim pesan dan akhirnya bertanda centang abu-abu, itu menandakan pesan kalian belum dibaca.

Masih belum akurat? Butuh informasi lebih? Tekan lama pada pesan yang kalian ingin tahu dan ketuk “Info” seperti gambar diatas untuk melihat dengan tepat kapan pesan itu dikirim dan ketika itu dibaca.

Ingatlah, bahwa kalian akan melihat 2 centang abu-abu jika teman kalian belum membaca pesan dan 1 centang abu-abu jika belum dikirim.

6. Periksa Penggunaan Data WhatsApp Kalian

Tidak ada yang suka penggunaan data yang berlebihan, jadi ada baiknya memeriksa berapa banyak data yang digunakan WhatsApp. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan/Setelan> Penggunaan Data dan Penyimpanan> Penggunaan Jaringan dan kemudian kalian bisa mendapatkan detail lengkap dari semua konsumsi data yang masuk pada WhatsApp.

Selain itu, jika kalian ingin menurunkan penggunaan data, atur pengaturan unduhan otomatis media dan panggilan di bawah Pengaturan/Setelan> Penggunaan Data dan Penyimpanan. Di sini, Vriends dapat membatasi unduhan media otomatis ke koneksi Wi-Fi atau mematikannya sepenuhnya untuk menghemat data seluler. Memilih kualitas panggilan suara yang lebih rendah juga membantu menjaga penggunaan data tetap rendah.

7. Gunakan WhatsApp di PC/Laptop

Selama smartphone kalian dapat mendukung WhatsApp yang memiliki koneksi internet aktif, Vriends juga dapat menggunakan WhatsApp di PC/Laptop kalian.

Untuk memulai, pergilah ke web.whatsapp.com di komputer kalian. Selanjutnya, buka WhatsApp di ponsel dan kunjungi Pengaturan> WhatsApp Web / Desktop. Sekarang arahkan ponsel kalian ke layar komputer untuk memindai kode QR yang ditampilkan di sana. Kemudian, obrolan kalian akan muncul secara instan.

8. Transfer Akun WhatsApp Kalian ke Nomor Baru

Mengubah ke nomor ponsel baru tidak berarti akhir dari akun kalian. Vriends sangat disarankan untuk mentransfernya ke nomor baru. Buka Pengaturan/Setelan> Akun> Ganti Nomor untuk memulai proses. Vriends harus memasukkan nomor lama dan baru untuk memigrasi data dengan benar.

9. Menghapus akun

Jika karena alasan tertentu Vriends ingin menghapus akun WhatsApp kalian secara bersamaan, buka Pengaturan/Setelan> Akun> Hapus Akun Saya untuk memulai. Kalian selalu dapat memulai akun baru nanti jika berubah pikiran, tetapi riwayat obrolan dari akun saat ini akan hilang selamanya. Cadangan cloud pesan dan cadangan Google Drive kalian pun akan hilang. Ditambah, Vriends juga akan menghilang dari grup dan daftar kontak teman-teman kalian.

Oke, itulah 9 tips dan trik penting WhatsApp yang wajib kalian tahu. Jika kalian ada yang ingin ditanyakan atau memberikan opini bisa langsung tulis dikolom komentar. Terimakasih.