Hai, VirtualVriends! Kali ini kita mau ngebahas soal video games yang tentunya sudah sangat akrab kalian mainkan! Game casual merupakan salah satu game yang menarik untuk dimainkan karena rata-rata tidak terlalu ‘berat’, baik dalam segi cerita maupun gameplay, banyak sekali alasan mengapa game casual selalu menarik dan dicintai.

Terdapat banyak fakta bahwa game casual sangat mudah untuk dimainkan VirtualVriends sekalian, seperti contohnya The Sims, Harvest Moon, Bishi Bashi, Angry Birds, dan lain lain. Mereka semua mempunyai kesamaan, yaitu kalian tidak akan cemas jika kalian tidak memainkannya secara terus-menerus. Ketika kalian ingin bermain, nyalakan game tersebut lalu bermain, jika kalian ingin berhenti, tinggal berhenti tanpa harus takut kehilangan poin atau apapun juga.

Rata-rata permainan jenis ini dijual sangat murah, hampir seluruh game casual dijual dengan harga yang murah baik secara daring/on-line maupun berbentuk fisik, dan tentu saja ini sangat cocok di dompet kalian.

Salah Satu Game Casual, Bishi-Bashi
Salah Satu Game Casual, Bishi-Bashi

Bila sudah bosan bermain satu game terus-menerus, tidak akan menjadi masalah karena rata-rata game casual tidak mewajibkan para pemainnya untuk mengeluarkan uang, bahkan tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk bermain game tersebut untuk masuk dalam sebuah jalan cerita.

Berbicara masalah jalan cerita, hampir seluruh game casual tidak mempunyai jalan cerita, contohnya The Sims,  kalian dapat membuat jalan cerita sendiri, membuat keluarga sendiri, bahkan merusak sebuah keluarga itu sendiri dengan sekali klik.  Merusak seluruh bangunan dalam permainan Angry Birds, kalian tidak perlu cemas, ada tombol replay untuk mengulang kembali bila kalian kesulitan atau gagal dalam level tertentu.

Hampir semua orang bisa memainkan game casual, mulai dari anak kecil hingga orang tua pun bisa memainkannya. Tanpa harus berpikir keras bagaimana cara bermain game tersebut tentunya. Casual game tidak membutuhkan hardware yang berlebihan dan mahal. Bahkan banyak sekali casual game yang menyenangkan yang bisa di mainkan di game console zaman dahulu seperti PlayStation1 dan PlayStation2. Biasanya casual game tidak mempunyai kebiasaan seperti game-game berat lainnya yang cenderung hardcore, banyak kekerasan, dan berbagai macam konten eksplisit lainnya.

Banyak sekali game-game yang dapat dimainkan bersama, salah satu kelebihan game casual yaitu banyak sekali game yang dapat dimainkan bersama-sama dan itu menjadi daya tarik tersendiri. Mungkin anak-anak kelahiran tahun 90-an masih ingat, bagaimana ramainya pulang sekolah bersama-sama, bermain ke rumah temanmu untuk bermain game Bishi-Bashi atau Bomberman, tertawa bersama, dan bercanda bersama. Casual game itu lebih ‘fun’ dan faktor ‘fun!’ itulah yang sangat penting dari sebuah game. Itulah kelebihannya mengapa casual game selalu menarik dimainkan dan dicintai.