One Piece, sebuah manga karya Eiichiro Oda yang mampu bertahan lebih dari 20 tahun lamanya ini memang telah memiliki fans yang sangat banyak diseluruh dunia. Meskipun tiap generasinya akan muncul manga/anime baru yang tak kalah kerennya, tetap saja One Piece akan selalu berada di puncak dan merajai industri ini.

Lantas apa sebenarnya yang membuatnya populer sehingga bisa sukses dan begitu dicintai fansnya hingga saat ini? Penulis akan membahasnya dalam artikel kali ini!

Cerita

Saat pertamakali diperkenalkan kepada para pembaca majalah Weekly Shōnen Jump  tahun 1997 silam, One Piece sendiri sebenarnya memiliki plot cerita sederhana yang mudah untuk diterima oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Menceritakan kisah perjuangan seorang remaja pemakan buah setan “gomu-gomu” bernama Monkey D. Luffy yang ingin menjadi seorang raja bajak laut.

Ia teriinspirasi dari kapten bajak laut bernama Shanks yang menolongnya saat masih kecil. Saat itu, Shanks tak segan mengorbankan tangan kirinya diterkam monster laut sehingga membuat Luffy ingin mengikuti jejaknya menjadi bajak laut dan memliki kru yang sangat dipercaya agar nantinya bisa melampaui Shanks dimasa depan kelak.

Kisah sederhana tersebut terus berkembang seiring berjalannya waktu, hingga menjadi cerita yang menarik dan penuh twist seperti saat ini.

Karakter

Cerita One Piece yang begitu menarik diimbangi dengan para karakternya yang memorable. Itu semua berkat keahlian Oda dalam meracik setiap karakter yang ada. Ia selalu menghadirkan karakter berpenampilan menarik, keren, bahkan nyeleneh dari berbagai ras dan mengembangkan cerita yang begitu mendalam untuknya.

Cerita personal tersebut biasanya akan menjadi suatu alasan dibalik karakteristik, sifat dan ambisi para karakternya.

Pertarungan

Sebagai sebuah manga/anime bergenre action, One Piece dipenuhi adegan pertarungan epik di setiap chapter/episodenya. Eksistensi buah setan yang akan memberikan kekuatan istimewa untuk orang-orang yang memakannya menjadikan pertarungan semakin menarik untuk diikuti.

Petualangan Luffy dkk pun selalu dihadapkan pada permasalahan yang berujung pada pertarungan dengan skala besar. Sifat Luffy dan kru topi jerami yang membenci ketidakadilan membuatnya selalu terlibat dalam masalah yang menghantui setiap tempat yang disinggahinya.

Penuh dengan Misteri yang Bikin Penasaran

Apa itu One Piece, kekuatan apa sebenarnya yang dimiliki Gol D. Roger, siapa sebenarnya leluhur orang-orang dengan marga D, dan dimana sebenarnya pulau Raftel berada merupakan beberapa misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Hal ini membuat para fans penasaran dan setia menunggu chapter/episode berikutnya.

Petualangan Penuh Emosional

Kualitas cerita yang di racik Oda benar-benar di tonjolkan disini, ia mampu menghadirkan jalinan kisah yang serius, konyol, serta sedih dan mengimbanginya sesuai porsi yang tepat. Pendalaman kisah tiap karakternya selalu dibawakan dengan penuh emosional, apalagi ketika adegan pengorbanan yang tak jarang membuat air mata penontonnya menetes.

Mengandung Pesan Moral

One Piece juga merupakan salah satu manga/anime yang dipenuhi pesan moral. Setia kawan, saling tolong menolong, berani melawan ketidakadilan, serta rela berkorban demi menolong orang yang dikasihi adalah beberapa nilai positif yang bisa kita petik dari manga/anime yang satu ini.

Itulah alasan mengapa One Piece begitu dicintai fansnya selama ini, sekian dari penulis dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini.