Pernahkah kamu bertanya kepada anak SD di jaman milenial saat ini tentang cita-cita apa yang diinginkannya saat dewasa nanti? Berbeda dengan jaman dulu yang kebanyakan akan menjawab antara insinyur, tentara, dokter, dan pilot, di jaman sekarang ini mungkin sebagian anak akan menjawab ingin menjadi seorang Youtuber.

Mengapa ini bisa terjadi? Fenomena ini terjadi dikarenakan memang rata-rata anak yang tumbuh kembang di jaman sekarang lebih memilih untuk menonton Youtuber favorit mereka di waktu luangnya.

Peluang kesuksesan yang besar di dunia Youtube memang terlihat sangat jelas di Indonesia saat ini, terbukti dengan banyaknya Youtuber yang memamerkan kesukesannya tersebut lewat video terbarunya.

Salah satunya Youtuber gaming, yang begitu populer di semua kalangan, dengan bermain game yang mereka suka, mereka mampu menarik subscriber, viewers, dan like dengan jumlah yang sangat besar dengan begitu mereka akan mendapatkan adsense (uang bayaran) dari iklan yang dipromosikan pada video buatannya. Tentu itupun berkat kerja keras mereka juga yang membangun channel-nya dari awal hingga sukses melalui proses rekam, edit, upload, dan promosi yang tidak gampang juga.

Namun belakangan ini banyak juga Youtuber yang berkembang dengan sangat pesat mengandalkan sebuah game bergenre moba di smartphone-nya, dengan kurun waktu beberapa bulan saja mereka telah berhasil mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan subsciber.

Moba sendiri singakatan dari Multiplayer online battle arena merupakan sebuah genre game yang memungkinkan pemainnya bermain bersama dan berperang dengan playerlainnya secara online. Di Indonesia sendiri genre ini sebenarnya telah ada dan populer sejak lama, buat kamu anak-anak warnet mungkin sudah tidak asing lagi dengan game seperti Dota misalnya, namun bedanya sekarang kamu bisa memainkannya hanya mengandalkan smartphone dan koneksi internet saja.

Lantas apa sebenarnya alasan mengapa Youtuber moba ini cepat sukses di Indonesia? Tentunya konteks moba disini adalah game moba perangkat mobile yang sedang populer saat ini, penulis akan mencoba mebahasnya pada artikel kali ini!

Sedang Populer

Alasan pertama dan utamanya tentu saja karena sedang populer saat ini, hampir semua gamer yang memiliki smartphone saat ini pasti tahu dan pernah memainkan Mobile Legend, AOV, Vainglory, dll. Saking populernya bahkan game-game ini sendiri sering menjadi media untuk mengakrabkan diri dengan teman maupun keluarga.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan peluang ini para Youtuber mulai berfikir bahwa game ini memang cocok dijadikan sebagai peluang terbesar mereka meraih kesuksesan di Youtube. Dan benar saja karena sedang populer, banyak orang-orang yang mengakses Platform ini untuk menonton Youtuber game moba favoritnya.

Berperan Untuk Melatih Skill Para Penontonnya

Sumber: Youtube

Ini juga salah satu alasan mengapa para penikmat Youtube di Indonesia sering menonton Youtuber game moba, mereka ingin memiliki skill yang hebat seperti idolanya. Mengingat rata-rata Youtuber game moba terkenal saat ini seperti Jess no Limit, RRQ Lemon, Oura Gaming, Warpath dll juga merupakan seorang Pro player dengan prestasi yang terbukti.

Walaupun ada juga yang berangkat hanya sekedar hobi saja dan tidak menggeluti dunia eSports sebelumnya seperti Michael Souw, Dyland PROS dan Afif Yulistian, namun paling tidak mereka telah berpengalaman sehingga ilmunya bisa diterapkan oleh para penontonnya agar skill bermain semakin terasah.

Dekat dengan Semua Kalangan

Sumber: Youtube

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, berkat kepopuleran dari game moba yang masih booming sampai saat ini seperti Mobile Legend dan AOV, hampir semua kalangan dari anak bocah hingga orang dewasa mengenal para Youtuber yang sering memainkan game-game ini di konten video buatannya.

Bahkan, tak jarang beberapa orang baru mengenal para Youtuber ini atas rekomendasi dari teman ataupun anggota keluarga. Akibatnya secara tidak langsung mendatangkan audience baru, membuat jumlah viewers dan subsciber semakin meningkat.

Promosi di Social Media

Kita semua tahu dijaman sekarang ini semua orang pasti memiliki social media dari mulai Facebook, Twitter, dan tentu saja Instagram. Social media bisa menjadi sebuah media promosi termudah dan terbilang cepat untuk mempopulerkan apapun termasuk sebuah channel Youtube.

Orang-orang akan cenderung tertarik dengan sesuatu yang mereka suka, dan karena game moba saat ini sedang populer dan banyak penggemarnya, para Youtuber ini memanfaatkan momen ini dengan mempromosikan video-video mereka ataupun segala aktivitasnya lewat social media ini, akibatnya mereka pun semakin dikenal hingga akhirnya banyak yang tertarik mengunjungi channel Youtube-nya.

Personaliti, Prestasi, dan Kontroversi

Sumber: brilio.net

Kalau diperhatikan baik-baik, orang Indonesia saat ini menyukai para Youtuber game moba karena 3 hal yaitu personaliti atau kepribadiannya, prestasi dari apa yang telah didapatkan dari usahanya selama ini, dan kontroversi yang kaitannya dengan tindakan negatif.

Ada orang yang menyukai beberapa Youtuber dari kepribadiannya, baik itu yang ramah dan sopan, yang unik dan berbeda dari orang lain, hingga yang negatif dangan kata kata kotor yang sering terucap dari mulutnya namun terasa relevan dengan pergaulan sebagian orang.

Ada yang suka dengan prestasi yang telah dicapai para Youtuber ini membangun channel-nya dari awal hingga mencapai kesuksesan dan mendapatkan apa yang diinginkannya selama ini.

Ada juga yang suka karena tindakan kontroversial yang sering dilakukan oleh beberapa Youtuber untuk meraih popularitas. Dari mulai adu mulut, sindir-sindiran, berantem di social media hingga cakar-cakaran merupakan perilaku tidak terpuji yang entah kenapa malah digemari oleh orang Indonesia.

Suka atau tidak, tidak dapat dipungkiri dengan memenuhi kriteria ini Youtuber tersebut akan semakin mudah meraih kesuksesan di Indonesia.

Itulah “Alasan Mengapa Youtuber Game Moba Cepat Sukses di Indonesia” jika dilihat dari situasi yang ada saat ini. Memanfaatkan sebuah game yang sedang tren untuk dijadikan sebuah konten video hingga meraih kesuksesan di dunia Youtube memang cara cerdas yang terbukti ampuh.

Tetapi bukan berarti juga semua gamer yang mulai tertarik memasuki dunia Youtube ini harus memulai kontennya dengan main game moba mengikuti Youtuber yang lain meskipun sebenarnya bukan penggemar game bergenre ini sebelumnya, karena kesuksesan seseorang telah diatur oleh yang maha kuasa asalkan kita mau bekerja keras untuk mencapainya dan tidak lupa diiringi dengan do’a.

Sekian dari penulis, mudah-mudahan artikel yang dibangun dari pemikiran penulis ini bisa menjadi sebuah informasi menarik dan bermanfaat untuk kalian semua dan terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membacanya.