Halo VirtualVriends, di karakter anime dan manga, biasanya karakter perempuan mempunyai mood yang spesifik dengan kepribadiannya. Selama bertahun-tahun, kepribadian tersebut telah mempunyai nama yang spesifik untuk mengenali jenis-jenisnya, dan nama yang diberikan selalu berakhiran dengan bahasa ‘Dere‘ yang merupakan singkatan dari deredere (デレデレ) yang artinya sedang jatuh cinta. Inilah kategori Dere yang ada di dunia anime:

 

Tsundere

Chitoge Dere
Chitoge Dere

Salah satu dere favorit para pencinta anime, tipe tsundere merupakan tipe karakter anime yang biasanya jutek. Biasanya cewe tipe tsundere mempunyai kepribadian yang galak, namun sebenernya cinta ‘cieeee‘. Terkadang cewe anime tipe tsundere galak terhadap karakter cowo. Namun, apabila sang cowo menjadi sedikit menjaga jarak, menjadi pemalu dan berharap didekati tipe-tipe yang tarik ulur gitu deh, sedikit pura-pura ga suka tapi cinta, kalo di real life, cewe kaya gini nih yang suka buat galau. Tsundere sendiri berasalah dari bahasa subkultur Jepang, yaitu tsun-tsun yang artinya jutek, dingin dan galak.

Kuudere

Yukinon Dere
Yukinon Dere

Kuudere merupakan tipe karakter anime yang biasanya sedikit bicara, cool, dan jarang sekali tersenyum, tipe-tipe acuh tak acuh gitu. Tipe dere seperti ini biasanya selalu berbicara dengan bahasa formal dan jarang mengungkapkan cintanya pada karakter anime cowo, salah satu tipe paling menyebalkan kalo di real life. Kuudere sendiri berasal dari kata Kuu yang artinya keren/cool.

Dandere

Mio Dere
Mio Dere

Hal yang paling mencolok dari dandere yaitu pendiam, berbicara sesuai kebutuhannya, tidak peka, jarang berinteraksi, dan hanya mempunyai sedikit teman. Namun, biasanya tipe dandere mempunyai karakteristik tersendiri dalam setiap anime. Hal iniah yang terkadang membuat tokoh-tokoh dandere di anime selalu bikin penasaran dan sulit sekali didekati oleh karakter anime cowo. Namun, dibalik pendiamnya itu, apabila dia sudah dekat dengan karakter cowo, pasti saja menjadi jatuh cinta. Kalo di real lifedere seperti ini mungkin bisa disamakan seperti cewe pintar di kelas. Dandere sendiri berasal dari kata danmari yang artinya pendiam.

Yandere

Yuno Dere
Yuno Dere

Tipe yandere merupakan salah satu tipe hyperaktif agresif dimana cewe anime bertipe yandere selalu terlalu agresif dan posesif terhadap cowo yang disukainya, bahkan dalam tingkat yang ekstrim tipe yandere tidak akan berpikir panjang menyakiti lawan cintanya. Bahkan bisa jadi cewe tipe yandere mempunyai kelainan jiwa dan gangguan mental. Kalau dalam real life mungkin seperti kisah Jessica yang meracun Mirna. Yandere sendiri berasal dari kata yanderi yang artinya gangguan mental.

Himedere

Sena Dere
Sena Dere

Himedere merupakan tipe yang unik dimana selalu menganggap dirinya adalah seorang ratu yang dapat merendahkan orang lain, tipe himedere selalu ingin dihormati orang lain, bahkan apabila keinginannya tidak terpenuhi maka dia akan marah, kalo di real life mungkin seperti Princess Syahrini. Himedere bearasal dari kata hime yang berarti tuan putri.

Goudere

Ikaros Dere
Ikaros Dere

Merupakan tipe penurut dan akan melakukan apapun demi orang yang ia sukai atau jadikan tuannya. Tipe seperti ini biasanya seperti seorang maid dan akan memanggil karatker cowo dengan sebutan master, aniki, dan gosujin-sama. Biasanya, karakter seperti ini selalu menjadi bahan bulan-bulanan karakter antagonis atau bahkan jadi bahan pelampiasan protagonis yang mau sedalam apapun cinta dan perhatian si goudere, yang kadang selalu berakhir dengan plot sang karakter cowo utama memilih perempuan lain, kalo di real life mungkin? Entahlah mantan kekasih? Atau? ‘The devoted person isn’t exist right? I’m not sure guys!‘. Goudere berasal dari kata gouki yang berarti Jantan.

Deredere

Yui Dere
Yui Dere

Salah satu tipe yang disukai banyak cowo: ceria dan penuh semangat. Dalam cerita di anime, tipe jenis ini selalu ceroboh dan easy going. Tapi sayang, ujung-ujungnya jadi friendzoned, kalo di real life sih mungkin yang begini bukan cewe namun cowo, cowo yang ceria, bisa membuat tertawa pujaan hati tapi ujung-ujungnya cuman temen doank. Deredere mempunyai arti sedang jatuh cinta. Jadi, gimana VirtualVriends? Sudah menentukan ingin mempunyai waifu seperti gimana? kalo VV sih jelas suka sekali sama tipe Yandere!