VirtualVriends pasti pernah mendengar kata G-Sync dalam dunia gaming,

Sebelumnya VV sudah menjelaskan secara simpel apa itu FPS dan hubungannya dengan Monitor (Hz), jadi sekarang apa itu G-Sync dan kelebihannya?

Monitor G-Sync
Monitor G-Sync

G-Sync merupakan salah satu fitur dari monitor gaming yang melakukan kerjasama dengan NVIDIA, Jika kalian bermain game dan selalu merasakan efek patah-patah dan stuttering, Dengan teknologi ini, permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi. ‘No more stuttering, no more tearing, just smooth gameplay!’ Teknologi ini dapat mensinkronsiasikan ‘refresh rate’ pada monitor dan kemampuan menampilkan gambar pada VGA sehingga monitor akan menampilkan gambar pada monitor secepat kemampuan render GPU yang ada. Sebuah inovasi yang cukup mantap dalam dunia teknologi display. Yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa Nvidia G-Sync adalah teknologi hardware, bukan teknologi software yang tinggal di-install dalam komputer. Modul G-Sync harus ditanamkan ke komponen monitor untuk membuatnya menjadi G-Sync supported monitor. Tentu saja harga monitor dengan fitur ini sangat mahal sekali dibandingkan monitor-monitor pada umumnya.

Kelebihan monitor ini yaitu Hz-nya monitor ini bisa mengikuti FPS yang dikeluarkan oleh VGA card (sinkronisasi). Jadi, kamu tidak usah khawatir lagi masalah ‘patah-patah’, karena jika FPS kamu 123 maka monitor kamu pun beradaptasi menjadi 123hz. Dan jika tiba-tiba FPS drop ke 97 maka Hz pun beradaptasi turun ke 97Hz menyesuaikan FPS yang dikeluarkan VGA card. Jadi VirtualVriends, ketika bermain game sudah pasti ‘lancar jaya’ tanpa ‘patah-patah’. Nah, itulah kelebihannya dibandingkan monitor-monitor lain yang Hz-nya sudah fixed tidak bisa beradaptasi. Namun ternyata, selain mempunyai kelebihan yang banyak, fitur ini mempunyai kelemahan yaitu kamu harus menggunakan VGA card keluaran NVIDIA.

Lalu apa hubungannya G-Sync dengan menghemat biaya upgrade PC? VV punya pendapat nih kenapa monitor ini sangat-sangat direkomendasikan untuk dibeli, alasannya selain membuat gaming menjadi lebih mantap, tentu saja dengan membeli monitor ini membuat hemat juga keperluan upgrade kalian.

Berhemat Dengan Monitor G-Sync
Berhemat Dengan Monitor G-Sync

Logikanya seperti begini, batas layak sebuah game nyaman untuk dimainkan yaitu 60fps apabila kita bermain menggunakan monitor biasa (60hz), apabila game yang kita mainkan dibawah 60fps dan monitor kita mempunyai Hz melebihi 60, maka jelas terjadi ‘tearing’ dan membuat games tidak nyaman untuk dimainkan, namun apabila kita menggukanan G-Sync ‘tearing’ tersebut menjadi hilang dan game menjadi lancar.

Nah, dengan logika seperti itu tentu saja dengan adanya monitor G-Sync sekarang kita tidak perlu membeli VGA yang harganya bisa mencapai belasan juta hanya untuk bermain game lancar tanpa ‘tearing’,  memang betul harga monitor G-Sync itu mahal tapi penggunaan monitor itu lama banget VirtualVriends, kadang kalanya sebelum monitor rusak, kita jarang membeli monitor baru lagi, ga seperti VGA yang selalu kita ganti tiap lebaran, seperti orang yang sakaw karena pengaruh efek narkoba. Jadi contohnya seperti ini, apabila kita membeli VGA High End dengan harga 10 juta Rupiah, 1-2 tahun kemudian, penurunan harga VGA tersebut benar-benar jatuh bisa sampai 5 juta Rupiah. Harga bekasnya, minimal kalian rugi 50% atau 5 juta rupiah jika dari harga pembelian 10 juta Rupiah, berbeda jika kalian membeli VGA Mid End yang harganya rata-rata 2.5jt sampai 5jt, dipakai 2tahun pun jika penurunan harga sebesar 50%, kalian hanya kehilangan 1.25 juta sampai 2.5 juta, tidak sampai kehilangan 5 juta Rupiah, namun tetap nyaman bermain game, karena apabila menggunakan monitor G-Sync: ‘No more stuttering, no more tearing, just smooth gameplay!’

Dan satu lagi VirtualVriends, semua pasti rata-rata bermain games dengan FPS yang besar hanya untuk game-game tertentu seperti: CS:GO, Dota 2, dll. Biasanya gamegame online tidak membutuhkan spesifikasi VGA yang besar, cukup dengan VGA Mid End pun bermain game online bisa tembus sampai 150fps+, namun apabila bermain gamegame berat seperti The Witcher 3, kalian tidak terlalu butuh FPS yang besar tapi yang paling utama dalam gamegame offline yang berat adalah: ‘No more stuttering, no more tearing, just smooth gameplay!’

Yap, di zaman yang serba canggih ini, kita semua harus serba kritis dalam menyikapi setiap perubahan, apalagi dalam dunia teknologi, kita dapat menghemat lebih dari 5 juta Rupiah dan bisa kita alokasikan kelebihan tersebut untuk meng-upgrade perangkat lainnya seperti SSD, Gaming Gears, dll, yang mungkin sebenernya lebih kita perlukan dari sekedar VGA High End.