Bagi kalian yang punya komputer pasti tidak asing dengan yang namanya monitor. Yap Monitor yang biasa kalian gunakan merupakan alat yang berguna untuk menampilkan apa yang sedang kalian kerjakan di komputer, baik itu bermain game ataupun kerja.

Tapi tahukah kalian monitor yang biasa kalian gunakan biasa kalian gunakan itu mempunyai fitur yang berguna untuk me-refresh setiap gambar agar menyesuaikan dengan setiap frame rate? Ya fitur itu merupakan Refresh Rate.

Tapi apa sih itu Refresh Rate?

Jadi seperti yang tadi dijelaskan, Refresh Rate adalah sebuah fitur dimana monitor me-refresh setiap gambar per frame setiap detiknya. Singkatnya semakin tinggi Refresh Rate maka semakin halus pula hasil yang ditampilkan. Dan Refresh Rate ini berkaitan dengan Frame Rate (fps) contohnya saat kalian main game. Refresh Rate sendiri mempunyai satuan yaitu Hertz (Hz)

Refresh Rate

Sebelumnya disebutkan bahwa Refresh rate itu mempunyai kaitan dengan Frame Rate atau Frame per Second (fps) dalam game. Tapi bagaimana bisa berkaitan?

Jika kita mengibaratkan Frame Rate adalah sebuah mobil, maka Refresh Rate merupakan jalurnya, Jika Refresh Rate monitor kalian 60Hz sedangkan Frame Rate game yang kalian mainkan itu tinggi atau diatas 60 fps maka yang terbaca hanya 60 fps sisanya itu tidak. Karena itulah sering terjadi yang namanya Ghosting atau delay yang diakibatkan Refresh Rate yang tidak menyesuaikan dengan Frame Rate.

Refresh Rate
Perbandingan 60Hz dan 240Hz

Oh ya rata-rata monitor jaman sekarang itu mempunyai Refresh Rate 60Hz, kecuali vendor memberikan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainya. Oke lanjut, seperti yang kalian lihat di animasi diatas kalau 60Hz mempunyai loncatan frame yang cukup jauh sehingga terlihat kaku, sedangkan yang 240Hz itu frame-nya lebih rapat dan terlihat lebih halus .

Perkembangan teknologi membuat perubahan yang sangat signifikan bagi setiap elemen, ya termasuk perkembangan monitor. Sampai saat ini monitor dengan Refresh Rate tertinggi itu ada di angka 360Hz. Monitor tersebut dipegang oleh Asus ROG seri ROG Swift 360.

Monitor
ROG Swift 360

Nah tadi merupakan sedikit informasi mengenai Refresh Rate yang bisa kalian manfaatkan. Jangan sampai salah mengartikan ya!

Thanks and Enjoy – Virtual Verbal.