Permainan Multiplayer online battle arena atau akrab disebut MOBA sudah berkembang dan menjadi mesin keuntungan bagi para pengembang dan ajang hiburan bagi para penggemarnya. Dengan semakin banyak varian MOBA, apakah permainan MOBA lawas seperti Dota Satu masih bisa dimainkan?

Dota Satu
(Penulis sedang berada dalam BotHost room dari Bnet IDGS)

Jawabannya: YA, tentu saja masih bisa! Salah satu laman komunitas gamer tertua Indonesia seperti Indogamers masih menyediakan jasa hosting Battlenet Dota Satu agar para pemain bisa memainkan gim ini secara daring (online). Penulis cukup kaget dengan kabar ini, dan menemukan gundukkan nostalgia manis yang sulit diungkapkan ketika mencoba bermain gim lawas ini.

Penulis mencoba bermain gim ini dengan mengunjungi salah satu pemain Dota Satu yang masih aktif bermain, sebut saja F (IGN: RATU-RANJANG). Menurut F, gim ini masih memiliki peminat yang cukup solid walaupun populasinya hanya berkisar ratusan. Masih menurut F, gim ini bakalan sangat ramai dimainkan bila menjelang malam sampai dengan subuh.

Dota Satu
(Interaksi dalam gim)

Penulis pun mencoba sedikit untuk merasakan keharuan nostalgia dari gim ini. Kebetulan penulis memang bermain Dota sejak tahun 2006, yah sudah sekiar 12 tahun berarti kalau ikut dihitung dengan Dota 2. Penulis berkembang di server IDGS Public dan Junior kala itu.

Impresi yang dirasakan; bila penulis membuang sudut pandang grafis, dan menghilangkan perbandingan progresivitas versi map dari Dota 2, penulis masih sangat menikmati permainan ini layaknya jaman oldIn game name para player Indonesia yang sering bikin ketawa, dan chat-chat mereka yang humoris namun kadang vulgar pun menambah gim ini semakin menarik serta menghibur bagi penulis.

Isu SARA dan flaming terhadap orang tua pun masih bisa dikontrol: bagi yang gemar melakukannya bakal kena ban. Berbacot ria selain hal itu masih sangat bisa dikompromikan, tapi sebaiknya kalian harus tanggung sendiri akibatnya. Kedepankanlah berpikir sebelum bertindak.

Dota Satu
(Menunggu room penuh)

Gim ini cocok bagi para pemain yang menolak move on dari Dota Satu ke Dota 2. Selain Dota, pemain pun dapat bermain costumed game lainnya seperti Tower Defense, Pokemon, Tree TagThe World dan masih banyak lagi. Pemain yang ingin bernostalgia dan kembali merasakan bermain Dota dalam server lokal pun sebaiknya sesekali mencoba bermain gim ini.

Bagi kids jaman nowAnda pun bisa memainkan gim ini sebagai referensi atau penelusuran sejarah Dota versi lawas yang mungkin saja belum pernah kalian mainkan. Kalau kalian yang jago di Dota 2 pun bisa mengetes: apakah kemampuan kalian berguna di Dota versi lawas.

Instruksi dan mekanisme permainan dapat kalian telusuri di laman Indogamers. Selamat bermain dan jangan lupa cari jodoh (bagi yang cukup umur).