Bermain CS:GO memang sangat seru bila kamu memainkan mode competitive matchmaking. Apakah rank CS:GO kamu Silver ? Nova ? atau bahkan Global Elite ? Nama-nama yang disebutkan tadi merupakan salah satu tingkatan rank yang dibuat untuk menunjukkan sejauh mana skill kompetitif kamu dalam bermain CS:GO.

Tahapan rank dalam mode competitive matchmaking CS:GO ini memang sungguh menarik dan mungkin beberapa dari kalian ketagihan untuk terus memainkannya. Hal ini bisa terjadi karena emosi kamu akan dibuat naik-turun layaknya naik jet coaster. Dimulai dari perasaan besar kepala saat kamu menang, naik rank dan menjadi top frag (kill paling banyak). Mendapatkan penghinaan “noob” jika kalah, turun rank dan menjadi bottom frag (kill paling sedikit) yang membuat sebagian dari kamu kepikiran dan susah tidur. Namun dari semua itu hal yang pasti kamu dapatkan dari mode competitive matchmaking CS:GO yaitu skill permainan kamu meningkat dan rank CS:GO kamu pun tentu saja ikut naik, seiiring bertambahnya pengalaman kamu dalam bermain.

Apa yang Harus Dilakukan agar Kamu Dapat ‘Rank’ ?

Hal yang harus kamu lakukan agar dapat rank CS:GO, yaitu dengan memenangkan mode competitive matchmaking sebanyak 10 kali. Sebelum kamu dapat memainkan mode tersebut, pastikan exp level kamu sudah mencapai level 2, yang bisa kamu raih dengan memainkan mode lain seperti Casual, Arms Race, Demolition, dan Deatmatch. Jika hal tersebut telah tercapai, maka mode competitive matchmaking dapat kamu mainkan.

Dalam awal mode competitive matchmaking, kamu akan bermain bersama pemain dari berbagai rank, namun pada umumnya kamu akan memulai permainan dari tingkat rank yang lebih rendah terlebih dahulu. Hal yang harus kamu ketahui bila bermain dengan id baru, kemenangan tiap game yang bisa kamu raih dibatas sebanyak dua kali dalam satu hari, layaknya meminum obat sakit perut.

Aturan ini diterapkan oleh Valve selaku pembuat game untuk memerangi para smurf. Smurf yang dimaksud disini adalah pemain dengan rank tinggi, tapi bermain menggunakan id dengan rank yang lebih rendah. Tapi tentu saja aturan tersebut tidak sepenuhnya menghentikan akun smurf  berkeliaran seperti halnya ‘cabe-cabean‘ yang kamu temui disekitar. Dan sudah seharusnya Valve bertindak tegas layaknya guru killer saat menegur muridnya yang nakal.

Jika kamu telah mencapai kemenangan sebanyak 10 kali, entah itu didapat dalam waktu seminggu, sebulan, atau bahkan lebih. Maka dengan sendirinya rank kamu pun akan muncul pada menu utama CS:GO di sisi kiri atas dalam kotak kecil, bersama foto steam dan nickname kamu yang sok keren itu. Hal yang harus kamu ingat: rank kamu tidak akan tampil begitu saja setelah memainkan competitive, kamu harus meraih kemenangan sebanyak 10 kali dalam pertandingan kompetitif.

Berada di Tingkat Mana ‘Rank’ CS:GO Kamu ?

Setelah rank muncul, kamu pun akan bertanya-tanya berada di tahap mana rank saya. Seperti halnya bersekolah, setelah kamu lulus SD tahap selanjutnya SMP, dan tahap akhirnya SMA. Begitupun dengan CS:GO, tahapan rank yang ada jika dihitung mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi berjumlah 18. Berikut kami urutkan rank tersebut dimulai dari yang paling rendah beserta singkatan rank, sehingga kamu tahu ditahap mana kamu merasa lulus bermain CS:GO, berikut kategori rank dalam CS:GO yang mungkin bisa sedikit mengisi dengkul, eh! Maksud kami, otakmu dalam bermain:

RANK CS:GO

Silver I (S1)
Silver II (S2)
Silver III (S3)
Silver IV (S4)
Silver Elite (SE)
Silver Elite Master (SEM)
Gold Nova I (GN1)
Gold Nova II (GN2)
Gold Nova III (GN3)
Gold Nova Master (GNM/GN4)
Master Guardian I (MG/MG1)
Master Guardian II (MG2)
Master Guardian Elite (MGE)
Distinguished Master Guardian (DMG)
Legendary Eagle (LE)
Legendary Eagle Master (LEM)
Supreme Master First Class (SMFC)
The Global Elite (GE)

Apa Arti dari ‘Rank’ CS:GO yang Kamu Capai ?

CS:GO Selfie/Swafoto Rank CS:GO

Pada umumnya dalam mode compe, setiap pemain memiliki skill dan kebiasaan yang hampir sama seperti pemain lain dikelompok rank yang serupa. Seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini:

Silvers I – Silver Elite Master

Berada pada tahapan rank yang paling rendah: Di dalam rank ini berkumpul para pemain yang bisa disebut masih sangat pemula, dan strategi yang diterapkan pun tidak terlalu banyak.

Gold Nova I – Gold Nova Master

Naik ke Nova, diisi oleh pemain yang mulai belajar lebih banyak mengenai permainan CS:GO, seperti mengatur ekonomi dari uang yang dimiliki, pola spray tembakan, menggunakan smoke, pop-flash, dan lain-lain. Disamping itu, cukup banyak juga ditemukan para pemain yang bisa dibilang “tidak ada otak”, dikarenakan mereka ini bisa mengarahkan senjata dan membunuh musuh, namun mereka tidak memiliki game sense.

Master Guardian I – Distinguished Master Guardian

Berlanjut ke MG, secara umum skill yang dimiliki berada di atas rank yang telah disebutkan sebelumnya. Rank ini diisi oleh pemain yang sudah paham tentang pola spray tembakan, momen untuk buy, mengeksekusi Bom Site atau spot tertentu dengan memanfaatkan item yang dimiliki (bom,decoy,flash,smoke dan molotov) dan cara me-retake (membongkar pertahanan teroris setelah memasang bom).

Legendary Eagle – The Global Elite

Pada kelompok rank ini biasanya diisi oleh pemain yang sudah hebat dalam menemukan cara untuk membunuh musuhnya. Jika kamu berjuang dalam mencapai rank ini, itu menunjukkan kamu telah berkembang dengan memiliki pengetahuan bermain CS:GO yang lebih baik, begitupun dengan pemain lain yang telah mencapai kelompok rank ini. Maka jangan kaget bila kamu mengumpat dan berburuk sangka karena beberapa lawan kamu lebih hebat, entah itu dalam hal menembak maupun gameplay, bahkan seperti menggunakan cheat (dibeberapa match ada saja yang benar-benar menggunakan cheat). Hal seperti ini janganlah sampai membuat kamu merasa down dan ingin kembali  bermain Point Blank dengan item full cash, ada baiknya bila kamu memotivasi diri untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi dalam bermain CS:GO.

Bagaimana Cara Menaikkan ‘Rank’ CS:GO ?

Cara kamu menaikkan rank CS:GO sebenernya simpel saja, bila kamu cukup banyak meraih kemenangan ditiap game competitive matchmaking tentu saja rank CS:GO kamu akan naik, begitu pun sebaliknya bila kamu sering mengalami kekalahan maka dengan sendirinya rank CS:GO kamu pun akan turun.

Sistem penilaian rank CS:GO biasanya dilihat berdasarkan total kemampuan dan kontribusi pemain ditiap round nya seperti jumlah membunuh, kematian, MVP yang diraih, memasang bom, men-defuse bom, dan kontribusi lainya ditiap round yang bisa kamu liat dengan menekan tombol ‘tab’. Dan jika kamu perhatikan menu ‘tab’ tersebut, total akumulasi kontribusi tiap round-nya dapat dilihat pada kolom paling kanan yang bertuliskan ‘score‘.

Disamping itu, saran kami, jika kamu memang benar-benar ingin naik rank dengan cukup cepat, ada baiknya bila kamu bermain party competitive matchmaking dengan pemain yang sudah kamu kenal yang memang benar-benar ingin naik rank. Bisa juga kamu mencari teman tersebut party competitive matchmaking yang belum kamu kenal di forum CS:GO entah itu di group Facebook, Kaskus, dan forum on-line lainnya. Hal tersebut bertujuan menghindari pemain yang terkadang nge ‘throw‘ (bermain seenaknya), tidak mengincar kemenangan, ‘leave game’ (meninggalkan permainan seenaknya) dan bahkan cenderung bercanda.

Kesimpulan

Sebenarnya rank CS:GO ini bukanlah segalanya. Rank CS:GO ini hanyalah sebuah lambang pencitraan yang menunjukkan bagaimana pemain lain memandang kamu. Lebih baik kamu fokus saja pada permainan CS:GO-mu supaya berkembang lebih baik lagi, karena berkembangnya permainan kamu dengan sendirinya momen naik rank pun datang.

SUMBER