Overwatch: Mainkan Hero Shooter-mu!

Mei 2016 adalah bulannya untuk para gamer yang menantikan nuansa baru untuk merasakan gameplay terbaru dari game FPS (first person shooter) atau bisa dibilang hero shooter. Developer gaming raksasa di dunia meluncurkan game-game yang bisa dibilang menjadi senjata mereka untuk menembus pasar di seluruh dunia khususnya para gamer, termasuk dua developer yang terkenal didunia gaming: Gearbox Software dan Blizzard yang meliris game FPS dengan dibumbui aroma MOBA di dalam game tersebut yaitu Battlebord yang dikeluarkan oleh Gearbox Software dan Overwatch yang dikeluarkan oleh Blizzard. Battlebord banyak dikenal dengan game Borderlands dimana Gearbox Software mencipatakan game ini dengan serius dan matang untuk disajikan kepada para gamer di seluruh dunia. Dan Overwatch yang diciptakan oleh Blizzard dengan banyak sekali game dari developer ini yang berhasil dibuatnya menjadi game yang banyak disukai oleh kalangan gamer diseluruh dunia yang mungkin game-game yang dilirisnya diketahui oleh hampir seluruh gamer didunia. Buat kamu-kamu yang belum pernah mendengar tentang Blizzard, developer raksasa yang satu ini itu “biang” atau “dalang” dari game sekelas Diablo, Starcraft, World of Warcraft, Warcraft, Heartstone, Heroes of the Storm, dan banyak lagi tentunya.

Hero on Overwatch
Tampilan permainan dalam Overwatch, sumber: youtube

Langkah awal Blizzard yang sebenarnya adalah bukan sebuah game FPS atau hero shooter yang kental ada pada game Overwatch ini, melainkan MMORPG yang hampir dari seluruh aset mereka implementasikan yang mereka ciptakan beberapa tahun terakhir. Yang pada akhirnya mereka menemukan kendala dan kesulitan yang lumayan sulit dengan proses terus berjalan yang mereka sendiri tidak tau hasil akhirnya seperti apa, membuat Blizzard mengambil keputusan untuk menggunakan aset mereka membangun sebuah karya baru dan unik untuk disuguhkan kepada para gamer didunia.

Tidak sedikit memang yang membandingkan Overwatch ini dengan Battleborn yang memang serupa tapi tak sama dalam beberapa hal dan keduanya saling bersaing dan berusaha memasuki ‘pasar’ dimana para gamer sendiri menantikan game yang bernuansa baru untuk dimainkan yang keduanya dirilis pada waktu yang berdekatan. Kedua developer ini memberikan kesempatan untuk para gamer yang tertarik dengan game ini mencoba bermain dimasa open beta untuk membedahnya secara langsung untuk menilai dan memilih mana yang kalian suka. Jadi, kalian tidak usah bimbang untuk memilih yang mana yang kalian mainkan. Walaupun sebenarnya kalian akan sulit untuk memilih dari kedua nya karena masing-masing game yang ditawarkan sangat seru untuk kalian mainkan apalagi mengundang teman-teman kalian untuk bermain bersama.

Karena kita sedang membahas Overwatch mungkin diantara kalian ada yang bertanya. Jadi apa sih yang disuguhkan oleh Overwatch ? Kesan apa si yang bakal kalian dapatkan dari bermain Overwatch ? Dan banyak lagi pertanyaan yang mungkin bisa di jawab beberapa disini yang selebihnya harus kalian rasain sendiri. Ini lah pengalaman kami saat mengeksplorasi game Overwatch ini :

MOBA ? It’s Hero Shooter!

Mungkin ada sedikit berbau MOBA dalam game ini, tapi diluar dugaan kami saat awal mencoba bermain. Ini game Hero Shooter! Bukan seperti yang kami duga dan pahami soal Overwatch ini. Faktanya adalah game ini mungkin bisa disejajarkan dengan game pendahulunya seperti Counter-Strike, Call of Duty atau Halo. Kalian bisa langsung bersenang-senang sejak awal memainkannya karena tidak perlu memakan waktu untuk mengerti banyak hal tentang skill dan gameplay-nya. Dibandingkan dengan saingannya Battleborn yang berunsur sedikit racikan RPG didalamnya, level, equipment dan system damage. Overwatch memiliki karakter yang beragam dengan skill-skill khusus yang dimiliki masing-masing karakternya yang dibagi menjadi 4 bagian dari game Hero Shooter ini.

Apa yang membuat Overwatch ini ada sedikit unsur MOBA nya ? Jadi Overwatch ini memang game yang kental dengan unsur Shooternya tapi, kalian tidak bisa meraih kemenangan dengan hanya mengandalkan skill individual saja. Kalian juga dituntut untuk bisa bekerjasama dengan tim kalian yang ditentukan oleh sistem canggih. Sistem ini dibuat oleh Blizzard dengan melihat level atau rank kalian supaya kalian bisa mudah beradaptasi dan mendapatkan pengalaman dimedan perang nanti. Dengan satu misi yang sama berkoordinasi serangan, berstrategi yang akan membuat kalian berpikir untuk menentukan  “Hero” apa yang akan kalian pilih. Ada berbagai peran “Hero” yang bisa kalian pilih: dari attacker, defender, tanker dan supporter. Ada bermacam-macam mode yang disuguhkan untuk saling berperang dengan format 6 vs 6 yang mungkin sudah tidak asing bagi kalian yang sudah sering bermain game shooter multiplayer di zaman ini.

Hero Shooter
sumber: gamewatcher.com

Blizzard sangat lah menguasai tentang segmen pasar seperti apa yang mereka incar dengan Overwatch sebagai game shooter yang tidak terlalu membutuhkan pengetahuan dan penguasaan mekanik untuk menikmati game ini. Overwatch adalah game yang cukup simple, intinya adalah kerjasama tim dan kemampuan dasar ‘aim‘ kalian. “Hero” yang kalian pilih dan mempunyai peran yang harus kalian lakukan dan kalian akan mempunyai 3-4 skill yang bisa kalian pakai dalam memburu musuh secara cepat, menyembuhkan teman satu tim kalian, atau pun berubah bentuk menjadi sesuatu yang berbeda. Tidak perlu memikirkan uang atau gold dan resource layaknya game RPG, yang kalian harus lakukan adalah beradaptasi di medan tempur dengan bekerjasama dengan tim kalian. Karena poin atau uang atau gold yang kalian dapatkan sementara ini hanya dipakai untuk membeli Skin, Voice, Highlight, dll. Mungkin di masa yang akan datang, Blizzard membuat inovasi baru. Yang jelas kalian bisa mendandani setiap karakter di Overwatch ini dan ada sejarah dan ceritanya loh dari setiap item didalam karakter “Hero“-nya.

Overwatch tidak sama seperti game-game Shooter biasanya yang hanya memperbolehkan untuk dapat memilih satu “Hero” dari awal sampai akhir babak. Anda akan terus memutar otak untuk meng-counter atau mematahkan strategi yang dipakai lawan. Kalian bisa mengganti “Hero” di area yang ditentukan (savepoint) atau saat kalian hidup kembali. Ada konsekuensinya dari pergantian “Hero” yang kalian inginkan. Skill Bar untuk mengeluarkan jurus terhebat kalian alias yang familiar didengar adalah ‘ultimate’ ini kembali dari 0%. Jadi, kalian harus membuat keputusan secara kolektif supaya se-efektik mungkin untuk meng-counter serangan musuh atau bertahan sekalipun.

Overwatch ini simple dan bisa membuat pemainnya tidak cepat bosan. Pemainnya akan merasa penasaran dengan apa yang disuguhkan dan sulit untuk berpaling dari game ini. Blizzard terutama Overwatch ini menerapkan strategi serupa dengan yang  dilakukan Psyonix di Rocket League. Pertarungan selama kurang lebih dibawah 30 menit dengan misi yang jelas, “Hero-hero” yang mudah dikuasai. Sisanya kalian bisa bersenang-senang dan bermanuver di medan pertempuran yang ‘seru banget’. Kalian akan terus memutar otak dan memahami match sebelumnya yang mungkin kalian akan temukan sendiri kunci dari permainan game Overwatch ini. Tidak perlu waktu menunggu yang terlalu lama untuk match selanjutnya, yang akan menjadi sebuah siklus gameplay dan ini membuat pemainnya betah. Hingga tak sadar, kalian sudah memainkannya selama berjam-jam.

Jatuh Hati, pada Pandangan Pertama!

Yang membuat kita terhipnotis, salah satunya adalah dari setiap karakter yang dibuat serius oleh Blizzard dengan cerita dari setiap karakter dan desain yang disuguhkan game Overwatch ini. Desain grafis dari setiap map-nya pun akan membuat kalian jatuh hati ketimbang game saingannya, Battleborn. Walau pun Battleborn juga cukup memberikan kesan pertama yang tidak kalah baiknya. Overwatch menawarkan beberapa karakter yang unik, tak hanya dari skillnya, tetapi juga setiap karakter yang membuat kita terpesona. Setiap karakter dan Skins-nya  mempunyai cerita yang dibuat tersendiri dimana kalian bisa melihatnya di web official Blizzard. Menarik bukan untuk kalian eksplorasi lebih jauh dan ikuti cerita dari setiap karakter, Skins dan map-nya yang akan membuat kalian menantikan episode-episode cerita pendek berunsur animasi sinematik.

Di film pendeknya, kalian akan mengenal Gorilla yang sangat cerdas dengan senjata andalannya yaitu Tesla Canon yang berprofesi sebagai peneliti yang handal, Winston. Ada juga seseorang yang bernama Tracer, penembak super lincah yang mempunyai kemampuan mengendalikan waktu dengan senjatanya Pulse Pistols. Di sisi lawannya ada Widowmaker dan Reaper, yang masing-masing mempunyai karakter dan skill berbeda juga tentunya.

Gak cukup sampe disitu! Tidak hanya fisik dan skill yang berbeda di game ini. Kalian bisa memahami dan menilai setiap karakter dan darimana asalnya. Mode campaign dan banyak lagi yang ditawarkan oleh Overwatch untuk kalian jelajahi dengan sudut pandang yang lebih baik. Setiap karakter mempunyai ciri khas yang berbeda, mulai dari Bahasa, tingkah laku, dan perannya. Hanzo yang bersaudara dengan Genji karakter yang diciptakan dengan Bahasa Jepang yang kental bisa kalian dengarkan saat mereka mengeluarkan ultimate atau pun skill dan voice line mereka. D-va karakter yang kental dengan Bahasa Korea-nya yang akan sering kalian dengar saat mecha yang dinaikinya hancur. Widowmaker dengan Bahasa Prancis, hingga Zarya dengan Bahasa Rusia, dan banyak lagi yang akan kalian temukan di Overwatch. Kenyataannya adalah tidak seperti yang kalian bayangkan, dimana kami membayangkan berperan sebagai karakter dengan Bahasa Inggris dengan aksen yang biasa kalian dengar atau standar menjadikan Overwatch memiliki karakter yang unik dan nilai jual tersendiri, begitulah penilaian kami.  Dan kenyataan dari frasa dan Bahasa yang dimiliki setiap karakter, mungkin tidak kalian pahami menjelaskan darimana setiap karakter berasal adalah racikan yang sempurna dan patut diacungi jempol.

Blizzard menunjukan keseriusannya bukan hanya menampilkan fisik dan kepribadian dari setiap karakter yang patut kita apresiasi. Meracik peran dari masing-masing karakter, Bahasa, skill, kepribadian untuk para pemainnya mengeksplor lebih dengan banyak mode permainan dan membuat kita memikirkan cara berkontribusi dalam medan pertempuran. Dan beberapa “Hero” favorit kita adalah Torbjorn, Bastion, Hanzo yang membuat kita tercengang.

Coba bayangkan jika kami dan kalian membahas permainan dengan gaya yang super cepat menggunakan karakter yang hanya mengandalkan skill berubah bentuk menjadi turret dan tidak bisa bergerak, ada pun yang hanya menggunakan skill untuk membangun turret dan mengandalkan ‘aim‘ dengan senjata panahnya saja, tanpa ada skill untuk melarikan diri bisa diterapkan kedalam game yang kalian harus ingat ini adalah game yang bisa dibilang super cepat ? Dan nyatanya, Blizaard menerepakan ini dan mematahkan argumen kami dan berhasil.

Bastion adalah karakter yang berkemampuan untuk berubah bentuk menjadi mesin yang super canggih ala-ala Transformer. Menjadi mesin gun yang mematikan dan berubah menjadi tank dengan damage yang mematikan dan ini bersifat splash damage. Torbjorn yang memiliki dua senjata, kalian bisa menggunakan Rivet Gun untuk menghabisi musuh-musuh kalian atau pun Forge Hammer senjata melee yang bisa dipakai membuat pertahan dengan turret yang kalian bangun. Hanzo, karakter yang berdomisili di Jepang ini dibekali senjata panah yang bernama Storm Bow. Jika kalian berhasil menembakan kearah kepala musuh, damage yang diberikan akan sangat besar bahkan kalian dapat membunuh musuh-musuh kalian dengan satu kali hit saja. Dari masing-masing karakter yang tersedia punya ritme permainannya. Tidak hanya karena skill yang mereka punya, tapi juga cara bekerja dari senjata yang dimiliki oleh setiap masing-masing karakter. Keren kan ?

Hearing atau mendengarkan langkah kaki itu cara menditeksi musuh yang bisa pemain profesional gunakan dalam game FPS atau shooter. Uniknya, Blizzard bahkan membuat setiap karakternya mempunyai suara langkah kaki yang berbeda-beda disetiap karakternya. Jika kalian perhatikan, kalian akan dapat menebak karakter-karakter yang ada disekitar kalian dengan mendengarkan suara langkah kaki saja loh. Tidak terlepas langkah kaki dari tim kalian sendiri maupun dari langkah musuh-musuh kalian. Kemampuan Blizzard yang menciptakan setiap identitas yang unik disetiap karakter-karakternya patut kita apresiasi. Yang mungkin dapat membuat kalian berharap dan membayangkan untuk sebuah mode campaign di waktu yang akan datang.

Blizzard!

Blizzard – Mengkhawatirkan fakta bahwa ini adalah game yang berbasis multiplayer, yang sayangnya dibeberapa kasus contohnya seperti Evolve, tidak ada jaminan kalian akan mendapatkan pengalaman yang sudah kalian beli  atau bayar sebelumnya. Dimana selalu ada kesempatan game-game multiplayer seperti ini berakhir begitu saja yang ditinggalkan komunitasnya saat beberapa bulan telah di rilis dan tak tersentuh di sudut ruangan kamar kalian. Dan tebak ? Kalian akan merasa bahwa yang kalian investasikan dengan uang ratusan ribu rupiah akan berakhir percuma. Apakah Overwatch akan mengalami kasus yang sama ? Memang terlalu dini untuk memutuskan, tapi kami juga punya satu kata kunci yang membuat kami sedikit lebih optimis.

Blizzard adalah developer raksasa yang tidak bisa kita pandang sebelah mata dengan game-game berkualitas yang telah dilirisnya. Developer ini memiliki komitmen yang besar untuk membuat game-game yang dirilisnya terus aktif dengan konten-konten yang segar yang ditawarkan, Overwatch cukup mejanjikan dibawah naungan developer ini. Salah satunya adalah Diablo 3 dimana game ini lebih banyak kirik dan pertanyaan di awal pertama kali dirilis oleh Blizzard. Perlahan-lahan dengan kreatifitas dan konsep yang matang. Blizzard memahami, dan menerima semua kritik dan pertanyaan  dan akhirnya mengubahnya menjadi respon yang begitu positif dari para gamer yang menyukainya. Tidak perlu khawatir Overwatch akan cepat tenggelam, jika kita lihat dari kesuksesan game-game dibawah naungan Blizzard seperti Heartstine dan Heroes of the Storm yang didukung juga oleh komunitas yang aktif.

Tidak terlepas dari hal-hal yang dikhawatirkan, tapi Overwatch berkesempatan berjalan secara dinamis meskipun telah dirilis dan memasukin bulan-bulan setelahnya. Blizzard berkomitmen dan telah mengemukakan bahwa akan terus memunculkan Skins dan fitur-fitur baru dan beberapa mode (Ranked yang belum dibuka, dimasa yang mendatang nanti), dengan menawarkan “Hero-hero” yang baru dan konsistensi dalam melakukan balancing agar para pemainnya tetap dapat pengalaman-pengalaman yang baru. Blizzard, tidakkah cukup membuat rasa kekhawatiran akan itu semua sedikit menghilang. Ini sebuah pendekatan yang masuk akal daripada sekedar pertanyaan yang hadir dan berakhir sebagai “fanboy” atau sebagainya.

Is It Still Worth Buying Overwatch?

Pendapat kami dari menjelajahi dua game yang sangat menarik ini antara Batlleborn dan Overwatch, meskipun keduanya memberikan kesan yang seru. Overwatch lebih memberikan kesan yang menarik dan mempunyai adiktif tersendiri. Kombinasi antara MOBA dan game shooter yang berelemenkan casual (mudah dikuasai) yang sedikit ‘dibumbui’ oleh petualangan dan cerita yang menarik, menjadikan game ini patut kalian coba.

Menjelajahi map-nya dengan mencoba mengenal “Hero” yang ada dan berperang di medan pertempuran yang tak kalah serunya, proses itu akan kalian lewati terus jika kalian memainkan game ini. Dan kalian akan selalu termotivasi dengan Skins dan Items berbeda sebagai loot yang bisa kalian dapatkan dan kumpulkan. Alasan kami lebih tertarik dengan game ini bukan hanya dari gameplay-nya saja, tetapi dengan di bawah naungan Blizzard tidak diragukan lagi tentang basis komunitas yang aktif yang mereka miliki. Game ini membutuhkan 60fps untuk versi konsol menjadi satu racikan yang dieksekusi dengan lembut yang menjadikannya cantik dengan dua unsur itu.

Berbicara tentang selera pribadi kalian masing-masing yang akan membawa kalian kepada keputusan akan membeli Overwatch atau tidak. Karena bagi kami, game ini terasa ‘nikmat’ saat kami memainkannya, tapi tidak menutup kemungkinan konten yang terbatas bisa membuat kalian cepat merasa bosan dan tak lagi menikmatinya. Namun, skenario yang kalian dapatkan tidak akan terasa sama, karena basis dari game ini adalah multiplayer. Berkat user lainnya dan pilihan karakter dari “Hero” yang ada akan selalu memberikan jalan cerita yang berbeda disetiap pertempuran yang akan kalian lewati. Kalianlah yang menentukan apakah pantas game dengan rating AAA ini mengocek uang didompet kalian.

.