Captain Marvel telah menjadi bagian dari jajaran film MCU sejak yang tayang di bioskop seluruh dunia sejak tanggal 6 Maret 2019 kemarin, Vriends yang sudah menonton mungkin bertanya-tanya: siapa dan apakah bangsa Kree dan Skrull ini? Karena memang inilah pertama kali kedua bangsa ini diperlihatkan dengan jelas dan terlihat kedua bangsa ini memiliki konflik yang berkepanjangan dan telah menyimpan kebencian yang mendalam bagi kedua bangsa tersebut. Bagaimana peran Captain Marvel didalam cerita ini?

Carol Danvers adalah seorang pilot yang juga memiliki kekuatan yang luar biasa, terbang, menembak laser, dan dia digadang-gadang menjadi musuh terberat Thanos di Avenger-EndGame. Pada film ini, Carol dipanggil Vers dan menjadi sebuah pasukan khusus Kree untuk membasmi Skrull yang telah mengancam perbatasan dan menghancurkan beberapa pesawat tempur Kree dan mengancam keamanan serta kestabilan peradaban Kree.

Permusuhan Skrull dan Kree memang telah terjadi lama bahkan telah melekat di pecinta komik marvel, dimana event ini merupakan kejadian yang besar dan terus terjadi. Bahkan Avenger beberapa kali terlibat dalam perseteruan Skrull dan Kree yang kebetulan terjadi di bumi dan daerah sekitarnya.

Siapa itu Skrull?

Captain Marvel Enemy

Dalam komiknya, Skrull adalah sebuah ras yang telah menjajah banyak planet yang menjadikannya peradaban multi-planet yang kuat. Kemampuannya shapeshifter atau berubah wujud menjadi makhluk apapun membuatnya dapat menyusup ke peradaban manapun tanpa terdeteksi dan menghancurkan peradabannya dari dalam, membuatnya menjadi infiltrator kuat dan berbahaya bagi alam semesta.

Ada ketertarikan bangsa Skrull terhadap bumi karena menyimpan teknologi yang telah lama dicari oleh bangsa Skrull karena disembunyikan oleh prajurit bangsa Kree yang diam di bumi. Tetapi bangsa Skrull tidak melakukan invasi besar-besaran ke planet bumi karena bangsa Kree akan membaca hal tersebut dengan mudah dan dapat memukul balik Skrull dari kuadran orbit bumi. Bumi juga disinyalir memiliki hubungan dengan zona-negatif, dimana didalamnya memuat kekuatan yang bisa membantu Skrull memenangkan perang.

Perwujudan asli Skrull yang paling mencolok adalah berkulit hijau dengan telinga lancip keatas. Kontur wajahnya pun bergaris-garis dan memiliki pola yang berbeda-beda. Pada evolusi bangsa Skrull, mereka bukan hanya dapat menyerupai fisik makhluk yang dituju tetapi juga dapat meniru kekuatan yang dimilikinya. Hal ini yang mendasari cerita Secret Invasion.

Siapa itu Kree?

Di komik, bangsa Kree adalah ras yang telah menduduki planet Hala yang menjadikannya planet rumah dan juga menguasai planet-planet disekitarnya. Bangsa Kree merupakan bangsa yang memiliki pengeahuan dan teknologi yang tinggi bahkan memiliki ketahanan dan kekuatan dua kali lebih besar daripada manusia di bumi, karena atmosfir Hala lebih tinggi kadar nitrogen yang lebih tinggi daripada di bumi.

Sejak lama, bangsa Kree membuat kesatuan khusus yang dipakai sebagai alat petarung dan penjaga peradaban dan planet-planetnya. Bangsa Kree juga mengirim beberapa prajuritnya termasuk bumi untuk melakukan penelitian dan menciptakan teknologi baru yang bisa dipakai untuk memenangkan perang melawan Skrull dan menguasai galaksi.

Perwujudan bangsa Kree terlihat dari kulitnya yang berwarna biru dan ada beberapa yang berwarna merah muda karena mutasi genetik alami. Salah satu bangsa Kree yang mendiami bumi itu adalah Mar-Vell yang menjadi teman Carol Danvers a.k.a. Captain Marvel. Di MCU, salah satu bangsa Kree yang terkenal adalah Ronan The Accuser yang menjadi protagonis utama Guardian of The Galaxy vol.1.

Carol Danvers a.k.a Captain Marvel

Carol Danvers adalah wanita muda yang tumbuh di bumi dan menjadi anggota Air Force di kemiliteran Amerika. Karena perkenalannya dengan salah satu bangsa Kree Mar-Vell, Carol pun mendapati konflik yang menjadikan dirinya berubah menjadi manusia setengah Kree karena alat yang dibuat oleh Mar-Vell lalu Carol menyebut dirinya adalah Captain Marvel. Kekuatannya yang besar membuat Carol sulit untuk mengendalikannya bahkan dapat dibutakan dan menjadi prajuri Kree dan menyerang membabi-buta. Kemampuan Capain Marvel adalah Photon Energy, dimana kekuatan ini bekerja layaknya baterai energi yang tidak pernah habis karena pada awalnya Carol mendapat energinya dari Energy Core.

Pada versi filmnya, Captain Marvel mengalami amnesia dan mencoba mencari jati dirinya yang dulu. Beberapa kali Carol mendapati pikirannya kacau dan mengalami flashback berat karena memang isi kepalanya dimasuki oleh bangsa Skrull yang menculiknya. Siapa yang mengetahui bahwa Carol yang merupakan seorang prajurit pahlawan bangsa Kree ternyata memiliki kisah yang hilang di bumi. Beruntung bangsa Skrull menuntunnya kesana dan mulai sedikit demi sedikit membuka ingatan dulunya dan bertemu beberapa karakter ikonik di MCU yaitu agen Nick Fury dan Agen Coulson yang masih menjadi rekan kerja sebagai agen S.H.I.E.L.D.

Siapa yang tahu bahwa keberadaannya di bumi dapat memulihkan ingatan masa lalunya dan membuka kekuatan penuhnya dapat menyeimbangkan konflik antara Skrull dan Kree yang telah merusak dan membunuh banyak korban dari kedua belah pihak.

Bagaimana pendapat kalian tentang film Captain Marvel? Share pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini, sampai jumpa lagi!