Cara Menampilkan FPS (Frame Rate) di Dalam Games PC – Hai Vriends… Apa kalian suka bermain game? Atau mungkin seorang gamers sejati? Pasti diantara kalian ada yang sedikit penasaran, seberapa baik sih kinerja PC kalian pada saat bermain. Atau bagaimana sih cara untuk melihat kinerjanya, apa PC kalian stabil atau tidak.

Nah, disini penulis akan memberitahu cara termudah untuk melihat kinerja PC kalian. Sangat mudah caranya, kalian cukup memeriksa FPS (Frame Rate) saat didalam game. Ini juga dapat digunakan untuk mendiagnosis beberapa masalah pada hardware atau software, yang mungkin mempengaruhi kinerja permainan secara keseluruhan.

Frame Rate yang akan kalian dapatkan nanti, bergantung pada hardware yang kalian gunakan. Seperti graphics cardprocessor dan RAM. Namun, terkadang kurangnya pengoptimalan pada software dari sisi pengembangan game­­-nya, masalah frame rate akan menurun mungkin bisa terjadi.

Meskipun kalian memiliki hardware yang sangat bagus. Ada beberapa cara untuk mengecek Frame Rate game favorit kalian. Berikut 3 cara menampilkan FPS (Frame Rate) di dalam games PC.

NVIDIA GeForce Experience

fps

Jika Vriends memiliki graphics card NVIDIA GeForce, kalian dapat memanfaatkannya untuk memeriksa Frame Rate pada semua gameSoftware ini dapat diunduh secara gratis pada situs resmi GeForce. Setelah kalian mengunduh dan meng-install NVIDIA GeForce, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan penghitung FPS.

  • Klik “Alt + Z”, dan kalian akan dapat memunculkan GeForce Experience Share. Sekarang, pergi ke pengaturan dengan mengklik ikon berbentuk roda gigi.
fps
  • Kemudian, klik “Overlays” untuk sampai ke bagian di mana opsi untuk mengaktifkan / menonaktifkan penghitung FPS berada.
fps
  • Terakhir, klik pada “FPS Counter” dan pilih posisi di mana kalian ingin menampilkan frame rate dari game yang akan dimainkan nanti.

Setelah membuka game, kalian akan melihat penghitung FPS pada salah satu dari empat sudut layar yang diatur sebelumnya.

MSI Afterburner

MSI Afterburner adalah software yang dapat digunakan oleh semua orang, terlepas dari kartu grafis apa yang kalian gunakan. Software  ini dapat diunduh secara gratis dari situs resmi MSI Afterburner. Selama proses instalasi, pastikan kalian mencentang kotak untuk MSI Afterburner dan Server Statistik Rivatuner. Karena kedua software bekerja bersama-sama untuk menampilkan Frame Rate di layar kalian.

Setelah selesai menginstal, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan penghitung FPS dalam sekejap:

  • Buka MSI Afterburner dan buka Pengaturan dengan mengklik ikon berbentuk roda gigi.
  • Sekarang, pergi ke bagian Monitoring dan temukan opsi “Framerate” dengan sedikit scroll kebawah. Klik itu dan lihat bagian bawah, di mana ada tiga kotak. Centang kotak “Show in On-Screen Display” dan klik OK untuk menyimpan pengaturan Selain itu, kalian juga dapat mengaktifkan opsi tampilan tambahan pada layar. Ini untuk variabel yang berbeda termasuk suhu CPU, penggunaan CPU, suhu GPU, penggunaan GPU, penggunaan RAM dan banyak lagi. MSI Afterburner menjadikan software ini sebagai multi-guna, untuk dapat memeriksa semua fungsi hampir setiap komponen penting dalam sistem yang kalian punya.
  • Kemudian, kalian harus memastikan bahwa Rivatuner Statistics Server juga dibuka di latar belakang. Karena jika tidak terbuka, Frame Rate tidak akan muncul pada layar. Selain itu, pastikan “Show On-Screen Display” aktif pada Rivatuner Statistics Server.

Itulah prosedur cara memakai MSI Afterburner. Mulai sekarang, disaat kalian menjalankan game apa pun, detail Frame Rate (dan beberapa informasi lainnya, jika kalian telah mengaktifkannya) akan ditampilkan di bagian kiri atas layar kalian.

FRAPS

Cara menampilkan FPS terakhir dan paling termudah adalah Fraps. Software ini cukup terbilang paling mudah diantara yang lainnya. Kebanyakan orang juga sudah memakai Fraps, sebagai alat untuk memeriksa Frame Rate disaat bermain games PC. Kalian cukup mengunduh aplikasi Fraps dan langsung kemudian menjalankannya.

Sekarang kalian buka game apa saja dan Frame Rate akan ditampilkan dalam warna kuning disudut kiri atas layar, secara default. Namun, kalian juga dapat mengubah posisi Frame Rate dengan mudah dan bisa disesuaikan dengan yang kalian mau.

Sekian dari penulis, semoga dari penggunaan Frame Rate ini bermanfaat bagi kalian semua. Disini penulis sangat menyarankan untuk memeriksa Frame Rate game kalian dari waktu ke waktu. Hanya untuk mendiagnosis masalah apa pun yang akan mungkin kalian hadapi pada sistem, terlepas dari apakah masalah pada hardware atau software kalian.

Jika kalian mencari cara termudah untuk menampilkan FPS, Fraps cukup jadi pilihan terbaik. Tetapi, ketika kalian ingin meng-custom atau ingin memeriksa kemampuan kinerja dan suhu perangkat keras yang penting lainnya di PC kalian, MSI Afterburner solusinya. Jadi, aplikasi mana yang ingin Vriends gunakan untuk memeriksa informasi Frame Rate? Semua aplikasi ini bagus, tergantung dari kebutuhan PC kalian.

.