Di jaman sekarang ini, banyak orang-orang sering mengabadikan momen menarik dalam hidupnya kedalam foto yang kini bisa di akses dengan mudah melalui ponsel pintarnya masing-masing. Kemudahan tersebut juga membuat hampir semua orang ingin membagikannya lewan media sosial.

Sama halnya dengan para gamer, dengan begitu indahnya visual yang mampu dihadirkan dalam suatu game di jaman sekarang ini membuat para pengembang konsol termasuk Sony menyertakan sebuah fitur yang memungkinkan para player-nya bisa mengabadikan momen menarik dan tak terlupakan dalam suatu game baik berupa gambar maupun video.

Dalam artikel kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara mengambil screenshotsdan merekam video gameplay di PlayStation 4.

Setting Share Menu PS4

Pertama, atur dulu PS4 kamu agar lebih mudah dalam mengambil gambar dan video gameplay nantinya. Lewat menu Settings, Sharing and Broadcasts, lalu ubah Share Button Control Type menjadi Easy Screenshots. Atur juga Length of Video Clip atau durasi video yang ingin kamu rekam, PlayStation 4 sendiri menyediakan durasi video dari 30 detik hingga 1 jam.

Cari menu Settings di layar PS4 kamu
Pilih Sharing and Broadcasts
Akan muncul tampilan seperti ini
Pilih Easy Screenshots untuk mempermudah kamu dalam menangkap screenshots dan merekam video
Atur durasi video

Mainkan Game-nya!

Setelah kamu selesai mengatur share menu agar lebih mudah dalam menangkap screenshots maupun video, kamu bisa langsung memainkan game yang ingin kamu rekam ataupun ambil gambarnya.

Sayangnya tidak setiap momen dan game akan support dengan fitur yang satu ini, karena beberapa developer khususnya developer Jepang cenderung menutup diri dan berfikiran jika menggunakan fitur ini dan membagikannya di media sosial ataupun mengupload video hasil rekamannya ke Youtube malah akan merusak pengalaman bermain gamers memainkan game tersebut.

Indikasinya kamu akan menemukan pesan “you entered a blocked scene” saat hendak merekam ataupun mengambil gambar. Penulis sendiri merasakan pengalaman ini saat memainkan game Persona 5.

Ambil Screenshot & Rekam Video Hanya dengan Satu Tombol

Kini kamu bisa mengambil gambar dan merekam video dari game yang sedang kamu mainkan hanya dengan menekan satu tombol yang memang didedikasikan khusus untuk fitur ini bernama “share button” di dualshock controller PlayStation 4-mu.

Dengan menekan satu kali tombol share kamu bisa menangkap gambar, sedangkan dengan menekan dua kali tombol share kamu bisa merekam video dari game yang sedang dimainkan. Gambar dan video yang telah berhasil terekam akan tersimpan di folder Capture Gallery.

Kamu bisa menemukan gambar dan video yang telah direkam di Capture Gallery
Semua Screenshots bisa ditemukan disini

Bagikan di Media Sosial

Kamu bisa membagikannya di media sosial baik itu Facebook ataupun Twitter, kamu juga bisa mengcopy folder tersebut terlebih dahulu ke PC jika ingin membagikannya ke media sosial lain. Gunakan flashdisk berformat exFAT dan FAT32, tekan tombol option di folder yang ingin kamu copy, pilih “Copy to USB Storage Device”.

Bagikan di Facebook dan Twitter
Tekan tombol option di folder yang ingin kamu copy, lalu pilih Copy to USB Storage Device.
Pilih file yang ingin kamu copy
Tampilan folder di PC

Selain untuk membagikannya di media sosial, fitur ini juga sangat berguna untuk penulis pribadi selaku reviewer game yang memang mebutuhkannya untuk kepentingan feature image atau gambar artikel.

Itulah “Cara Mengambil Screenshots dan Merekam Video Gameplay di PS4” Semoga saja artikel ini bisa membantu kamu para gamer yang baru saja membeli PlayStation 4 dan penasaran dengan fitur yang satu ini ataupun para konten kreator Youtube yang belum mampu untuk membeli perangkat rekam sekelas Elgato yang memang terbilang mahal. Sekian dan Terimakasih!

Sumber: digitaltrends.com