Mungkin buat kamu para gamer yang terbiasa memainkan konsol PlayStation 4, pada akhirnya akan selalu memilih menggunakan DualShock 4 sebagai basis kontrol utama dibandingkan keyboard dan mouse saat main game di PC. Hal tersebut juga dialami oleh penulis sendiri, yang kadang sulit mengingat tombol-tombol untuk mengeksekusi pergerakan dalam suatu game jika menggunakan keyboard.

Sayangnya di PC sendiri, tidak semua game support dengan DualShock 4 Kontroler ini, alasannya karena PC juga merupakan sebuah platform bagian dari Microsoft yang notabene merupakan rival dari Sony itu sendiri. Untungnya dalam hal ini para fans tidak diam saja, mereka membuat sebuah software untuk mengemulasi kontroler PS4 seolah-olah menjadi sebuah kontroler Xbox yang dinamakan DS4Windows.

Saat menggunakan software ini kamu bisa memainkan hampir seluruh game PC menggunakan DualShock 4, namun tampilan kontrol dilayar akan berbentuk tombol-tombol Xbox seperti (X, A, B, Y, LB/RB, LT/RT). Oleh karena itu, kamu juga harus membiasakan diri untuk mengingat dimana letak tombol-tombol tersebut saat main menggunakan DualShock 4 ini.

Dalam artikel kali ini, penulis akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan software bernama DS4Windows ini untuk memainkan game PC dengan DualShock 4 Kontroler.

Download DS4Windows

DualShock 4

Pertama, kamu harus men-download dulu software-nya di website ds4windows.com, kamu bisa mengetahui informasi mengenai lengkap mengenai DS4Windows seperti bentuk tampilannya, cara mensetting layout kontroler menjadi lebih nyaman saat digunakan, hingga mengatur warna lightbar yang ada pada DualShock 4 kontroler tersebut. Disana juga terdapat informasi lengkap mengenai build version selama ini.

Install DS4Windows

DualShock 4

Setelah software ini selesai kamu download, biasanya akan membentuk Zip file yang bisa langsung kamu Extract di lokasi yang kamu mau. Setelah di Extract akan ada dua file .exe, pertama DS4Updater.exe untuk memastikan driver software ini selalu up-to-date dan memberikan update terbarunya secara otomatis, kedua ada DS4Windows.exe untuk menginstall software ini di PC kesayanganmu, lakukan proses installing sesuai dengan prosedur yang tertera secara lengkap disana.

Hubungkan DualShock 4 Kontroler ke PC

DualShock 4

Kamu bisa menggunakan dua cara untuk menghubungkan DualShock 4 kontroler ini ke PC. Pertama kamu bisa langsung saja meng-connect kontroler PS4 kamu secara wired(kabel) menggunakan USB ke PC. Kedua, kamu juga bisa menghubungkannya secara wireless menggunakan Bluetooth yang tentunya lebih nyaman ketimbang menggunakan kabel seperti cara pertama, namun pastikan dulu PC atau laptop kamu memiliki Bluetooth receiver di dalamnya.

Jika tidak punya, kamu bisa membeli USB 2.0 Bluetooth Mini Wireless Adapter di toko-toko komputer. Untuk menghubungkan Dualschock 4 ke PC via Bluetooth, pertama tekan dan tahan PS Button & Share button selama tiga detik sampai lightbar-nya menyala.

DualShock 4
Tekan dan tahan PS Button & Share button selama tiga detik sampai lightbar-nya menyala!
DualShock 4

Lalu buka Bluetooth settings di PC kamu, di Windows 10 kamu bisa mengaksesnya di pojok bawah paling kanan layar komputermu berbentuk speech bubble icon klik dan akan muncul Action Center, klik ‘Bluetooth’ dan pilih ‘Wireless Controller’. Jika kamu diminta untuk memasukkan pair code terlebih dahulu, tulis saja 0000. DualShock 4 kontroler-mu sekarang terhubung ke PC secara wireless.

Itulah “Cara Menggunakan DualShock 4 Kontroler PlayStation 4 di PC” semoga saja artikel ini bisa membantumu yang ingin memainkan game PC menggunakan kontroler PS4 karena mungkin merasa lebih nyaman ketimbang keyboard dan mouse seperti yang penulis alami selama ini. Sekian dan terimakasih!

Sumber: techradar.com