Xbox Game Pass merupakan layanan berbayar yang dihadirkan oleh Microsoft untuk para gamer yang tertarik mengakses dan memainkan ribuan game yang telah rilis di Xbox dari tiga generasi yang berbeda. Dari mulai Xbox original, Xbox 360, hingga Xbox One semua game yang telah rilis untuknya bisa kamu temukan dengan lengkap.

Menariknya, berbeda dengan dengan layanan PlayStation now dari Sony yang mengharuskan para pemainnya memainkan game secara streaming, kamu bisa langsung mondownload game yang telah kamu pilih dan menyimpannya kedalam hardrive. Kini, bukan hanya para pemilik Xbox One saja yang bisa menikmati layanan tersebut, para pemilik PC tepatnya pengguna Windows 10 juga bisa berlangganan.

Namun, mungkin rasanya masih banyak dari kamu yang tertarik untuk berlangganan tetapi tidak tahu cara menggunakannya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan cara menggunakan Xbox Game Pass di PC.

Langganan Game Pass

Ada dua cara kamu bisa berlangganan Game Pass, pertama dengan mendownload aplikasi gratis bernama Xbox app yang mengharuskanmu menginstall aplikasi tersebut di PC. Sementara yang satu lagi adalah mencarinya secara manual lewat Microsoft Store. Setelah itu untuk mulai berlangganan, kamu bisa membayar seharga $4.99 perbulan untuk bulan pertama, setelah itu kamu harus membayar seharga $9.99 untuk bulan-bulan selanjutnya. Atau jika kamu ingin menikmati layanan yang memberikanmu akses game yang sama ditambahan Xbox Live Gold didalamnya, kamu bisa berlangganan Game Pass Ultimate dengan membayar $14.99 perbulan.

Akses Lewat aplikasi

  • Download terlebih dahulu Xbox app di Windows 10 PC kamu. Pergi ke Microsoft Store dan cari “Xbox (Beta)” app lalu install aplikasi tersebut.
  • Log in dengan akun Microsoft-mu, kamu bisa langsung menemukan menu Game Pass games di halaman pertama dengan tampilan yang lebih mudah dimengerti daripada tampilan store defaultnya yang lebih rumit.
  • Setelah menemukan game yang kamu inginkan tinggal download lalu install.

Akses Lewat Microsoft Store

  • Buka Microsoft Store.
Xbox Game Pass
  • Di Store homepage, klik tombol menu di pojok kanan atas halaman, lalu pilih “My Library” untuk melihat semua konten yang kamu miliki.
  • Cari “Xbox Game Pass” lalu klik pilihan tersebut. Semua game yang temasuk kategori Game Pass akan terlihat.
Xbox Game Pass
  • Pilih game yang kamu inginkan, download, lalu install di hardrive.

Sayangnya menu ini menampilkan seluruh Game Pass game, termasuk beberapa game yang hanya bisa dimainkan oleh pemilik Xbox One saja. Tidak ada cara untuk memfilter tampilannya agar tidak menampilkan game-game eksklusif Xbox. Oleh karena itu, kamu harus memilih terlebih dahulu mana yang bisa dimainkan di PC nantinya.

Itulah cara menggunakan menggunakan Xbox Game Pass di Windows 10 PC, mudah-mudahan artikel ini bisa memberikanmu informasi menarik. Sekian dari penulis, dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya!

Sumber: https://www.theverge.com