Casing dalam mechanical keyboard merupakan salah satu hal yang paling utama dan menentukan dari mechanical keyboard, bahan yang digunakan, finishing yang diaplikasikan, fitur yang diberikan, hingga harga yang ditawarkan menentukan sekali dalam pemilihan mechanical keyboard. Tentu saja banyak sekali jenis casing yang ditawarkan namun secara garis besar terdapat 2 jenis casing mechanical keyboard yang dijadikan patokan ketika membeli mechanical keyboardcasing metal atau casing plastik. Tentu saja keduanya pun mempunyai harga yang berbeda sekali, dan tentu saja banyak kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis, disini Virtual Verbal akan menjelaskan tentang casing high end yang tentu saja kualitasnya masuk kategori terbaik.

Casing mechanical keyboard plastik merupakan casing yang paling standar digunakan, biasanya brand-brand seperti ducky, filco, varmilo, leopold, dll, selalu menggukanan casing plastik selain harganya yang murah tentu saja untuk produsen keyboard dengan kuantitas yang tinggi menggunakan plastik merupakan opsi paling realistis sehingga target pasar pun semakin tinggi dan tercapai.

Plastic Case
Plastic Case

 

Casing mechanical keyboard metal merupakan casing yang biasanya digunakan dalam keyboardkeyboard high end, selain bahannya yang solid, bahan yang digunakan pun macam-macam mulai dari aluminum, stainless, dll, aluminum pun terbagi-bagi tipe dan tingkat kepadatannya namun pada dasarnya keyboard dengan case berbahan aluminum lebih baik dan solid dibandingkan keyboard dengan case berbahan plastik.

Metal Case (Aluminum) Casing Mechanical Keyboard
Metal Case (Aluminum)

 

Jika menggunakan case berbahan metal tentu saja hal yang paling penting adalah finishing-nya, untuk case berjenis aluminum yang banyak sekali digunakan untuk pembuatan casing, biasanya finishing dilakukan dengan cara powder coating dan anodizing. Finishing menjadi hal yang sangat membedakan bagaimana sebuah casing metal bisa disebut bagus atau kurang bagus, semakin baik pengerjaan finishing semakin halus pula casing ketika kita pegang dan semakin bagus pula warna yang dihasilkan, dan tentu semakin halus semakin bagus pula berarti pengerjaan casing tersebut.

Hasil Anodizing Aluminum
Hasil Anodizing Aluminum

 

Powder Coating
Powder Coating

 

Berbeda dengan casing plastik, harga mechanical keyboard dengan casing metal biasanya mempunyai harga yang sangat mahal, karena bahan dan pembuatannya serba lebih jika dibandingkan dengan plastik, sehingga kadang casing jenis metal biasa disebut dengan high end case dikarenakan selain harganya yang mahal build quality-nya pun diatas rata-rata. Tentu saja casing metal dan plastik mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Casing plastik mempunyai kelebihan seperti bobot yang ringan sehingga cocok untuk dibawa kemana-mana, harga yang relatif murah dibandingkan dengan casing metal, dan mempunyai kekurangan seperti mudah sekali rusak, contohnya apabila jatuh atau apabila kamu seorang typist yang jorok senang merokok ketika mengetik apabila rokok jatuh ke casing, otomatis plastik pun langsung rusak meleleh, hampir sama seperti hati kamu saat menemukan laki-laki atau perempuan idamanmu, meleleh, melted dan ahhh.

Casing metal mempunyai kelebihan seperti, bobot yang berat sehingga solid sekali ketika kita mengetik keyboard tidak akan bergerak kesana kemari ketika mengetik, tampilannya yang solid, kuat dan tahan banting, kekurangan casing metal yaitu harganya yang mahal, terkadang ada kasus dimana apabila grounding dirumah kita benar-benar jelek, keyboard suka nyetrum, berat tidak cocok untuk dibawa kemana-mana.

Masih banyak sekali sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis casing tersebut, contoh diatas hanya garis besarnya saja, masih banyak sekali sebenarnya jika kita sudah terjun ke dunia mechanical keyboard, mulai dari tingkat kehalusan finishing hingga machining, yang mungkin jika VirtualVriends termasuk orang yang sangat sensitif bisa merasakan perbedaan dari macam-macam jenis case.