Dari zaman konsol Atari hingga sekarang Cheat merupakan salah satu jalan pintas yang ditempuh para gamer untuk menyelesaikan game agar menjadi lebih mudah dimainkan.

Tentu saja yang namanya Cheat itu tidak baik untuk kesehatan bermain game, selain membuat game menjadi terlalu mudah dimainkan ada efek cenderung mudah bosan pula, Cheat merupakan bahasa Inggris yang artinya itu curang, ya curang, dan yang namanya curang itu tidak baik dan tidak sehat.

Apa Hubungannya Cheat dengan Kehancuran Industri Bisnis Game Online di Indonesia?

Hubungannya sangat erat sekali, ibarat jauh dimata dekat di hati, walaupun susah didapat tapi tetap diminati. Ya, sekali kamu bermain menggunakan cheat, sulit sekali untuk lepas darinya. sama halnya di dunia game online, hampir seluruh game yang ada di luaran sana selalu saja ada cheat-nya.

Tidak jauh dengan bisnis game online di Indonesia, bahkan di penjuru dunia pun yang namanya cheat benar-benar merusak bisnis game online. Sekalinya sebuah cheat muncul dalam sebuah game siap saja game tersebut untuk gulung tikar.

Contoh saja seperti Ragnarok Online, dengan beribu-ribu player yang online dalam satu server harus tamat di tangan cheat yang berjenis Bot, selain merusak game tentu saja merusak juga jiwa keinginan para player untuk berkompetisi dengan sehat, dengan adanya cheat tentu saja membuat para player yang jujur merasa kecewa dan harus terpaksa menginggalkan game tersebut karena peta persaingan sudah tidak sehat.

Cheat Bot Ragnarok Online
Cheat Bot Ragnarok Online

Dan tidak hanya satu game saja bahkan game sebesar Counter Strike Global Offensive saja yang standar kompetisinya sudah mendunia dengan hadiah miliaran rupiah, masih saja hingga sekarang ada cheat dan cheater, bahkan ada kasus para pemain atlet profesional di game CS:GO terindikasi bahkan terbukti menggunakan cheat.

Sehingga game CS:GO pun mendapatkan predikat game yang kurang bersih untuk dimainkan, bahkan saya penulis pun makin lama mulai sedikit malas untuk bermain CS:GO, karena hampir 1 dari 5 game yang saya mainkan, hampir selalu bertemu dengan yang namanya cheater.

Cheat Wallhack dan Aimbot CS:GO

Banyak sekali gamegame lokal maupun internasional yang terindikasi banyak sekali cheater-nya, sehingga membuat tentu saja dunia bisnis game menjadi hancur dan kurang diminati.

Di Indonesia dengan tingkat pemain yang ‘toxictivitasnya’ tinggi sekali, membuat cheats benar-benar ibarat sarapan setiap hari, disetiap game selalu saja diselipi bumbu-bumbu msg bernama cheats, mulai dari Ragnarok, Point Blank, AyoDance, bahkan mungkin bermain Solitaire atau Minesweeper pun menggunakan cheats, sehingga bisnis dunia game online di Indonesia terhitung tidak tahan lama.

Beberapa contoh game yang hingga sekarang masih benar-benar layak untuk dimainkan dan bisa disebut bersih sekali dari para cheater adalahWorld of Warcraft dan DOTA2, 2 game tersebut benar-benar menjadi salah satu standarisasi bagaimana sebuah game bisa di katakan sukses dengan telah berjalan hingga beberapa dekade tanpa adanya isu kerusakan sistem dikarenakan cheats.

Kesimpulannya momentum yang didapatkan oleh perusahaan-perusahaan pengada game online di Indonesia tidak dikelola secara maksimal, sehingga ketika traffic pemain melonjak tinggi, tidak setara dengan biaya riset sistem anti-cheat yang harus dipasang pada sistem keamanan game mereka, sehingga pada akhirnya lonjakan pemain pun hanya sementara dan ujung-ujungnya gulung tikar juga.

Contoh game yang paling fenomenal di Indonesia itu Ragnarok Online, lonjakan pemain yang benar-benar diluar ekspektasi, sebenarnya merupakan sebuah keuntungan dan harusnya dijadikan sebuah momentum, namun tentu saja lonjakan pemain tersebut membuat para developer cheats semakin ingin menembus sistem keamanan dari game tersebut, guna merusak dan menyalah gunakan cheats tersebut untuk kepentingan dan keuntungan pribadi semata, maka dari itu seiring dengan lonjakan player seharusnya momentum tersebut dipakai untuk membuat sistem keamanan dalam game semakin ketat dan kuat, sehingga membuat para player yang bermain betah dan membuat umur game menjadi lama sekali.