E3 (Electronic Entertainment Expo) adalah sebuah ajang tempat berkumpulnya para pencinta, pengembang, dan pengusaha video game, baik itu video game yang terdapat di komputer, konsol, ataupun mobile. Di ajang E3, para garda depan industri video game berinteraksi di Los Angeles Convention Center, menjadi penghubung puluhan ribu manusia-manusia kreatif dan berpotensi yang memiliki gairah di bidang industri hiburan.

E3
Pengunjung di ajang E3 tahun lalu, sumber: Flickr

Selama tiga hari, acara akan dimeriahkan oleh kejutan-kejutan yang akan akan membuat para penggiat video game terkesima. Acara yang diselenggarakan di Amerika Serikat ini kerap dipakai sebagai kiblat industri game Barat yang sering bersaing ketat dengan para punggawa industri video game dari Timur, yang notabene didominasi oleh Jepang. Acara akan dimulai pada 13-15 Juni 2017, tepatnya musim panas di Amerika Serikat, yang sering dijadikan ajang buat liburan dan bertamasya para warganya.

E3
Pengunjung di ajang E3 tahun lalu. sumber: Flickr

Akan hadir juga para produser-produser video game indie yang tak mau kalah dengan para pemodal, biasanya para produsen video game indie bakal mengobrak-abrik pasar industri video game dari segi konsep yang biasanya lebih berani dan berwarna jika dibandingkan dengan para raksasa pengembang video game. Video game seperti  Life is Strange, Limbo, Shadow Tactics, dan Bastion adalah video game yang hadir dari tangan-tangan pengembang video game indie, dan telah cukup sukses memberikan suasana baru bagi para gamer.

E3
Suasana Electronic Entertainment Expo, sumber : Flickr

Acara yang telah terselenggara sejak Mei 1995 ini pastinya bakal terus ramai selama antusiasme untuk bermain video game terus ada. Mungkin E3 memang belum terlalu dikenal bagi para pencinta video game, khususnya di Indonesia.

Bila kalian para gamer Indonesia ingin menambahkan pengetahuan kalian tentang video game atau mungkin berminat untuk  mencari nafkah di bidang industri video game, mungkin ada baiknya untuk terus menambahkan referensi kalian mengenai ajang E3, siapa tahu kalian adalah salah satu punggawa masa depan di dunia industri video game? Tapi kalau sudah sukses jangan lupa sama kami ya, Virtual Verbal!

Situs Resmi E3: www.e3expo.com