SEA Games yang ke 30 (tiga puluh) yang berlangsung dari 30 November hingga 11 Desember 2019 telah rampung digelar. Diantara olahraga tradisional lainnya, Esports turut ambil bagian di dalam SEA Games untuk pertama kalinya sebagai salah satu kompetisi yang memperebutkan medali.

Melihat perkembangannya beberapa tahun terakhir, Mobile Legends : Bang Bang (MLBB) telah meraih popularitasnya di berbagai belahan dunia, terutama di ASEAN dan MLBB menorehkan namanya untuk menciptakan sejarah baru melalui kancah SEA Games.

Pada ajang Esports pertama di SEA Games, tim nasional Indonesia berhasil mendapatkan medali perak atas kerja kerasnya setelah harus takluk pada tim nasional Filipina di babak final. Medali emas pertama untuk MLBB jatuh kepada timnas Filipina dan medali perunggu berhasil diraih oleh timnas Malaysia.

Berbicara realita, Esports sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama hingga akhirnya bisa diterima sebagai event resmi pada gelaran event skala internasional, seperti di dalam SEA Games kemarin. Dengan suksesnya kompetisi Esports kemarin, hal ini menunjukan bahwa Esports memiliki potensi yang cukup besar untuk diikutsertakan pada kompetisi internasional lainnya di tahun – tahun yang akan datang.

Sebelum Esports berhasil menorehkan sejarahnya pada gelaran SEA Games, MLBB sendiri sudah melakukan penetrasi terlebih dahulu di industry Esports melalui Mobile Legends : Bang Bang Professional League (MPL) di negara – negara ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia dan Myanmar dan bahkan sudah pernah menyelenggarakan Mobile Legends : Bang Bang Southeast Asian Championship (MSC).

Dengan didukung oleh pecinta game-nya yang luar biasa tentu ini mendorong pertumbuhan dari industri Esports itu sendiri. Berdasarkan pengamatan dari beberapa pihak, MLBB saat ini bisa dibilang sebagai mobile game yang sudah mapan terlebih sekarang sudah mulai diakui pada gelaran internasional.

Memasuki tahun 2020, apa yang bisa diharapkan dari fans Esports untuk pengembang game? Bagaimana MLBB berkontribusi lebih pada pertumbuhan industrinya? Tentunya di tahun yang akan datang, MLBB akan berusaha untuk bisa menghadirkan tampilan serta pengalaman yang lebih menarik untuk para pemainnya baik itu pemain kasualnya atau pemain profesionalnya. Good game, well played!

Eksistensi

Untuk info dan berita lebih lanjut, bisa langsung mengikuti tautan MLBB pada laman berikut https://www.facebook.com/mobilelegendsgame.