Capcom bisa dibilang merupakan salah satu developer dan publisher yang telah malang melintang di industri game dari dulu hingga saat ini. Inovasi yang selalu mereka lakukan terhadap game-game racikannya membuatnya mampu bertahan dan bersaing dengan game developer lainnya.

Tidak hanya berkutat pada satu genre saja, developer yang satu ini selalu mencoba bereksperimen menerlurkan karya-karya baru meskipun tak jarang mengalami kegagalan. Namun ketika berhasil, mereka akan mempertahankannya dan memperbaiki beberapa aspek diseri-seri berikutnya agar game tersebut menjadi lebih baik lagi.

Salah satu hasil karya tersebut adalah Devil May Cry series, game dengan kepopuler tinggi serta telah memiliki basis fans besar diseluruh dunia ini juga merupakan salah satu hasil coba-coba Capcom yang berujung sukses dipasaran.

Dari mulai pengembangannya yang sebenarnya dirancanakan untuk seri Resident Evilnamun karena terlalu menitikberatkan pada sisi action ketimbang horror, tim developermemutuskan untuk mengembangkan franchise baru yang belum ada sebelumnya. Hingga pergantian nama sang karakter utama dari asalnya Tony menjadi Dante. Masih banyak sebenarnya fakta-fakta menarik yang wajib kamu ketahui apalagi buat kamu yang akan memainkan Devil May Cry 5. Oleh karena itu penulis akan membahasnya dalam artikel kali ini!

Dikembangkan oleh Pendiri PlatinumGames

Hideki Kamiya “PlatinumGames”

Buat kamu para penikmat game bergenre action dengan ritme cepat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan PlatinumGamesdeveloper yang telah melahirkan franchise game sukses sekelas Bayonnetta series, Metal Gear Rising: Revengeance, Vanquish,serta Nier Automata.

Salah satu pendiri dari PlatinumGames sendiri adalah Hideki Kamiya yang sebelumnya bekerja di Capcom sebagai desainer dan planner Resident Evil pertama.Sejak pengembangan Resident Evil 2, ia dipercaya untuk menempati posisi director. Kesuksesan Resident Evil 2 membuat Kamiya ditunjuk kembali sebagai directoruntuk proyek game yang nantinya akan menjadi Resident Evil 4.

Namun, karena konsep awalnya yang terbilang terlalu melenceng dari pakem Resident Evil itu sendiri yaitu survival horror, proyek game tersebut akhirnya dikembangkan secara terpisah sedangkan Resident Evil 4 dikerjakan oleh tim lain dengan Shinji Mikami sebagai pengganti Hideki Kamiya saat itu.

Game tersebut kemudian berganti nama menjadi Devil May Cry sebuah game action adventure yang memadukan gameplay hack and slash third-person shooter dengan fix camera angle. Tokoh utamanya pun berganti nama dari Tony menjadi Dante yang terinspirasi dari seorang penyair asal Italia Dante Alighieri.

Seri yang Tidak Berurutan

Devil May Cry merupakan salah satu franchise game yang memiliki timeline cerita yang tidak berurutan disetiap serinya. Sebelumnya Capcom menjelaskan bahwa jika ingin menikmati game ini sesuai dengan kronologi cerita yang disuguhkan tiap serinya, kamu harus memainkannya dari Devil May Cry 3-1-4-2 lalu kelima, namun beberapa waktu lalu Matt Walker selaku produser Devil May Cry 5 mengatakan bahwa mereka mengubah timeline ceritanya menjadi 3-1-2-4-5.

Meskipun banyak diantara fans yang tidak terlalu merekomendasikan player baru yang ingin memainkan seri kelimanya untuk memainkan Devil May Cry 2 terlebih dahulu karena ceritanya sendiri dianggap filler atau bahkan dianggap tidak canon.

Memiliki Adaptasi Manga dan Anime

Kesuksesan Devil May Cry series di industri game, membuat Capcom tak ragu untuk mengeluarkan adaptasi manga dan anime-nya. Manga-nya sendiri dirilis sebanyak 3 volume menceritakan kejadian sebelum Devil May Cry 3, kamu akan mengetahui lebih jelas mengenai latar belakang dan cerita dibalik layar beberapa karakter penting yang hadir di Devil May Cry 3 setelah membacanya.

Lalu adaptasi anime-nya yaitu Devil May Cry: The Animated Series yang tayang di Jepang pada tahun 2007 sebanyak 12 episode. Setting waktunya antara Devil May Cry pertama dan kedua, anime ini menawarkan cerita original yang tidak pernah diperlihatkan di versi game-nya dan menghadirkan kembali beberapa karakter penting seperti Trish, Lady dan tentunya Dante. Selain itu, anime ini juga memperkenalkan beberapa karakter original yang nantinya akan kembali di Devil May Cry 5 seperti J.D. Morison dan Patty Lowell.

Nero dan Vergil Disulihsuarakan Oleh Anggota Power Rangers

Tahukah kamu bahwa dua tokoh ikonik seri ini yaitu Nero dan Vergil disulihsuarakan oleh dua alumni Power Rangers? Buat kamu anak 90-an pastinya sudah tidak asing lagi dengan serial pahlawan super Amerika yang beranggotakan 5 hingga 6 orang ini. Kepopulerannya ketika masih sering ditayangkan di televisi swasta Indonesia sangat luar biasa dikala itu.

Kamu mungkin masih mengenal beberapa karakter di setiap season-nya, jika kamu masih mengingat Mighty Morphin Power Rangers, disana ada ranger hitam kedua setelah Zack yaitu Adam yang diperankan oleh Johnny Yong Bosch. Dialah yang mengisi suara Nero di Devil May Cry 4 hingga saat ini. Sedangkan Vergil sendiri diisi suaranya oleh Daniel Southworth yang pernah memerankan Eric Myers sang Quantum Rangerdi Power Rangers Time Force.

Pernah di Reboot

Setelah seri keempatnya yang dirilis tahun 2008, Devil May Cry seperti terbengkalai dibiarkan begitu saja tanpa ada niatan untuk diteruskan oleh Capcom, mungkin saat itu beberapa tim developernya lebih berfokus mengembangkan game lain membuat banyak fans menunggu kepastian soal Devil May Cry 5.

Hingga akhirnya pada tahun 2010 para gamers dikejutkan oleh sebuah trailer yang memperlihatkan aksi seorang remaja mengalahkan para monster dengan skillakrobatiknya yang menamakan dirinya Dante hingga layar judul pun mengemuka dan ternyata game ini adalah DMC buatan developer Ninja Theory.

Bingung serta aneh melihat penampilan Dante dan kelakuannya yang tidak mencerminkan versi original-nya membuat banyak fans kecewa dan melemparkan hujatan kepada Ninja Theory. Sebagai contoh Dante baik di versi game, manga, maupun di anime-nya bukan perokok sedangkan di DMC ia diperlihatkan secara jelas merokok.

Lalu yang paling menjadi kontroversi adalah rambutnya yang seharusnya berwarna putih malah terlihat hitam di DMC ini. Perubahan kontroversial itu ternyata dilakukan oleh Ninja Theory untuk mengubah image dari Dante itu sendiri karena sebenarnya DMC ini merupakan sebuah proyek Reboot yang bertujuan untuk membangun ulang cerita Devil May Cry agar lebih fresh dan menyesuaikannya dengan era modern.

Semua itu memang tercermin dengan konten cerita yang ditawarkan olehnya. Pada akhirnya meskipun kontroversial DMC sendiri terbilang sukses menawarkan formula barunya.

Kembali Lagi Setelah 11 Tahun Lamanya

Meskipun terbilang cukup sukses menawarkan formula barunya, Ninja Theorysepertinya tidak berniat untuk mengembangkan sekuel dari DMC. Membuat franchiseini kembali terbengkalai, hingga akhirnya setelah menjadi rumor tanpa kepastian sejak tahun 2017 yang lalu, pada acara E3 2018 Devil May Cry akhirnya kembali.

Sang director yang telah menangani seri ke 3 dan 4 yaitu Hideaki Itsuno bersama produser Matt Walker secara bangga mengumumkan bahwa Devil May Cry 5 akan menjadi lanjutan seri keempatnya. Kini para fans pun bisa berbahagia karena seri ini akhirnya bangkit kembali setelah 11 tahun lamanya.

Itulah “Fakta Menarik Devil May Cry Series yang Wajib Kamu Ketahui!” sekian dari penulis dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini.