Final Fantasy, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Franchise andalan Squeresoft yang kini berganti nama jadi Square Enix ini seakan-akan telah mengubah standar kualitas game JRPG pada zaman nya. Jalinan cerita yang solid, sistem gameplay yang unik, serta musik yang memorable di setiap serinya telah melekat di hati gamers yang memainkannya.

Salah satunya yaitu Final Fantasy X seri yang kala itu pertama kali menyertakan voice acting, visual yang lebih baik, beragam mini game yang unik, dan tentu saja jalinan cerita yang menarik ini telah dicintai oleh para gamer dan memiliki basis fans yang kuat. Terbukti dengan banyaknya versi HD Remaster yang dirilis untuk konsol Playstation 3, Playstation Vita, Playstation 4 hingga yang terakhir versi PC.

Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk memainkannya kembali di PC, lalu bagaimanakah sensasi setelah memainkan ulang game ini? Worth it-kah game ini untuk dimainkan kembali buat kamu yang sudah memainkan ataupun bahkan telah menamatkan versi Playstation 2-nya dulu? Berikut adalah pembahasannya!

Cerita Epik Yang Sama

Final Fantasy X HD Remaster

Dari segi cerita buat kamu yang telah memainkan versi Playstation 2-nya dulu pasti akan merasakan kembali pengalaman yang sama dan tidak akan ada perubahan sama sekali. Kamu masih akan berperan sebagai Tidus seorang pemain Blitzball terkenal yang merupakan Ace-nya tim Zanarkand Abes: salah satu tim terkuat di kota Zanarkand. Ketika pertandingan berlangsung, Tidus dikagetkan oleh kemunculan monster besar bernama Sin yang menghancurkan bangunan sekitar.

Selamat dari bencana tersebut, ia kemudian bertemu dengan teman ayahnya yang bernama Auron. Tidus yang dilanda kebingungan dan mencari jawaban kemudian diberi pedang peninggalan ayahnya oleh Auron dan dipaksa untuk bertarung melawan monster. Setelah melalui peristiwa yang mengejutkan tersebut, ia kemudian ditarik oleh Sin yang membuatnya terlempar ke masa depan, dan di situlah petualangannya dimulai.

Banyak tanda tanya di awal permainan, namun akan terjawab seiring progress cerita. Kombinasi cerita menarik, penuh humor, plot twist, dan emosional di penghujung permainan menjadikan Final Fantasy X ini merupakan salah satu seri terbaik yang pernah ada.

Final Fantasy X-2 HD Remaster

Untuk seri lanjutan dari Final Fantasy X ini, kita akan berperan sebagai tokoh heroine sekaligus summoner di seri sebelumnya “Yuna” yang kini telah menjalani kehidupannya sebagai seorang Idol. Agak aneh sih, karena di seri sebelumnya ia berkepribadian lembut dan sedikit pemalu.

Kejadiannya dua tahun setelah berhasil melawan Sin, dunia pun kini lebih damai. Namun ancaman lain kemudian datang dimana kini lebih berfokus antar fraksi yang ingin menjadikan “Spira” dunia di seri ini dibawah kekuasaannya masing masing. Yuna pun akhirnya bergabung dengan sebuah grup yang dinamakan “Gullwings” kini berpetualang untuk mencari spheres sebuah video yang berisikan cerita asal mula dunianya.

Semakin banyak misteri yang akan dipecahkan seiring progress cerita dan tentu saja ending yang emosional juga akan tetap dijumpai seperti seri sebelumnya.

Gameplay Klasik yang Tetap Dipertahankan

Untuk Final Fantasy X HD Remaster kita akan kembali disuguhi gameplay turn base strategy klasik khas Final Fantasy dengan sedikit elemen interaksi antar tokoh dan objek, serta banyak rahasia-rahasia seperti; celestial weapon (senjata terkuat yang hanya bisa didapat dengan memainkan mini game), mengeksplorasi tempat rahasia ataupun dengan mengalahkan boss tertentu.

Untuk Final Fantasy X-2 HD Remaster, gameplay-nya sedikit berbeda dimana kali ini menggunakan sistem pertempuran dress dan job, tetapi masih berbasis turn base strategy. Berbagai mini game dan rahasia pun masih dapat dijumpai pada seri ini.

Visual yang Memanjakan Mata

Tentunya visual mengalami perombakan menjadi lebih baik dari mulai tampilan wajah karakter, objek, hingga setting tempat menjadi lebih indah. Tak lupa dengan dihadirkannya fitur menu konfigurasi yang dapat ditentukan sesuai kehendak sehingga membuat kamu bisa bebas mengaturnya sesuai spesifikasi PC kamu masing-masing.

Apalagi jika dimainkan di settingan terbaik, tentunya akan menambah pengalaman yang jauh lebih baik dibandingkan versi Playstation 2-nya dulu. Benar-benar sensasi nostalgia yang memanjakan mata sehingga bisa membuat kamu betah di depan PC selama berjam-jam untuk menamatkan game ini.

Musik yang Memorable

Sudah tidak diragukan lagi bahwa setiap seri Final Fantasy tentunya memilki musik memorable yang seakan-akan mewakili setiap kejadian dalam game-nya dengan sempurna. Begitu pula dengan Final Fantasy X / X-2 HD Remaster ini, voice acting yang kuat serta dipadukan dengan musik yang memanjakan telinga karya composer  legendaris franchise Final Fantasy: Nobuo Uomatsu, pastinya akan terus terngiang-ngiang di telinga sampai beberapa tahun ke depan. Di awal permainan kita juga bisa memilih musik original versi Playstation 2-nya dulu ataupun musik yang kini telah diaransemen ulang.

Kesimpulan

Jika kamu adalah seorang gamer yang ingin mengenal Final Fantasy X dan X-2 ataupun yang sudah memainkannya di era Playstation 2 dulu tetapi ingin bernostalgia memainkannya lagi dengan pengalaman yang lebih baik, penulis sangat merekomendasikan untuk mencoba Final Fantasy X / X-2 HD Remaster versi PC ini. Karena, selain kamu akan mendapatkan pengalaman yang penulis jabarkan di atas, kamu juga akan mendapatkan tambahan bonus konten yang tidak ada di game originalnya yaitu Final Fantasy X Eternal Calm, Final Fantasy X-2 Last Mission dan Bonus Audio yang menggambarkan kehidupan Tidus dan Yuna setelah kejadian dalam game-nya, ditambah fitur autosave dan cheat yang bisa diaktifkan untuk membantu kamu menyelesaikan permainan.

SYSTEM REQUIREMENTS

MINIMUM:

    • OS: Windows Vista or later
    • Processor: 2GHz Dual Core CPU
    • Memory: 1 GB RAM
    • Graphics: NVIDIA Geforce 9600GT VRAM 512MB or later / ATI Radeon HD 2600XT VRAM 512MB or later
    • Storage: 37 GB available space
    • Sound Card: DirectX Compatible Sound Card

RECOMMENDED:

    • OS: Windows Vista or later
    • Processor: 2.4GHz quad-core CPU
    • Memory: 2 GB RAM
    • Graphics: NVIDIA Geforce GTX 450 / AMD Radeon HD 5750 with 512MB
    • Storage: 40 GB available space
    • Sound Card: DirectX Compatible Sound Card