Platformer Puzzle adalah sebuah genre yang cenderung simpel. Kita hanya perlu menyelesaikan sebuah puzzle maupun rintangan yang ada di dalam permainan untuk bisa terus maju. Kebanyakan gameplay games platformer puzzle itu side scrolling (maju terus ke kanan, contoh Mario Bross, Sonic, Megaman, dll) dan tampilannya 2 dimensi. Namun sekarang banyak games platformer mempunyai tampilan 2.5 dimensi bahkan 3 dimensi.

Ada banyak games platfomer puzzle yang ada saat ini. Tapi penulis ingin memberikan rekomendasi 4 games platformer puzzle terbaik tanpa narasi dalam gamenya. Disebut tanpa narasi karena tidak ada penjelasan sama sekali, baik voice over maupun dialog, sehingga kita diharuskan mencari tahu sendiri jalan cerita nya.

  • LIMBO

Kamu memainkan seorang anak kecil yang terbangun di hutan tanpa ada penjelasan siapa kamu, bagaimana kamu bisa disana, dan darimana kamu berasal. Tidak ada penjelasan sama sekali. Kamu hanya perlu maju terus ke depan dan bersiap menghadapi kejutan yang tidak kamu sangka. Dunia yang gelap, misterius, dan monokrom yang akan kamu saksikan sepanjang game.

Games Platformer Puzzle
Limbo

  • INSIDE

Games ini dibuat oleh developer yang sama dengan Limbo, yaitu PlayDead. Sama seperti Limbo, kamu memainkan seorang anak kecil yang tidak jelas asal usulnya dan harus melakukan apa. Kamu diharuskan menyelesaikan setiap puzzle di dalam game ini untuk bisa terus maju. Sepanjang games juga kamu akan disuguhi aksi kejar-kejaran dengan penjaga, menyamar, maupun bersembunyi sambil menyelesaikan puzzle yang ada.

Games Platformer Puzzle
Inside

  • LITTLE NIGHTMARES

Kesuksesan Limbo dan Inside membuat Tarsier Studios dan Bandai Namco membuat games dengan memakai formula yang sama dengan kedua games di tersebut yang diberi judul Little Nightmares. Tidak ada penjelasan dalam games nya, namun Tarsier Studios memberikan gambaran. Kalian memainkan anak kecil perempuan yang bernama Six, yang (lagi-lagi) tanpa penjelasan apapun terperangkap dalam dunia yang menyeramkan bernama The Maw. Kamu harus keluar dari tempat ini secara diam-diam.

Games Platformer Puzzle
Little Nightmares

  • UNRAVEL

Dibandingkan ketiga games sebelumnya yang bernuansa gelap, horror, dan menyeramkan, Unravel disajikan lebih berwarna dan fun. Karakter yang unik dan suasana dalam dunia Unravel begitu indah membuat kita betah lama-lama memainkan game ini. Kamu memainkan karakter yang terbuat dari benang wol bernama Yarny, yang berpetualang mencari kenangan keluarga yang telah lama hilang. Dalam game ini, kamu menggunakan benang wol dari Yarny dan dituntut untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan puzzle yang ada di dalam game ini.

Games Platformer Puzzle
Unravel