Artikel ini akan menjelaskan garis waktu (timeline) dari serial Narcissu. Urutan dibuat berdasarkan rentang waktu kejadian yang terjadi dalam semesta Narcissu. Seperti yang mungkin Anda ketahui, waktu rilis dari serial Narcissu sendiri terlahir secara acak. Terkadang, sekuel muncul lebih dulu daripada prekuel dan terkadang sebaliknya.

Ok, mari kita mulai jelaskan dari urutan terlawas ke urutan teranyar!

Narcissu 0

Narcissu 0 Main Menu
(Kredit: Stage-nana, Sekai Project)

Menceritakan perihal cerita tentang suasana dari semesta Narcissu pada rentang waktu 30 tahun ke belakang dari latar utama dalam seri Narcissu. Kental dengan nuansa Jepang di era 70-an. Cerita-cerita utama dalam serial Narcissu sendiri kental terjadi pada era 90-an dan milenium awal.

Cerita dalam Narcissu 0 terfokus pada awal mula terbentuknya fasilitas khusus di lantai 7 sebuah rumah sakit Katolik. Dalam seri Narcissu, fasilitas di lantai 7 itu diperuntukan bagi pasien yang tidak lagi mempunyai harapan hidup yang pasti alias menjelang mati.

Dalam sesi afterward di Narcissu 0, Kataoka Tomo (penulis Narcissu) membeberkan bahwa referensi dari rumah sakit yang ada dalam seri Narcissu adalah berdasarkan rumah sakit yang ada dalam kehidupan nyata. Yodogawa Christian Hospital yang terletak di Osaka adalah tempatnya.

Garis waktu
(Sumber: yelp.com)
Garis waktu
(Sumber: yelp.com)

Kataoka-sensei mengaku sering berkunjung ke rumah sakit tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin untuk mencari inspirasi?

Narcissu Side 2nd / Narcissu 2

 

Garis Waktu
(Kredit: Stage-nana)

Kurang lebih cerita berlatar sekitar 7 tahun sebelum Narcissu 1Setsumi (protagonis dari Narcissu 1) masih berusia 15 tahun kala itu. Bertemu dengan Himeko si pasien lantai 7 dan babak baru dari cerita pun dimulai dari titik ini.

Narcissu Himeko’s Epilogue

Himeko
(Kredit: Stage-nana, Sekai Project)

Berkisar 3 bulan setelah cerita dalam Narcissu Side 2nd berakhir. Himeko dan Yuka bertemu di antara musimgugur dan musim dingin.

Narcissu Sumire

Narcissu Sumire
(Kredit: Stage-nana, Sekai Project)

Hampir setengah tahun setelah cerita dalam Narcissu Himeko’s Epilogue berakhir. Akari, Sumire, dan Yuka pun bertemu di babak awal dari Narcissu Sumire.

Cerita utama terjalin setelah lima setengah tahun cerita di Narcissu Himeko’s Epilogue selesai. Akari dan Sumire kembali bertemu ketika umur mereka menginjak angka 21 menuju ke 22. Perjumpaan intens mereka terjadi mulai dari musim panas hingga musim dingin.

Selain berjumpa dengan Akari, Sumire pun berinteraksi dengan Setsumi yang kala itu belum menjadi pasien lantai 7. Setsumi masih menjalankan perawatan sebagai pasien lantai 4 di rumah sakit tersebut.

Narcissu 1

Narcissu
(Kredit: Stage-nana)

Terjadi hampir setahun pasca kejadian yang terjadi di Narcissu Sumire berakhir. Setsumi berumur 22 tahun. Atou Yuu setahun lebih muda dari Setsumi. Pelarian epik mereka dari rumah sakit bakal menjadi inti cerita dari seri ini.

Garis Waktu
(Kredit: Stage-nana, Kataoka Tomo)

Dalam versi novel, pelarian mereka pun dikejar oleh Yuka dan Anak Perempuan dari Makie Hiroshi (Makie Hiroshi merupakan protagonis dari Narcissu 0). Di versi novel visual, babak tentang pengejaran Atou Yuu dan Setsumi oleh Yuka―tidak diceritakan.

Itulah urutan rentang kejadian atau garis waktu (timeline) yang terjadi di dalam semesta Narcissu. Side story seperti Narcissu -A Little Iris- tidak dimasukkan ke dalam urutan karena cerita tersebut tergolong terpisah jauh dari garis waktu yang disebutkan di atas. Lagipula, tidak ada korelasi cerita di antara A Little Iris dengan Narcissu Series

Bila di suruh memilih, cerita favorit bagi penulis pribadi adalah Narcisu 1. Sekian penejelasannya. Semoga membantu bagi yang niat ingin main Narcissu dari rentang waktu yang paling lawas ke yang teranyar!