Sedikit prihatin dengan kondisi anak-anak Indonesia zaman sekarang, yang setiap harinya selalu disuguhi dengan gossip para selebritis yang kurang mendidik, hingga acara-acara televisi yang tidak mendidik dan hanya saling melempar hinaan dan mempertontonkan begitu bangganya seseorang merusak rumah tangga orang lain. Berbeda jauh dengan era taun 90-an dimana anak-anak Indonesia disuguhi acara-acara televisi yang mendidik dan tentu saja cocok untuk anak-anak, apalagi setiap hari minggu atau sunday morning, anak-anak taun 90-an tidak mungkin telat bangun pagi, jam 6 subuh sudah bangun mandi dan siap-siap nonton televisi acara favorit anak-anak pada taun 90-an.

Penasaran apa aja sih acara Sunday Morning anak taun 90-an? Cekidot!


Doraemon
Film legend yang satu ini berkisah tentang seorang anak bernama Nobita, yang selalu jadi bahan usil teman sekelasnya Giant dan Suneo, sering mengeluh dengan kehidupannya, suatu saat Nobita bertemu dengan kucing robot bernama Doraemon. Doraemon dikirim oleh Nobita dari masa depannya untuk membuat Nobita bahagia dan tidak mengeluh dan sedih.

Film yang tayang di RCTI pada pagi hari minggu ini merupakan favorit anak-anak taun 90-an, jam 6 pagi ditemani komersial shampoo dee-dee dan seorang nenek-nenek yang sedang menonton RCTI di tengah sawah merupakan film yang sangar di nanti-nanti setiap hari minggu, pokonya RCTI okeeeeeee.


Detective Conan
Shinichi Kudo adalah seorang anak SMA yang disebut sebagai detective jenius, pada suatu hari Shinichi bertemu dengan sebuah organisasi hitam yang jahat dan tertangkap, organisasi tersebut memberikan sebuah obat kepada Shinichi dan membuatnya menjadi menyusut menjadi anak SD, disanalah mulai petualangan Shinichi cilik yang berganti nama menjadi Conan untuk menangkap organisasi hitam, yang disela-sela kesehariannya selalu bertemu dengan kasus yang harus diselesaikannya.

Film yang tayang di Indosiar pada hari minggu pagi setelah doraemon ini menjadi salah satu film wajib anak-anak taun 90-an, selain ceritanya yang benar-benar mengasah otak, membuat anak-anak pada jaman itu rajin menebak-nebak siapa pelaku kejahatan dari suatu kasus, Detective Conan merupakan acara yang sangar populer bahkan anak-anak saat itu rela mengoleksi komik dari detective conan supaya dapat memberikan spoiler kepada temannya.


Digimon
Film sunday morning yang satu ini bercerita tentang sekumpulan anak-anak yang terjebak di dunia digital, yang ternyata di dunia digital tersebut banyak sekali monster yang disebut Digimon (Digital Monster), Taichi dan kawan-kawan beserta monster mereka Agumon dan kawan-kawan pula, mulai menjelajahi dunia Digital dan melawan monster-monster jahat, banyak sekali monster-monster lucu berserta evolusi-evolusinya.

Film yang tayang di Indosiar pada minggu pagi ini merupakan salah satu acara yang sangat populer, bahkan merchandise dari digimon ini sangat laku sekali seperti tamagochinya yang merupakan barang kesayangan para anak-anak pada taun 90-an, film ini pun tayang setelah detektif konan, sehingga apabila konan selesai lanjut nonton digimon setelahnya.


Crayon Shinchan
Shinchan seorang anak yang lucu dan menggemaskan ini, tak disangka-sangka merupakan anak yang sangat nakal dan jahil sekali, keluarga hingga setiap teman dan orang-orang disekitarnya selalu menjadi bahan usil darinya.

Film yang tayang di RCTI ini merupakan salah satu acara yang dinanti, komedi dan kelakuan Shinchan benar-benar menginspirasi anak-anak taun 90-an, “mama-mama shinchan mau makan” ya kata-kata khas Shinchan menjadi favorit anak-anak taun 90-an, dimana kadang dikeseharian anak-anak pada jaman itu terinspirasi oleh acara ini, bahkan teman-teman nya pun usil dikarenakan mengikuti kelakuan Shinchan tersebut.


Dragon Ball
Son Goku seorang manusia yang ternyata merupakan keturunan saiya ini menjadi seorang petarung yang hebat di bumi, berkisah tentang perjalanan Son Goku mencari bola naga dan berusaha mengalahkan musuh-musuhnya yang datang dari planet lain untuk menghancurkan bumi.

Film yang tayang di Indosiar ini merupakan salah satu acara legend! Siapa sih yang tak tau Dragon Ball bahkan hingga sekarang pun banyak sekali spin-off, game, dan segala sesuatu berbau Dragon Ball. Anime yang terkenal dengan ka-me-ha-me-ha-nya ini merupakan salah satu acara terbaik di era 90-an. Anak-anak pada zaman itu sering berilusi menjadi seorang super saiya dan bisa mengeluarkan kamehameha, bahkan anak-anak pada jaman 90-an apabila bertengkar kadang kalah suka melakukan gerakan super saiya terlebih dahulu.


Itulah beberapa acara Sunday Morning anak taun 90-an, tentu saja di zaman yang belum begitu canggih dan modern seperti sekarang, banyak sekali momen-momen yang sangat baik bila harus dibandingkan dengan acara-acara televisi zaman sekarang. Anak-anak zaman sekarang bangun pagi menonton acara gossip atau mendengarkan lagu yang ujung-ujungnya ada bahasa selingkuh, sehingga tidak baik sekali dan tidak mendidik, tentu saja pada jaman 90-an kontras sekali, dengan acara-acara yang mendidik dan cocok untuk anak-anak, kadang kala anak-anak pada taun 90-an apabila bangun telat sering sekali sedih, karena kelewatan tidak menonton acara favorit mereka, yang ketika pada hari seninnya pasti teman-teman mereka mengobrol bagaimana serunya episode pada minggu kemarin, sehingga apabila sampai terlewat mereka tidak dapat mengobrol puas dengan teman-teman mereka.

Hadeuh sekian nostalgia dari Virtual Verbal semoga minggu pagi VirtualVriends Menyenangkan 🙂