Mengganti keycaps merupakan salah satu fitur utama yang menjadi favorit dan daya tarik dari mechanical keyboard, banyak sekali macam-macam keycaps di pasaran mulai dari yang harganya murah hingga mahal sekali, dan tentu saja ada beberapa keycaps yang disebut high end, penasaran apa itu high end keycaps? cekidot!

Bahannya pun beragam ada yang terbuat dari plastik contoh seperti plastik ABS dan plastik PBT, ada juga yang terbuat dari bahan metal dan masing masing mempunyai keunikan dan feel-nya masing masing, setelah sebelumnya VV menjelaskan profile keycaps sekarang VV mencoba menjelaskan High End Keycaps yang hargaya bermacam-macam.

Kalau kita bertanya tentang High End Keycaps pasti jawabannya GMK atau Signature Plastic.

GMK Keycaps Sedang Dalam Proses 'Sorting'
GMK Keycaps Sedang Dalam Proses ‘Sorting’

GMK merupakan produk keycaps asal negeri kelahiran Hitler dan Karl Marx, Jerman, selain menjadi salah satu keycaps dengan kualitas terbaik hingga saat ini, GMK merupakan satu-satunya pabrik yang mempunyai cherry profile tooling yang asli.

SA Profile Signature Plastic
SA Profile Signature Plastic

Signature Plastic merupakan produsen keycaps asal negri Paman Sam, Amerika, menjadi salah satu produsen keycaps yang sangat populer karena keunikan profile-nya yang beragam dan tentu saja enak dipandang.

Mengapa GMK atau Signature Plastic disebut High End Keycaps, selain harganya yang mahal tentu saja karena kualitas yang ditawarkan pun sebanding, kualitas bahan yang digunakan benar-benar grade paling tinggi di antara keycaps buatan pabrik lain, walaupun sama-sama menggunakan tipe ABS atau PBT tapi kualitas plastik yang digunakan berbeda sekali terasa dari feel ketika kita mengetik.

ABS dan PBT merupakan 2 jenis plastik yang sangat berbeda pada dasarnya hal yang membuat 2 jenis ini sangat berbeda ialah dari tekstur kedua plastik tersebut, ABS mempunyai tekstur yang licin sehingga terlihat glossy seiring dengan pemakaian, berbeda jauh dengan PBT yang mempunyai tekstur yang kasar sehingga sulit sekali untuk menjadi glossy karena pemakaian, cara pembuatannya pun berbeda.

Kiri ABS Kanan PBT (Credit: Ripster Deskthority)
Kiri ABS Kanan PBT (Credit: Ripster Deskthority)

ABS mempunyai titik meleleh yang rendah sehingga proses pembuatan keycaps menggunakan ABS baik pada GMK ataupun Signature Plastic biasanya menggunakan teknik double shot, dimana keycaps di-inject 2 kali pertama pada legend-nya dan yang kedua pada base-nya, sehingga membuat keycaps ABS long lasting sekali, legend yang timbul di atas keycaps tidak akan pernah pudar.

Sedangkan PBT mempunyai titik meleleh yang tinggi sehingga proses pembuatan keycaps menggunakan PBT biasanya menggunakan proses dye sub dan printing, dimana sulit sekali melakukan PBT dengan cara double shot, baik pihak GMK dan Signature Plastic pun tidak pernah merilis PBT dengan teknik double shot, namun menggunakan dye sub dan printing, tentu saja dikarenakan permukaan PBT yang kasar membuat dye sub dan printing di keycaps jenis ini pun tergolong long lasting, namun tentu saja tidak akan selama double shot, namun kelebihan keycaps PBT ini adalah konsistensi feeling yang diberikan, dikarenakan keycaps tipe PBT ini mempunyai base yang bertekstur membuat keycaps ini mempunyai grip yang unik dan disukai banyak orang. Berbeda dengan ABS yang mempunyai tekstur sedikit licin dan seiring berjalan waktu glossy sehingga terkadang ada beberapa orang yang mengeluhkan dengan grip dari tipe ABS ini.

Selain dari bahan pun berbeda jauh sekali kualitas produk keycaps High End dan yang biasa, terlihat dari ketebalan keycaps, biasanya produsen keycaps seperti GMK mempunyai keycaps dengan ketebalan yang sangat sangat tebal sekali sehingga terlihat sekali build quality yang benar-benar tak usah diragukan berbeda dengan keycaps biasa yang pada umumnya biasanya sangat tipis sekali sehingga memberikan kesan yang murah.

Kiri GMK Kanan Keycaps Bawaan Keyboard High End Keycaps
Kiri GMK Kanan Keycaps Bawaan Keyboard

Dan tentu saja harganya benar-benar menguras kantong kalian, bahkan biasanya harga keycaps dari GMK ataupun Signature Plastic lebih mahal dibandingkan keyboard mekanikal pada umumnya. Dan yang membuat kenapa keycaps ini disebut high end yaitu dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan keycaps dari GMK dan Signature Plastics. Jika berminat membeli keycaps ini,  VirtualVriends bisa membeli melalui situs Massdrop atau forum-forum keyboard mechanical seperti geekhack, deskthority, reddit mechmarket tentu saja sistem pembelian keycaps high end ini tidak cepat, dengan sistem pre-order yang membutuhkan minimum order quantity yang tidak sedikit ini tentu saja selain harganya mahal waktu menunggu menjadi tantangan tersendiri untuk mendapatkan keycaps high end ini.