Pengen buat game, tapi bingung mau bikin dengan tema yang ‘anti-mainstream’ ? Mungkin hal-hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan bagi VirtualVriends yang ingin menjadi entrepreneur di dunia bisnis games.

Mencontek (Strategy Game)

Mencontek Game
Mencontek Game

Kebayang serunya jika mencontek dijadikan sebuah games, yang tiap level-nya mempunyai difficulty yang berbeda. Di dalam games tersebut kita berperan sebagai pelajar yang….. bukan pemalas tapi mungkin lupa kalo esok hari ada ujian dan kita lupa tidak belajar, sehingga memaksa kita agar berpikir kritis agar dapat lulus ujian, mulai dari meminta bantuan teman sebangku, atau membuka google menggunakan ponsel, atau mungkin bahkan menjalankan drone agar dapat melihat isi jawaban teman sekelasmu.

Layangan (Sports Game)

Layangan Game
Layangan Game

Yap, betul sekali bermain layangan, tingkat kesulitannya bervariasi mulai dari harus menerbangkan layangan sampai memodifikasi layangan yang akan kita pakai, dan tentu saja tidak lupa harus ada layangan musuh yang harus kita kalahkan, kita dapat memodifikasi layangan kita menggunakan benang yang tajam atau bahkan menggunakan kawat agar tali layangan kita tidak putus oleh lawan, jangan lupa kita harus menebak arah angin dan untuk membuat games lebih menarik kita bisa saja membuat sebuah level dimana kita harus bermain dengan keadaan sedang terjadi tornado agar lebih ekstrim!!

Begal (Crime Action Game)

Begal Game
Begal Game

Sudah terlalu mainstream setiap kali bermain games selalu memerankan karakter hero, mungkin sekarang saatnya kita mencoba sebuah games dengan karakter anti-hero. Yap, kita bermain menjadi seorang ‘begal’, dimana gameplay yang akan kita mainkan adalah sebuah penyergapan pada malam hari, dan pada siang hari kita harus mencari peralatan, membuat strategi, hingga anak buah, sehingga eksekusi pada malam hari berjalan sempurna, mungkin pada level awal, kita hanya ditemani dengan sebuah golok dan ‘modal nekat’ saja untuk memburu para pejalan kaki yang keluar di tengah malam atau di jalan yang sepi. Namun, apabila sudah level tinggi, mungkin kita dapat mencoba membegal UFO yang tengah mendarat di tengah hutan pada malam hari.

Kehidupan SMA Versi Indonesia  (Dating Simulation Game)

Kehidupan SMA Game
Kehidupan SMA Game

Sering main dating simulation games buatan Jepang? Mantap! Sudah biasa sekali sepertinya kita menjadi tokoh karakter yang tampan namun sedikit acuh tak acuh dan akhirnya menjadi seorang ‘playboy‘ yang dicintai para wanita. Namun, sekarang kita sedikit menaikan difficulty ke arah yang ekstrim menjadi seorang yang ter-‘bully‘ di SMA, ‘sorry-sorry’ kawan, ini bukan ingin menceritakan kisah saya waktu SMA loh, bisa check google atau tanya teman-teman saya “tomkrus” (saya) dulu seorang ‘playboy’ atau bukan. Haha, ok lanjut ke sinopsis dan gameplay-nya, sinopsisnya disini kita memainkan peran seorang pelajar yang baru masuk kelas 1 SMA yang mempunyai fisik kurang ideal, muka yang pas-pasan, ga punya kendaraan, teman sedikit, dan benar benar tanpa pergaulan dan tentu saja bahan di-bully. ‘OK! we set the bar from the highest difficulty here guys!’ , gameplay-nya tentu saja berkenalan dengan cewe idamanmu di sekolah, bertemu dengan preman sekolah mu, berkelahi demi cewe idamanmu, sampai beradu kendaraan dengan rival cinta mu, hingga akhirnya kamu mendapatkan kekasih idamanmu, gimana menarik? tentu saja! ‘This is real life dating simulation games!‘ 🙂

Tawuran! (Fighting Game)

Tawuran Game
Tawuran Game

Ketika Namco mengeluarkan fighting games sekelas Tekken, atau Capcom dengan Street Fighter-nya, kita sendiri sebenarnya bisa mengeluarkan fighting games sendiri. Yap, Tawuran Fight!, karakter yang kita pakai mulai dari preman Pasar/SMP/SMA/Kuliahan/ atau sebuah geng motor, ormas-ormas yang sering buat huru-hara, suporter sampai keroco-keroconya. Jurus yang dikeluarkan pun beragam, mulai dari memanggil masa hingga mengeluarkan senjata rantai, gear, bambu runcing, golok, pisau daging, hingga sebuah relic/regalia khas Indonesia bernama keris! Kelompok karakter tawurannya pun dapat dikelompokan sehingga dapat menimbulkan semacam efek seperti Civil War buatan Marvel, mulai dari kelompok geng motor, kelompok ormas, kelompok preman pasar, dan kelompok Ibu-Ibu PKK ‘upss’. Dan mungkin saja kedepannya Tawuran Fight! ini bisa sedikit membuat ‘spin off ‘seperti Dead or Alive dan tentu saja karakter utama perempuannya bisa kita memasukan sedikit “cabe-cabean” :-*