Perstiwa bom nuklir yang melanda Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945 memang sangat mengerikan. Jutaan orang tewas dan beberapa orang yang selamat terkena dampak radiasi radioaktif yang membuat hidup mereka hanya tinggal menghitung waktu.

Marie Curie sebagai penemu radioaktif dan Albert Einstein sebagai penemu dari konsep bom atom tentunya bakal sedih ketika penemuan mereka digunakan untuk menghancurkan Dai Nippon.

Jepang, sebagai negara yang kalah perang pun akhirnya berhasil bangkit dari keterpurukannya dan menjadi salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang mendunia. Namun, mereka tak mau melupakan masa lalu kelamnya, anime pun dijadikan tempat untuk menyisipkan kisah kelam tentang peristiwa Hiroshima.

Mari kita simak beberapa anime ini:

Hadashi no Gen/Barefoot Gen (1983)

bom nuklir
Kredit gambar: kissanime.ru

Kisah perjuangan hidup seorang bocah yang hidupnya berubah setelah AS memberaki tempat tinggalnya dengan bom nuklir. Dengan kaki telanjang, Gen harus menghadapi semua cobaan yang menunggunya. Dalam anime ini diceritakan secara mendetail tentang bagaimana dampak dari peristiwa bom atom yang harus Gen hadapi.

Kredit gambar: kissanime.ru

Kekurangan bahan makanan, malnutrisi, dan mencoba memperjuangkan kelangsungan hidup Ibunya yang sedang mengandung adalah suasana yang anime ini coba tampilkan. Kita seakan diajak melihat perspektif perang dari kacamata seorang bocah lelaki yang terus mencoba untuk optimis dengan hidup.

Hadashi no Gen II/Barefoot Gen II

Sekuel dari Hadashi no Gen, menceritakan kehidupan Gen yang mulai tumbuh sebagai anak yang ceria. Kalau kalian melihat kehidupannya, Gen itu ibarat semangat orang-orang Jepang pasca bonyok oleh kekalahan Perang Dunia.

bom nuklir
Kredit gambar: animepower.net

Macam Anne Frank, Gen terus mencoba untuk terus menjalani hidupnya secara optimis. Ketika para remaja dan orang tua sibuk dengan suicide attempts-nya, bocah ini terus berjuang untuk hidup tanpa penyesalan.

Natsufuku no Shojo-tachi (1988)

bom nuklir

Bercerita tentang kehidupan para gadis sekolahan dari Hiroshima. Kehidupan remaja mereka terpaksa terenggut oleh rezim fasisme Dai Nippon yang memaksa mereka bekerja untuk suatu pabrik yang mensuplai kebutuhan perang.

bom nuklir
Kredit gambar: kissanime.ru

Pada tanggal 7 Agustus 1945, bom-bom berkekuatan megaton merangsek kehidupan mereka tanpa pernah permisi. Anime ini ditayangkan untuk memperingat 43 tahun peristiwa Hiroshima sebagai memoar para perempuan yang kehidupannya terenggut akibat bom nuklir.

Keunikan dari anime ini adalah dimensi yang menghadirkan penindas kembar: fasisme Dai Nippon dan kesembronoan Truman bersama bom atom Amerika Serikat yang ia bawa. Diceritakan dengan kenyataan telanjang bahwa kedua pihak tersebut melakukan tindakan kejam atas kemanusiaan serta merenggut masa depan dan impian para “bunga layu yang tak sempat mekar.”

bom nuklir
Kredit gambar: kissanime.ru

Anime ini diselingi oleh cuplikan dari para penyintas korban Hiroshima yang masih sempat menceritakan kisahnya kelamnya. Para penyintas dari peristiwa bom nuklir di Hiroshima dapat menjadi penunjuk fakta keras nan akurat pada anime ini.

Hajime no Ippo Rising, After the War Arc, Episode 23 (2013)

Kalau kamu fans anime olahraga dan juga komedi, pasti tahu tentang Hajime no Ippo. Pada bagian After the War Arcanime ini mengisahkan masa lalu dari pelatih tinju dari sang protagonis Makunouchi Ippo yang bernama Kamogawa Genji.

bom nuklir
Kredit gambar: Ippo.wikia.com

Mengambil latar cerita tentang kekalahan Jepang pasca Perang Dunia ke-II, terlihat Tokyo didominasi oleh gerombolan oknum tentara Amerika yang senang menginjak-injak harga diri masyarakat Jepang.

Singkat cerita, Kamogawa Genji dan sahabatnya Nekota Ginpachi sang petinju jalanan terlibat cinta segitiga dengan seorang perempuan misterius yang mereka tolong setelah seorang Sersan cabul asal AS ingin memperkosanya. Genji dan Nekota kalah babak belur oleh Sang Sersan Ralph Anderson, untungnya si Sersan pergi setelah menggebuki mereka. Perempuan itu selamat, bersembunyi dalam gelap.

Mereka berkenalan, Yuki nama gadis misterius itu.Genji dan Nekota menawarkan tempat tinggal karena perempuan misterius itu hidup mengembara tanpa sanak saudara, Yuki pun setuju.

bom nuklir
Yuki dan Kamogawa, kredit gambar: ippo.wikia.com

Yuki jago masak, Genji nyambi jadi kuli, dan Nekota narik Becak, mereka pun hidup damai dalam kesehajaan. Suatu malam Genji dan Yuki terlibat scene romantis yang melibatkan perumpamaan bunga matahari sebagai semangat hidup. Namun sayang, Yuki yang tidak diketahui asal-usulnya itu mulai muntah darah, indikasi dari pengidap efek radiasi nuklir. Ternyata dia adalah salah satu korban selamat dari bom atom Hiroshima.

Genji tahu bahwa Nekota sangat menyukai Yuki walaupun beberapa kali gadis itu memberikan kode bahwa dia lebih menyukai Genji. Genji menutupi fakta tentang Hiroshima, melanjutkan hidupnya bersama Yuki dan Nekota sembari menunggu momen resolutif di depan mereka.

Kono Sekai no Katasumi ni/In This Corner of The World (2016)

bom nuklir
Kredit gambar: mangauk.com

Menceritakan tentang kehidupan gadis ceria bernama Suzu Urano yang menikah muda bersama Shuusaki Houjou pada tahun 1944 di Kure, Hiroshima. Pernikahan mereka dihiasi oleh kondisi perang yang makin menegang.

Serangan bom atom pada tahun 1945 telah merubah segalanya, termasuk jalan hidup mereka. Dalam suasana katastropik, Suzu pun terus menjalani kehidupannya. Hancur oleh perang, terus hidup karena cinta, itulah Suzu.

Anime ini sempat menjadi fenomena karena baru-baru ini diputar di bioskop-bioskop Amerika Serikat. Hal ini baik untuk mengingatkan bahwa perang hanya menghasilkan duka pada masyarakatnya, mengingat Amerika Serikat memang sering menjadi pionir peperangan sampai detik ini.

Penutup

Itulah beberapa anime yang menceritakan peristiwa mengenai peristiwa bom nuklir yang menimpa Jepang pada tahun 1945. Mungkin bagi kalian yang malas membaca sejarah, anime ini bisa kalian jadikan acuan hiburan sembari sedikit-sedikit belajar.

Karena sebagian besar anime yang disebutkan merupakan anime lawas, jangan terlalu berharap mendapatkan kualitas gambar, warna, dan efek suara yang kekinian. Anime yang seperti ini mungkin cocok bagi para penggemar anime militan yang kepingin mengeskplorasi variabel-varibel lain dari anime modern. Namun jangan takut, In This Corner of The World dapat mengobati kekurangan itu karena dirilis tahun 2016.

Truman menghancurkan Jepang dengan agresinya. Setelah peristiwa bom nuklir, Hirohito kalah dan akhirnya mengakui kebohonganya bahwa dia bukan titisan Tuhan. Perang Dingin mulai berkecamuk, Doktrin Truman mulai menancapkan sayapnya hingga terjadinya peristiwa pembantaian 1965 di Indonesia.

Bagaimana rekan-rekan Virutal Verbal? Kalian para generasi bangsa ingin mencoba mempelajari sejarah dan menjadikannya sebagai amunisi kreatif kalian sama seperti anime-anime di atas?

Jepang mencoba mengobati luka sejarah bukan dengan umpatan, namun kreatifitas. Mungkin sekarang giliran kita untuk menunjukkan sejarah kita kepada mata Internasional, selamat berkarya!