Kimi no Na wa (Your Name.) dan Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah dua anime movie masterpiece/besar, yang bahkan orang biasa (bukan penonton anime) menontonnya. Tapi kenapa hanya sedikit orang yang membicarakan Koe no Katachi bahkan dalam kalangan otaku sekalipun?. Jadi kali ini saya akan memberitahu beberapa alasan kenapa anime Koe no Katachi. Sama bagusnya atau bahkan lebih bagus dari anime Kimi no Na wa.

koe no katachi bunga sakura yang berada dekat jembatan di sungai
(Salah satu pemandangan dari anime Koe no katachi.)

1. Animasi

Dari segi Animasi mungkin untuk penonton biasa bisa dibilang tidak terlalu berbeda. Namun animasi dari anime Koe no Katachi yang di buat oleh Kyoto Animation lebih bagus. Di setiap adegan gambar dari animasi Koe no Katachi tidak ada adegan yang hanya diam saja. Disitu selalu ada animasi kecil seperti dedaunan yang bergerak di belakang karakter-karakter yang sedang berinteraksi, dll. Terlebih lagi desain dari karakter-karakternya, dan gabung dari semua hal-hal itu menciptakan sebuah gambar yang sangat enak untuk dilihat.

NIishimiya Shouko anak perempuan tuli memperkenalkan dirinya di depan kelas
(Nishimiya Shouko pada saat memperkenalkan dirinnya.)

2. Cerita

Dalam segi cerita anime ini jauh melampaui Kimi no Na wa, Kimi no Na wa bercerita tentang dua orang yang tiba tiba bisa bertukar badan dan berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Sedangkan anime ini menceritakan seorang gadis Nishimiya Shouko penyandang disabilitas yang membuatnya tidak bisa mendengar (tuli), dia masuk ke sekolah dasar umum namun dia malah menjadi objek untuk di bully oleh teman-teman sekelasnya terutama oleh Ishida Shouya akibatnya Nishimiya Shouko harus berhenti sekolah dan pergi bersekolah di sekolah lain. Lalu beberapa tahun kemudian kita diajak melihat kelanjutan dari anime ini dari sudut pandang Ishida Shouya yang setelah kejadian itu menyesalinya dan justru malah dia yang menjadi obejk bully semasa sekolah dasar hingga SMP, hasilnya membuat Ishida Shouya menjadi orang yang selalu menundukan kepalanya dan tidak berani untuk melihat muka orang lain, dan sempat membuatnya berpikir untuk bunuh diri.

Ishida Shouya berdiri di ujung jembatan untuk bunuh diri
(Ishida Shouya saat ingin melompat dari jembatan.)

3. Lebih Realistis

Anime Koe no Katachi ini lebih realistis daripada anime Kimi no Na wa. Karena hampir semua hal yang terjadi di Koe no Katachi kita bisa menjumpainya di dunia nyata. Sperti contohnya mem-bully orang penyandang disabilitas karena mereka berbeda dari kita. Yang padahal seharusya kita itu menyemangati mereka dan tidak menjauhi mereka. Juga kita juga terkada menyesal atas semua perbuatan salah kita yang dulu kita lakukan terhadap seseorang.

Nishimiya Shouko dan ishida shouya duduk di jempatan saling meminta maaf
(Momen dimana mereka meminta maaf satu sama lain.)

4. Amanat

Jadi pesan moral yang diberikan oleh anime ini cukup banyak, seperti bahaya bullying, bahaya depresi, dan seberapa penting dan sulitnya untuk meminta maaf dan mengulang kembali dari awal.

Pendapat

Jujur anime ini membuat saya meneteskan ari mata (manly tears) padahal saya jarang sekali menangis, walaupun saya sudah menontonnya berulang-ulang hasilnya tetap saja sama. Sedangkan saat menonton Kimi no Na wa saya tersentuh tapi tidak sampai meneteskan air mata, mungkin karena Koe no Katachi di rilis hampir bersamaan dengan Kimi no Na wa, anime Koe no Katachi ini tidak mendapatkan penghargaan yang seharusnya di dapat. Ok, segitu saja dari saya jangan lupa cek artikel-artikel yang lain di Virtual Verbal, dan sampai jumpa lagi.