Halo VirtualVriends, pernahkan kalian datang ke acara meetup, gathering, pameran atau misalkan datang ke sebuah warnet dan melihat salah satu orang yang bermain di warnet menggunakan keyboard yang unik? jika kalian pernah melihat dan bertanya-tanya ‘wow, keyboard merk apa itu kok bentuknya lucu’, disini saya akan coba menjelaskan macam macam layout keyboard.

Full-sized Keyboard Layout

Fullsize Keyboard Layout
Fullsize Keyboard Layout

Salah satu keyboard yang sering kita lihat, full-sized keyboard mempunyai total 104 keycaps, pada umumnya, full-sized merupakan salah satu standarisasi sebuah keyboard dengan keycaps yang lengkap.

 

1800 Keyboard Layout

1800 Keyboard Layout
1800 Keyboard Layout

 

Berasal dari trademark keyboard Cherry 1800, karena layout yang unik dan popular, sekarang mulai banyak produsen keyboard lain yang membuat keyboard dengan layout 1800, kelebihan keyboard ini merupakan campuran dari full-sized keyboard dan compact keyboard. dimana dengan jumlah keycaps yang lengkap namun mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada keyboard full-sized.

 

Tenkeyless Keyboard Layout

Tenkeyless Keyboard Layout
Tenkeyless Keyboard Layout

Tenkeyless atau yang sering disingkat menjadi TKL keyboard, merupakan salah satu keyboard standard yang paling popular di dunia keyboard. Perbedaan yang paling terlihat ketika dibandinginkan dengan standard full-sized keyboard ialah dia tidak mempunyai numpad(Tenkeyless). Apa kelebihan Tenkeyless Keyboard sehingga menjadi salah satu favorit orang-orang? Salah satunya yaitu sebagai Space Saving Keyboard, banyak sekali orang-orang yang jarang menggunakan numpad untuk keperluan mengetiknya, sehingga keyboard dengan numpad kadang kala menjadi sebuah pengganggu dan memakan banyak tempat diatas meja, sehingga orang-orang yang jarang menggunakan numpad beralih kepada keyboard-keyboard jenis TKL ini, umumnya keyboard jenis TKL mempunyai jumlah keycaps sebanyak 87.

 

75% Keyboard Layout

75% Keyboard Layout
75% Keyboard Layout

75% Keyboard merupakan salah satu keyboard berukuran compact dan masuk dalam kategori non-standard keyboard, ukurannya yang kecil namun hampir mempunyai keycaps yang sama banyaknya dengan TKL keyboard, membuat keyboard ini sangat cocok digunakan untuk orang yang senang dengan tombol yang lengkap namun mudah dibawa-bawa, jumlah total keycaps dari 75% Keyboard umumnya berjumlah 84 hanya berbeda 3 keycaps saja dari TKL keyboard.

 

65% Keyboard Layout

65% Keyboard Layout
65% Keyboard Layout

Hampir sama dengan 75% keyboard namun 65% keyboard sama-sama masuk dalam kategori non-standard keyboard dan tidak mempunyai Function Row(F1-F12) seperti 75% atau TKL keyboard. Kelebihan dari keyboard ini tentu saja ukurannya yang lebih kecil dari 75% keyboard. Bagi sebagian orang keyboard 65% sangat nyaman digunakan karena mungkin sebagian orang tidak begitu membutuhkan function row dan ukurannya yang tentu saja semakin kecil, namun untuk gamer, apalagi yang sering menggunakan function row kehilangan tombol tersebut membuat keyboard ukuran ini kurang cocok untuk digunakan.

 

60% Keyboard Layout

60% Keyboard Layout
60% Keyboard Layout

60% adalah keyboard yang cukup populer di antara compact keyboard dikarenakan masuk dalam kategori standard keyboard. Kelebihan dari 60% keyboard yaitu ukurannya yang kecil sehingga memudahkan dibawa berpergian, dan nyaman digunakan untuk keperluan mobile kamu. Bosan mengetik menggunakan layar touch screen di handphone atau tablet kamu tinggal colokan saja keyboard ini dengan perangkat mobile kamu dan voila sensasi typing kamu langsung meningkat ke tingkat yang lebih tinggi. kekurangan dari keyboard 60% tentu saja salah satunya karena banyaknya kehilangan tombol-tombol umum yang biasa kita gunakan seperti arrow keys dan function keys.

 

40% Keyboard Layout

40% Keyboard Layout
40% Keyboard Layout

Sepertinya sekarang sudah mulai masuk sesi keyboard tidak umum dan unik, salah satunya keyboard ukuran 40%, keyboard ukuran 40% adalah keyboard non-standard dan tentu saja kelebihannya kecil, unik, ringan, dan mudah dibawa berpergian. Namun dibalik kelebihannya tersebut tentu banyak keterbatasan dari keyboard ini, salah satunya terbatasnya jumlah tombol dan fungsi yang tersedia, oleh karena itu sebenarnya sudah menjadi sebuah kewajiban untuk keyboard berukuran super kecil mempunyai fitur full re-mapping, dimana fitur ini dapat memberikan kemudahan bagi pemakai keyboard tersebut untuk merubah tombol yang ada di keyboard tersebut sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, fitur full re-mapping sangat-sangat wajib untuk keyboard berukuran kecil, apabila suatu brand menjual keyboard kecil namun tidak dapat diubah sesuka hati, lebih baik urungkan saja niat mu untuk membeli keyboard tersebut.

 

Planck (Ortholinear Keyboard) Layout

Planck Keyboard Layout
Planck Keyboard Layout

Ortholinear keyboard sudah sangat jelas sekali merupakan jenis keyboard non-standard, dan merupakan keyboard yang berbeda penempatannya tombolnya. Tidak seperti keyboard yang biasa dipakai, ciri-cirinya yang paling mencolok biasanya bentuk posisi dan ukuran keycaps-nya lurus sejajar, salah satu jenis keyboard Ortholinear yaitu Planck mempunyai ukuran yang sangat kecil sekali dan tentunya mempunyai fitur full re-mapping sehingga banyak sekali pengguna Planck di dunia enthusiast keyboard. salah satu kelebihan Planck bagi sebagian orang sangat pas digunakan dan mudah di atur dan mempunyai bentuk yang kecil sekali dan tentu saja terlihat lucu di pandang sehingga banyak sekali penggemar keyboard mulai ‘kepincut’ sama hal yang satu ini.

 

Ergodox (Ergonomic Keyboard) Layout

Ergodox Keyboard Layout
Ergodox Keyboard Layout

Salah satu keyboard yang sangat-sangat unik itulah Ergodox, salah satu keyboard non-standard ini mempunya keunikan yaitu terbagi menjadi 2 bagian, dimana satu digunakan untuk tangan sebelah kiri yang satunya lagi digunakan untuk tangan sebelah kanan, apabila orang belum terbiasa menggunakan keyboard jenis ini, tentu saja sulit sekali mengetik menggunakan keyboard tersebut. Namun, untuk beberapa orang yang sudah cocok dengan keyboard ini jangan, ditanya bagaimana cepatnya orang itu mengetik karena memang kelebihan keyboard ini adalah dari segi bentuknya yang ergonomis mengikuti tangan, sehingga para typist mania dapat mengetik dengan cepat sekali.

Itulah sebagian besar info keyboard unik yang berhasil kami rangkum untuk kalian. Sebenaranya masih banyak sekali keyboard unik Ortholinear dan Ergonomic, mungkin pada lain kesempatan kami akan menjelaskannya lebih lanjut, semoga VirtualVriends semua bisa menemukan keyboard idealnya masing-masing 🙂